Langsung ke konten utama

Soal dan Jawaban Sejarah Tingkat Lanjut Kelas XI (Peradaban Awal Dunia dan Revolusi Dunia)

 SOAL SEJARAH TINGKAT LANJUT KELAS XI SEMESTER 1

  1. Alasan utama yang membuat banyak bangsa tertarik memasuki wilayah Mesopotamia adalah ....

A. wilayahnya subur dengan bentang alam bersifat terbuka

B. Sungai Efrat dan Tigris merupakan jalur pelayaran perdagangan terkemuka

C. Sungai Efrat dan Tigris kaya akan sumber makanan berupa ikan

D. wilayahnya bergunung-gunung menjadi benteng pertahanan yang ideal

E. orang tertarik mempelajari tulisan serta ilmu pengetahuan di Mesopotamia

Jawaban : A

  1. Perhatikan data berikut!

1. Ur

2. Eridu

3. Assuria

4. Uruk

5. Ugarit

Berdasarkan data di atas, yang termasuk kota-kota besar dalam peradaban Mesopotamia adalah ...,

A. 1, 2, 3

B. 1, 2, 4

C. 1, 3, 4

D. 2, 3, 5

E. 3, 4, 5

Jawaban : B

  1. Piramida adalah peninggalan kebudayaan Mesir Kuno :

Bangunan peninggalan kebudayaan Mesir Kuno memiliki fungsi masing-masing, yaitu ....

A. Bangunan 1 berfungsi sebagai penghalau roh jahat dan lambang kekuasaan, sedangkan bangunan 2 berfungsi sebagai pengungkap unsur-unsur secara ekspresif dalam suatu kebudayaan

B. Bangunan 1 berfungsi sebagai makam para raja di Mesir, sedangkan bangunan 2 berfungsi sebagai tempat pemujaan kepada dewa-dewa

C. Bangunan 1 berfungsi sebagai makam para raja di Mesir, sedangkan bangunan 2 berfungsi sebagai penghalau roh jahat dan lambang kekuasaan

D. Bangunan 1 berfungsi sebagai tempat pemujaan kepada dewa-dewa, sedangkan bangunan 2 berfungsi sebagai penghalau roh jahat dan lambang kekuasaan

E. Bangunan 1 berfungsi sebagai pengungkap unsur-unsur secara ekspresif dalam kebudayaan, sedangkan bangunan 2 sebagai tempat pemujaan kepada dewa-dewa

Jawaban : C

  1. Tata kota bangsa Sumeria tidak bisa dilepaskan dari bangunan kuil. Orang Sumeria percaya bahwa kota bukan milik mereka, melainkan para dewa-dewi. Kuil tersebut tinggi dan bertingkat, bangunan tersebut bernama ....

A. taman tergantung

B. ziggurat

C. taj mahal

D. obeliks

E. piramida

Jawaban : B

  1. Raja Hammurabi adalah raja Babilonia terbesar yang berhasil menyusun undang-undang yang dibahas di tiang batu yang disebut codex hammurabi. Codex Hammurabi tersebut berisi ....

A. hukum perdata, hukum pidana dan hukum adat

B. hukum agraria, hukum ekonomi dan hukum konstitusi

C. hukum agraria, hukum ekonomi dan hukum keluarga

D. hukum perdata, hukum pidana dan hukum keluarga

E. hukum agraria, hukum ekonomi dan hukum adat

Jawaban : C

  1. Pusat peradaban bangsa Cina banyak ditemukan di Lembah Sungai Huang-Ho dan Yang Tse. Hal tersebut karena ....

A. pada kedua daerah tersebut sumber airnya cukup banyak

B. pada kedua daerah tersebut terdapat lumpur yang menyuburkan

C. air Sungai Huang-Ho dan Yang Tse Kiang sering meluap

D. pada kedua sungai tersebut airnya mengandung banyak lumpur

E. daerahnya strategis dalam hal perdagangan dan pelayaran

Jawaban : B

  1. Untuk melindungi bangsanya dari serangan bangsa Mongol, Pemerintah menganjurkan membangun Tembok Besar di Cina, pembangunan pertama dimulai pada masa ...

A. dinasti Shang

B. dinasti Chou

C. dinasti Qin

D. dinasti Han

E. dinasti Tang

Jawaban : C

 

  1. Kerajaan Mesir memiliki sebuah kebudayaan yang menghasilkan ilmu pengetahuan salah satunya adalah huruf kebudayaan mesir yang disebut huruf ....

A. Braile

B. Yunani kuno

C. Latin

D. Hieroglyph

E. Romawi

Jawaban : D

  1. Peradaban Mesir kuno adalah peradaban yang sudah mengenal ilmu arsitektur. Salah satu ilmu arsitektur yang telah diterapkan adalah arsitektur bangunan dan patung. Dibawah ini yang merupakan arsitektur dari bangsa Mesir kuno adalah ....

A. Colosseum Rome dan Tower of Pisa

B. Forbidden City dan Great Wall China

C. Piramid dan Sphinx

D. Candi Prambanan dan Candi Borobudur

E. Eiffel Tower dan Taj Mahal

Jawaban : C

 

  1. Bangunan Kota Mahenjo-Daro dan Harrapa memperlihatkan tingginya peradaban manusia ribuan tahun sebelum Masehi, dengan beberapa jalan, saluran air, dan pemukiman penduduk yang dirancang secara baik. Reruntuhan dua bangunan kota itu terletak di Lembah Sungai...

A. Eufrat-Tigris

B. Indus

C. Nil

D. Gangga

E. Yang Tse Kiang

Jawaban : B

  1. Kota Mohenjo Daro dan Harappa merupakan kedua kota yang maju tertua di dunia terutama dalam hal ....

A. Ekonomi

B. Kesenian

C. Tata kota

D. Pemerintahan

E. Perdagangan

Jawaban : C

  1. Kepercayaan masyarakat lembah Sungai Indus bersifat politheisme (memuja banyak dewa). Salah satunya dewa yang dipuja yaitu dewa perempuan yang disebut Dewi Ibu yang melambangkan ....

A. kehidupan abadi

B. kemakmuran serta kesuburan

C. kehidupan yang adil

D. kesejahteraan

E. keramahan masyarakat

Jawaban : B

 

  1. Dalam peradaban India, Sungai Gangga dianggap suci oleh sebagian besar masyarakat India, hal tersebut dikarenakan ....

A. Sungai Gangga merupakan warisan Dewa Wisnu

B. Sungai Gangga dapat menyembuhkan berbagai penyakit

C. Sungai Gangga merupakan tempat salah satu tempat peribadatan

D. Sungai Gangga dapat menghapus dari segala dosa

E. Sungai Gangga merupakan gambaran nirwana

Jawaban : D

  1. Bangunan Kota Mahenjo-Daro dan Harrapa memperlihatkan tingginya peradaban manusia ribuan tahun sebelum Masehi, dengan beberapa jalan, saluran air, dan pemukiman penduduk yang dirancang secara baik. Reruntuhan dua bangunan kota itu terletak di Lembah Sungai...

A. Eufrat-Tigris

B. Indus

C. Nil

D. Gangga

E. Yang Tse Kiang

Jawaban : B

  1. Kota Mohenjo Daro dan Harappa merupakan kedua kota yang maju tertua di dunia terutama dalam hal ....

A. Ekonomi

B. Kesenian

C. Tata kota

D. Pemerintahan

E. Perdagangan

Jawaban : C

  1. Kepercayaan masyarakat lembah Sungai Indus bersifat politheisme (memuja banyak dewa). Salah satunya dewa yang dipuja yaitu dewa perempuan yang disebut Dewi Ibu yang melambangkan ....

A. kehidupan abadi

B. kemakmuran serta kesuburan

C. kehidupan yang adil

D. kesejahteraan

E. keramahan masyarakat

Jawaban : B

  1. Dalam peradaban India, Sungai Gangga dianggap suci oleh sebagian besar masyarakat India, hal tersebut dikarenakan ....

A. Sungai Gangga merupakan warisan Dewa Wisnu

B. Sungai Gangga dapat menyembuhkan berbagai penyakit

C. Sungai Gangga merupakan tempat salah satu tempat peribadatan

D. Sungai Gangga dapat menghapus dari segala dosa

E. Sungai Gangga merupakan gambaran nirwana

Jawaban : D

  1. Kebudayaan lembah sungai Gangga merupakan kebudayaan campuran dari bangsa ....

A. Arya dan Mongoloid

B. Troya dan Yunani

C. Arya dan Cina

D. Dravida dan Persia

E. Arya dan Dravida

Jawaban : E

  1. Mesopotamia merupakan daerah yang terletak diantara dua aliran sungai, yaitu ....

A. Indus dan Gangga

B. Nil dan Kuning

C. Eufrat dan Tigris

D. Kuning dan Hwang-Ho

E. Gangga dan Nil

Jawaban : C

  1. Perkembangan agama Budha di India mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Raja Asoka dari Dinasti Maurya. Kebijakan Raja Asoka yang menandai puncak perkembangan agama Budha di India adalah ....

A.      Memadukan ajaran agama Hindu dan Budha

B.      Menetapkan agama Budha sebagai agama resmi negara

C.      Memeritahkan setiap rakyat untuk memeluk agama Budha

D.     Memerintahkan rakyat untuk meninggalkan agama Hindu

E.      Menjalin hubungan baik dengan kerajaan-kerajaan Budha di Cina

Jawaban : B

  1. Dalam peradaban yunani kuno dikenal istilah polis atau negara kota. Penjelasan yang tepat berikut ini terkait dengan polis-polis Yunani kuno adalah….

A.      berkembang pesat sejak yunani dikuasai bangsa doria

B.      sebutan untuk kota-kota yang berfokus pada bidang perniagaan

C.      sebutan lain untuk gaya arsitektur dan seni peradaban yunani kuno

D.     kerajaan-kerajaan kecil yang telah berkembang sejak peradaban minoa dan mikenai

E.      berkembang dari kota-kota mandiri di pelosok-pelosok yang terisolaso satu sama lain

Jawaban: E

  1. Sebuah warisan penting bagi dunia kita sekarang dari negara kota athena terutama di bawah pemerintahan archon yang berasal dari kalangan nonaristokrat bernama Kleisthenes adalah konsep….

A.      demokrasi

B.      raja sebagai titisan dewa

C.      monarki konstitusional

D.     monarki absolut

E.      kebebasan

Jawaban: A

  1. Pada zaman kegelapan, permukiman-permukiman di berbagai penjuru yunani berkembang menjadi negara kota atau polis. Beberapa negara kota awal seperti athena, sparta, Korinthos, dan thebe. Negara kota di Yunani kuno yang berfokus pada pembangunan kekuatan militer adalah….

A.      korinthos

B.      thebe

C.      laconia

D.     athena

E.      sparta

Jawaban: E

  1. Masyarakat atau peradaban Yunani merupakan campuran suku-suku bangsa Doria, akia, aeolia, dan lonia. Mereka kemudian lebih dikenal dengan sebutan bangsa….

A.      makedonia

B.      hellas

C.      aegia

D.     athena

E.      laconia

Jawaban: B

  1. Sistem kepercayaan banga Yunani adalah politeisme. Dewa tertinggi mereka bernama….

A.      hermes

B.      zeus

C.      apollo

D.     poseidon

E.      aphortide

Jawaban: A

  1. Pertempuran lonia melibatkan negara-negara kota di daratan Yunani sepeti athena dan aritrea karena kedua negara kota ini….

A.      merasa dendam akan perilaku bangsa persia di masa lalu

B.      ingin melindungi kepentingan ekonomi mereka di lonia

C.      merasa persia bersekutu dan bersahabat dengan sparta

D.     merasa persia akan ikut menginvasi yunani daratan

E.      aristagoras penguasa lonia berasal dari athena

Jawaban: A

  1. Ketika Yunani dikuasai negara kota makedonia, bangsa ….. menginvasi Yunani pada 146 SM sekaligus mengakhiri kemerdekaan politik Yunani.

A. Mesir

B. Persia

C. Mesopotamia

D. Romawi

E. Turki ustmaniyah

Jawaban : D

  1. Salah satu faktor yang mendorong pecahnya Revolusi Perancis adalah Revolusi Amerika. Hal ini disebabkan karena Revolusi Amerika...

A. Dipimpin oleh George Washington

B. Mendapat bantuan dari Jenderal Lafayette

C. Mendahului Revolusi Perancis

D. Melahirkan Declaration of Independence

E. Melahirkan absolutisme

  1. Slogan Revolusi Preancis: Liberte, Egalite, Fraternite bermakna...

A. Kebebasan, kehormatan, kejayaan

B. Kebebasan, kebangsaan, kemanusiaan

C. Kebebasan, kejayaan, persatuan

D. Kebebasan, persamaan, persaudaraan

E. Kebebasan, keadilan, kesetaraan

Jawaban : D

  1. Selain untuk membebaskan para tahanan politik,penyerangan penjara Bastille saat Revolusi Perancis merupakan symbol perlawanan terhadap

A. Perlakuan yang tidak adil terhadap para tahanan

B. Sistem feodalisme dalam pemerintahan Prancis

C. Kesewenang-wenangan raja

D. Kesewenang-wenangan militer

E.  Para aristocrat yang bertindak sewenang-wenang

Jawaban : C

  1. Pemicu awal perang antara Inggris dan ketiga belas koloni amerika dalam Revolusi Amerika adalah

A.  Adanya “tea act” yang memberatkan rakyat koloni

B.  Mengalirnya dukungan Prancis atas rakyat koloni Inggris

C.  Tindakan keras Inggris atas peristiwa Boston (Boston Tea Party)

D.  Tindakan keras Inggris atas rakyat koloni yang tidak membayar pajak

E.  Rakyat Amerika hanya diperbolehkan membeli barang-barang hasil produksi Inggris

Jawaban : C

  1. Penemuan hasil kebudayaan peradaban kuno di Asia dan Afrika sebagian besar ditemukan di lembah sungai, sehingga menyebabkan …

A.      Mata pencahariannya bertani

B.      Menemukan perahu

C.      Susahnya komunikasi antar wilayah

D.     Menghindari bahaya

E.      Mudahnya membuat perkakas logam

Jawaban : A

  1. Bangsa Sumeria percaya pada banyak dewa, banyak Dewa, diantaranya dewa udara, langit, bumi, dan lautan. Percaya pada banyak dewa disebut dengan Istilah ...

A.      Atheisme

B.      Trimurti

C.      Animisme

D.     Dinamisme

E.      Politeisme

Jawaban : E

  1. Bangsa Babilonia di bawah pimpinan Hammurabi dikenal sebagai pemimpin yang efisien, terkenal dengan hukum yang disusunnya, dan menciptakan stabilitas di kawasan yang telah lama megalami masa pergolakan. Hukum yang digunakan pada masa itu adalah ...

A.      Hukum Pitagoras

B.      Hukum Meng Tze

C.      Hukum Awil Marduk

D.     Hukum Hamuurabi

E.      Hukum pengkalenderan

Jawaban : D

  1. Kasta dalam agama Hindu yang dianut masyarakat India yang paling tinggi ialah….

A. Kasta Brahmana

B. Kasta Waisya

C. Kasta Ksatria

D. Kasta Sudra

E. Kasta Paria

Jawaban : A

  1. Apa yang menjadi alasan utama penurunan peradaban Romawi Kuno?

A. Kebencian

B. Kekacauan politik

C. Kebutuhan ekonomi

D. Kekurangan sumber daya

E. Keamanan

Jawaban: B. Kekacauan politik

  1. Masyarakat di lembah Sungai Eufrat dan Tigris pada umumnya bermata pencaharian ….

A.Pertanian

B.Peternakan

C.Perikanan

D.Perdagangan

E.Perindustrian

Jawaban : A

  1. Raja terkenal dari kerajaan Babilonia I adalah …..

A.Hammurabi

B.Darius Agung

C.Nebukadnesar

D.Nebopolasar

E.Cyrus

Jawaban : A

  1. Peradaban kuno di Asia yang memberikan gambaran sisa-sisa perkotaan yang lengkap terdapat di peradaban lembah sungai ….

A.Eufrat

B. Tigris

C. Indus

D. Gangga

E. Hwoang Ho

 Jawaban: C

  1. Kebudayaan Romawi kuno dan kebudayaan Yunani kuno memberi sumbangan besar pada pembentukan kebudayaan Eropa Modern, salah satu polis terkenal di Yunani adalah Athena. Di Athena ilmu pengetahuan dapat berkembang dengan pesat karena …

A. Orang Athena menganut polyteisme

B. Orang Athena banyak bergaul dengan bangsa lain, karena itu pengetahuannya berkembang

C. Di Athena banyak hidup ahli pengetahuan

D. Polis Athena bersifat demokratis, banyak memberikan kebebasan kepada rakyatnya

E. Orang Athena banyak berlayar, maka kaya akan pengalaman dan pengetahuan

Jawaban: D

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Aset – aset dalam sebuah komunitas

  Dalam mengatasi tantangan pada pendekatan tradisional yang digunakan untuk mengatasi permasalahan perkotaan, di mana penyedia jasa dan lembaga donor lebih menekankan pada kebutuhan dan kekurangan yang terdapat pada komunitas, Kretzmann dan McKnight menunjukkan bahwa aset yang dimiliki oleh komunitas adalah kunci dari usaha perbaikan kehidupan pada komunitas perkotaan dan pedesaan . Menurut Green dan Haines (2002) dalam  Asset building and community development,  ada 7 aset utama atau di dalam buku ini disebut sebagai modal utama, yaitu : 1.    Modal Manusia Sumber daya manusia yang berkualitas, investasi pada sumber daya manusia menjadi sangat penting yang berhubungan dengan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, dan harga diri seseorang. Pemetaan modal atau aset individu merupakan kegiatan menginventaris pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan yang dimiliki setiap warganya dalam sebuah komunitas, atau dengan kata lain, inventarisasi perorangan dapat dikelompokkan berdasarkan sesuat