Materi ini berisi tentang filosofi pendidikan nasional Ki Hadjar Dewantara, nilai-nilai dan peran guru penggerak, visi guru penggerak, dan membangun budaya positif yang perlu dibekalkan kepada CGP. Setelah mempelajari materi ini, CGP diharapkan mampu: (a) memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi-kritis atas korelasi nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional saat ini; menyadari proses penumbuhan nilai diri yang mendukung peran seorang guru penggerak; (b) mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan; dan (c) menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.
1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia - Ki Hajar Dewantara
1.2 Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak
1.3 Visi Guru Penggerak
1.4 Budaya positif di sekolah
Materi ini berisi tentang pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran sosial dan emosional serta coaching. Setelah mempelajari materi ini, CGP diharapkan mampu (a) mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar murid yang berbeda; (b) mengelola emosi dan mengembangkan keterampilan sosial yang menunjang pembelajaran; dan (c) menerapkan praktik coaching sebagai pemimpin pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar