Skip to main content

Soal Sejarah Indonesia Kelas XI (Masuknya Bangsa Eropa)


1. Perhatikan keterangan-keterangan berikut:

i) Kisah perjalanan Marcopolo ke dunia Timur.

ii) Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo yang menyatakan bumi ini bulat.

iii) Penemuan kompas

iv) Jatuhnya kota Konstantinopel tahun 1460 ke tangan penguasa Turki Usmani

v) Menurunnya semangat reconquesta

Faktor-faktor bangsa Eropa mengadakan penjelajahan samudra ditunjukkan pada nomor…..

A. i), ii), dan iii)

B. i), iii), dan v)

C. ii), iii), dan iv)

D. ii), iv), dan v)

E. iii), iv), dan v)

2. Salah satu kejadian penting yang menentukan dalam sejarah kolonialisme dan imperialisme yaitu penemuan Tanjung Harapan yang terletak di Afrika Selatan ditemukan oleh pelaut Portugis yang bernama…
A. Sebastian del Cano
B. Dom Henry
C. Vasco da Gama
D. Bartholomeuz Dias
E. Cabral

3. Bangsa barat yang pertama kali datang di Nusantara dan kemudian memonopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku yaitu ….
A. Perancis
B. Belanda
C. Inggris
D. Spanyol
E. Portugis

4. Kedatangan Spanyol di Maluku memunculkan konflik dengan Portugis. Portugis menuduh Spanyol melanggar perjanjian Tordesillas. Konflik tersebut pun dapat diatasi dengan diadakannya perjanjian Saragosa, yang isinya antara lain :
A. Daerah monopoli bangsa Portugis di Maluku dapat diatasi
B. Spanyol berdagang di Maluku Selatan, sedangkan Portugis berdagang    di wilayah Maluku Utara
C. Spanyol meninggalkan pulau Maluku
D. Keduanya menciptakan serikat dagang bersama serta menerapkan sistem bagi hasil
E. Spanyol hanya diperbolehkan menyebarkan agama

5. Masa ketika orang-orang Eropa melakukan perjalanan ke wilayah Timur tahun 1450 sampai 1650 dikenal dengan istilah era…
A. Revolusi
B. Kolonialime-Imperialisme
C. Discovery
D. Reconquesta samudera
E. Pejelajahan samudera

6. Perhatikan nama-nama negara berikut:

i) Belanda

ii) Inggris

iii) Spanyol

iv) Portugis

Bangsa pelopor petualangan, penjelajahan, dan penemuan dunia baru ditunjukkan pada nomor…..

A. i) dan ii)

B. i) dan iii)

C. ii) dan iii)

D. ii) dan iv)

E. iii) dan iv)

7. Orang Belanda yang pertama kali melakukan pelayaran ke Indonesia dan mendarat di Banten adalah ....
A. Cornelis de Houtman
B. Johan van Oldenbarnevelt
C. H.W. Daendels
D. van den Bosch
E. Baron van Hoevel

8. Penjelajahan Samudera yang dilakukan oleh bangsa Eropa mempunyai semboyan…
A. L’etat cest Moi
B. Gold, Glory, Gospel
C. The Wealth of Nation
D. Liberte, Egalite, Fraternite

E. Bhineka Tunggal Ika

 

9. Faktor utama lahirnya Penjelajahan Bangsa Barat salah satunya adalah Glory, yang memiliki arti yaitu …
A. Menguasai
B. Emas
C. Kejayaan sebagai Bangsa
D. Menyebarkan agama
E. Merajai

10. Tokoh Inggris yang berhasil tiba di Ternate dengan Jalur yang dilalui oleh Magellan adalah…
A. Christoper Colombus
B. Alfonso de Albuquerque
C. Vasco da Gama
D. Ferdinand Magelhaens

E. Sir Francis Drake

11. Perhatikan nama pelaut di bawah ini!
1) C Colombus
2) F Magelhaens
3) S. de Elcano
4) Vasco da Gama
5) Johan Van Oldenbarnevelt
Yang termasuk pelaut-pelaut dari Spanyol ditunjukkan oleh nomor…
A. 3), 4), dan 5)
B. 1), 2), dan 3)
C. 2), 4), dan 5)
D. 1), 3) dan 5)

E. 2), 3), dan 4)         

12. Faktor paling lebih banyak didominasi yang mendorong orang Barat tiba ke lndonesia yaitu harapan untuk ....

A. mengejar kekayaan dan nama harum

B. menaklukkan raja Asia

C. mencari rempah-rempah

D. berbagi agama kristen

E. melaksanakan emigrasi

13. Salah satu faktor yang mendorong bangsa Eropa melakukan pelayaran samudera adalah saat Konstantinopel dikuasai oleh ….
A. Bangsa Mesir
B. Babilonia
C. Majapahit
D. Turki Usmani
E.  Bangsa Mongol

14. Dibawah ini merupakan perjanjian yang berisi tentang pembagian penjelajahan samudera yang dipelopori oleh bangsa Eropa adalah..

A. Bongaya

B. Saragoza

C. Kalijati

D. Tordesilas

E. Konvensi London

15. Bangsa yang menjadi pelopor penjelajahan samudra guna mencari daerah penghasil rempah-rempah adalah ....


A. Spanyol dan Italia
B. Spanyol dan Portugis
C. Portugis dan Italia
D. Italia dan Inggris

E. Sapnyol dan Belanda

16. Di bawah ini yang bukan merupakan bagian dari tujuan dari VOC yaitu ...
A. Membantu pemerintah Belanda yang terlibat perang dengan Spanyol
B. Menghindari persaingan yang tidak sehat diantara para pedagang  Belanda
C. Memperoleh monopoli perdagangan baik komoditas untuk ekspor ataupun impor
D. Memperkuat Belanda dalam persaingan dagang dengan negara-negara Eropa  lainnya
E. Membangun persatuan para pedagang rempah-rempah untuk membangun negara koloni

17. Pemerintah Belanda memberikan hak-hak istimewa kepada VOC agar VOC berfungsi layaknya sebuah negara. Hak istimewa tersebut dinamakan juga hak…
A. Konsultasi
B. Oktroi
C. Ekstirpasi
D. Privilise
E. Sewa tanah

18. Pernah memberikan keuntungan bagi pemerintah Belanda, VOC pada akhirnya bangkrut lalu dibubarkan oleh pemerintahan, penyebab kebangkrutan VOC yaitu…
A. Banyak uang yang digunakan untuk membangun benteng-benteng pertahanan
B. Organisasi tidak mempunyai struktur yang jelas
C. Banyak pegawainya yang menjalankan korupsi
D. Banyak pegawai yang menerapkan kebijakan sendiri-sendiri
E. Permintaan rempah-rempah di negara Eropa menurun karena perang

19. Tujuan VOC melakukan hak Ekstirpasi adalah untuk ...

A. mengamankan wilayah perairan di Indonesia

B. memperdagangkan rempah-rempah di Indonesia

C. mengawasi pelaksanaan monopoli perdagangan di Maluku

D. membinasakan tanaman rempah-rempah penduduk yang melanggar peraturan

E. Membuat Undang-undang

20. Pemerintah Belanda memberikan hak-hak istimewa kepada VOC yang meliputi hak-hak sebagai berikut, kecuali…
A. Mencetak uang
B. Memiliki tentara
C. Mendirikan negara merdeka
D. Menyatakan perang dan damai

E. Memonopoli perdagangan

 

Comments

Popular posts from this blog

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPG DalJab Tahun 2022)

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah: (1) Eksplorasi alternatif solusi (2) Penentuan solusi (3) Pembuatan rencana aksi (4) Pembuatan rencana evaluasi. Kegiatan eksplorasi alternatif solusi dilakukan dengan cara mengeksplorasi sejumlah alternatif solusi untuk penyebab masalah yang sudah ditentukan, melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan, dan melakukan analisis pros dan cons (kekuatan dan kelemahan) masing-masing alternatif solusi.Kegiatan penentuan solusi dilakukan dengan cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi. Pada analisis penentuan solusi tersebut mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan a