Skip to main content

CONTOH SOAL PTS GANJIL KELAS XI KURIKULUM 2013

 1. Sebelum adanya kolonialisme, aktivitas perdagangan antar bangsa sudah berjalan. Jalur yang                 terkenal yang menghubungkan berbagai bangsa adalah ..
A. Jalur emas
B. Jalur sutera
C. Jalur rempah
D. Jalur laut
E. Jalur giok

2. Kota yang bertahan menjadi pusat perdagangan yang ramai sampai abad ke XV adalah..
A. Byzantium
B. Konstantinopel
C. Samarkand
D. Alexandria
E. Changan

3. Bangsa yang mempelopori perkembangan teknologi maritim sejak abad XV adalah...
A. Portugis
C. Inggris
D. Belanda
E. Arab
B. Spanyol

4. Salah satu motivasi pelayaran bangsa Eropa adalah adanya semangat 3G. Di bawah ini yang bukan         termasuk semangat 3G adalah..
A. Gold
B. Glory
C. Gospel
D. Glory
E. Gotham

5. Pada mulanya tujuan awal kedatangan bangsa eropa bukanlah melakukan  penjajahan  melainkan ..
A. Bertani
B. Berkebun
C. Berdagang
D. Berkuasa
E. Berlayar
6. Sebelum melakukan pelayaran bangsa Eropa berkuasa di wilayah Konstantinopel sampai bangsa             Eropa kalah melawan Turki Ottoman dalam perang ..
A. Perang Padri
B. Perang Christ
C. Perang Salib
D. World war
E. Perang dingin

7. Teori ekonomi yang menyatakan kesejahteraan suatu negara ditentukan oleh banyaknya aset atau             modal yang dimiliki adalah teori ..
A. Merkantilisme
B. Humanisme
C. Historis
D. Klasik
E. Ekonomi mikro

8. Salah satu factor pendorong dalam pelayaran bangsa Eropa adalag adanya semangat 3G. Yang                 dimaksud Gold dalam semangat 3G pelayaran bangsa Eropa adalah ..
A. Semangat mencari kekayaan
B. Semangat mencari kejayaan
C. Semangat menyebarkan agama katolik
D. Semangat melakukan pelayaran terjauh
E. Semangat memperluas wilayah kekuasaan

9. Yang dimaksud Glory dalam semangat 3G pelayaran bangsa Eropa adalah ..
A. Semangat mencari kekayaan
B. Semangat mencari kejayaan
C. Semangat menyebarkan agama katolik
D. Semangat melakukan pelayaran terjauh
E. Semangat memperluas wilayah kekuasaan

10. Yang dimaksud Gospel dalam semangat 3G pelayaran bangsa Eropa adalah ..
A. Semangat mencari kekayaan
B. Semangat mencari kejayaan
C. Semangat menyebarkan agama katolik
D. Semangat melakukan pelayaran terjauh
E. Semangat memperluas wilayah kekuasaan

11. Bangsa Eropa pertama yang berhasil menginjakkan kaki ke tanah Indonesia adalah bangsa ...
A. Portugis
B. Spanyol
C. Inggris
D. Belanda
E. Arab

12. Jatuhnya konstantinopel membuat banyak bangsa Eropa yang melakukan pelayaran hingga ke                 Indonesia. Ketika Bangsa Portugis berlayar ke Indonesia, pelayaran pertamanya dipimpin oleh..
A. Sebastian del Cano
B. Ferdinand magaelhaens
C. Alfonso de Albuquerque
D. Cornelis de Houtman
E. Alejandro Lilo da Lopez

13. Ketika Bangsa Spanyol berlayar ke Indonesia, pelayaran pertama dipimpin oleh..
A. Sebastian del Cano
B. Ferdinand magaelhaens
C. Alfonso de Albuquerque
D. Cornelis de Houtman
E. Alejandro Lilo da Lopez

14. Ketika Bangsa Belanda berlayar ke Indonesia, pelayaran pertama dipimpin oleh..
A. Sebastian del Cano
B. Ferdinand magaelhaens
C. Alfonso de Albuquerque
D. Cornelis de Houtman
E. Alejandro Lilo da Lopez

15. Setelah menguasai Malaka, bangsa Portugis mengadakan hibungan dengan kerajaan Sunda atau             Pajajaran yang tertuang dalam prasasti ...
A. Prasasasti kebon kopi
B. Prasasti Tarumanegara
C. Prasasti Tugu
D. Prasasti Ciareteun
E. Prasasti Padrao

16. Meskipun sudah memiliki kontrak dagang dengan kerajaan Sunda, namun kedatangan Portugis             ditentang keras oleh kesultanan ...
A. Banten
B. Demak
C. Gowa-Tallo
D. Samudra Pasai
E. Perlak

17. Di bawah ini merupakan yang mendorong penjelajahan samudra bangsa Eropa, kecuali ...
A. Jatuhnya Konstantinopel
B. Berkembangnya teknologi pelayaran
C. Berkembangnya paham merkantilisme di Eropa
D. Semangat untuk mendapatkan 3G (gold, glory.gospel)
E. Memperebutkan jalur sutra yang menghubungkan Asia

18. pada awal kedatangannya, pelayaran Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman hanya                 berhasil membawa sedikit rempah-rempah karena …
A. hasil bumi berupa rempah di indonesia pada masa itu mengalami penurunan jumlah
B. Belanda kalah saing dengan para pedagang Arab dan Persia
C. adanya konflik antara Belanda dengan Portugis di Indonesia 
D. Sikap arogan Belanda yang menimbulkan konflik dengan penguasa Banten
E. adanya konflik internal di antara sesama pedagang pribumi

19. Ketika Spanyol tiba di Indonesia, konflik dengan Portugis yang sudah dulu tiba tidak dapat                     dihindari. Konflik baru berakhir ketika ditandatangani perjanjian..
A. Tordesilas
B. Roem-Royen
C. Saragosa
D. Padrao
E. London convention

20. Perserikatan dagang Hindia Timur dibentuk pada tahun 1602 dengan tujuan di bawah ini kecuali...
A. Menghindari persaingan antar pedagang Belanda
B. Memperkuat posisi Belanda dalam persaingan global
C. Memonopoli perdagangan di Nusantara
D. Membantu pemerintah Belanda melawan pendudukan Spanyol
E. Menyatukan seluruh pedagang di Eropa

21. Di bawah ini yang bukan termasuk hak oktroi atau hak istimewa VOC adalah ..
A. Memberi hak khusus kepada petani di Nusantara
B. Mencetak dan mengedarkan mata uang sendiri
C. Mengumumkan perang
D. Memiliki angkatan perang sendiri
E. Menjadi wakil sah pemerintah Belanda di Asia

22. salah satu kebijakan VOC di Indonesia adalah memusnahkan tanaman rempah-rempah dalam                 rangka menekan kelebihan produksinya. Kebijakan ini dikenal dengan nama ..
A. Hongi tochten
B. Contingenten
C. Verplichte Leverantie
D. ekstirpasi
E. devide et impera

23. yang dimaksud dengan kebijakan contingenten adalah..
A. pajak wajib berupa hasil bumi yang langsung dibayarkan ke VOC
B. penyerahan wajib hasil bumi dengan harga yang telah ditentukan
C. menentukan luas areal penanaman rempah serta  menentukan jumlah tanaman
D. menebang kelebihan jumlah tanaman agar produksinya tidak berlebihan
E. mewajibkan setiap kerajaan yang terikat dengan VOC untuk menyerahkan upeti

24. Guberbur Jenderal Van den Bosch memberlakukan preangerstelsel di Tanah Sunda. Perbedaan antara Preangerstelsel dengan cultuurstelsel terletak pada..
A. keterlibatan para bangsawan
B. jumlah pajak hasil bumi yang ditentukan
C. jenis komoditi yang ditanam
D. pribumi yang dijadikan budak
E. harga komoditi menurut VOC

25. Thomas Stamford Raffles selain mengeluarkan berbagai  kebijakan, ia juga menyumbangkan beberapa hal bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan budaya di Indonesia seperti di bawah ini, kecuali..
A. menyelidiki flora dan fauna Nusantara
B. meneliti peninggalan kuno seperti candi Borobudur
C. meneliti dokumen sejarah Melayu
D. menulis buku yang berjudul History of Java
E. mendirikan Rumah sakit pertama di Nusantara

26. Selama Herman Willem Daendels memerintah di Hindia Belanda banyak kebijakan yang ia buat,             diantarannya adalah di bawah ini, kecuali ...
A. Mendirikan pabrik gula terbesar di pulau Jawa
B. Membangun jalan raya pos dari Anyer sampai Panarukan
C. Mendirikan benteng pertahanan
D. Membenti angkatan perang
E. Membagi pulau jawa menjadi 9 prefektur

27. Berikut yang tidak termasuk keberhasilan pieter both selama menjabat sebagai gubernur jenderal             VOC adalah ...
A. Menaklukan pulau Timor
B. Mengusir Spanyol dari Tidore
C. Membangun Markas besar VOC di Ambon
D. Mengadakan perjanjian dagang dengan Maluku
E. Mewujudkan monopoli perdagangan rempah rempah di Maluku

28. Strategi Belanda yang paling ampuh menghadapi perlawanan dari para penguasa lokal adalah dengan melakukan politik ...
A. Pecah belah
B. Aliansi
C. Alienasi
D. Etis
E. Balas budi

29. Cara yang dinilai oleh gubernur jenderal J.P. coen sebagai satu-satunya cara yang paling cepat dan         tepat untuk mewujudkan monopoli perdagangan pala di Banda adalah...
A. Mengusir dan melenyapkan penduduk asli Banda
B. Memperkuat pertahanan dan ancaman Inggris
C. Mengusir orang Inggris di Pulau Run
D. Menerapkan kebijakan ekstirpasi
E. Melanjutkan pelayaran Hongi
30. Gubernur jenderal yang dianggap sebagai peletak dasar kebijakan penjajahan oleh VOC (Belanda)         di Indonesia adalah ....
A. J. P. Coen
B. H. W. Daendels
C. Pieter Both
D. J. V. Den Bosch
E. Gerard Reynst

31. Jenis kapal layar yang dikembangkan bangsa Portugis sehingga memungkinkan untuk menjelajah         samudra pada abad XV-XVI adalah..
A. Jung
B. Karavel
C. galiung
D. Pinisi
E. Kerakah

32. pernyataan berikut yang tidak  terkait dengan Perjanjian Saragosa yang mengakhiri kkonflik                     Spanyol dan Portugis adalah.. 
A. Kepulauan Maluku masuk wilayah kekuasaan Portugis 
B. perjanjian tersebut merupakan penegasan dari perjanjian Tordessilas 1494
C. perjanjian tersebut hanya memperbolehkan Spanyol menyebarkan agama Kristen
D. Perjanjian tersebut mengharuskan Spanyol meninggalkan Maluku dan mendapatkan Filipina
E. perjanjian tersebut menentukan wilayah barat merupakan kekuasaan Spanyol dan wilayah timur kekuasaan Portugis 

33. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari pembentukan Veerenigde Oostindische             Compagnie (VOC) adalah..
A. membantu pemerintah Belanda yang sedang terlibat perang dengan Spanyol
B. memperkuat Belanda dalam persaingan dagang dengan bangsa-bangsa Eropa lain
C. membangun persatuan para pedagang untuk membentuk negara koloni
D. menghindari persaingan yang tidak sehat di antara para pedagang Belanda 
E. mendapatkan monopoli perdagangan baik komoditas untuk ekspor maupun impor 

34. Tujuan VOC terlibat dalam urusan internal kerajaan-kerajaan di Nusantara adalah…
A. Diutus oleh pemerintah Belanda untuk menyelesaikan berbagai masalah internal kerajaan 
B. Membantu sebagai kongsi dagang yang aktif di perairan Nusantara
C. Memecah belah kekuasaan kerajaan-kerajaan pribumi
D. Ingin menerapkan praktik monopoli perdagangan
E. Dipaksa oleh raja pribumi

35. Perhatikan informasi-informasi di bawah ini.
1) Membebaskan kerajaan yang terikat perjanjian dengan VOC dari kewajiban membayar pajak                 untuk menghindari pemberontakan
2) Menyingkirkan pedagang dari negara-negara lain dari aktivitas perdagangan rempah-rempah di             Nusantara
3) Menambah jumlah tanaman sehingga harga dapat meningkat
4) Menentukan luas areal penanaman dan jumlah tanaman rempah-rempah
5) Memberlakukan dua jenis pajak kepada rakyat yaitu contingenten dan verplichte leverantie.
        Kebijakan yang pernah diterapkan oleh VOC selama berkuasa di Nusantara ditunjukkan nomor..
A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 2), 3), 4)
D. 2), 4), 5)
E. 3), 4), 5)

36. Perhatikan informasi berikut.
1) Tanah yang digunakan untuk tanaman wajib tetap dikenai pajak.
2) Rakyat mengerjakan tanaman pada tanah pertanian tidak melebihi 3 bulan.
3) Kelebihan hasil produksi pertanian dari ketentuan akan dikembalikan 
4) Mewajibkan setiap desa menyisihkan sebagian tanahnya untuk ditanami komoditas ekspor 
5) Para petani diharuskan untuk mempersiapkan lading, menanam, menjaga kebun.
        Kebijakan-kebijakan dasar cultuurstelsel ditunjukkan oleh nomor..
A. 1), 2), 3)
B. 1), 2), 4)
C. 2), 3), 4)
D. 2), 4), 5)
E. 3), 4), 5)  

37. Tujuan utama penerapan kebijakan tanam paksa di bawah kepemimpinan Guberbur Jendral                     Johannes Van den Bosch adalah
A. Memenuhi permintaan pasar Eropa akan tanaman ekspor selain cengkeh
B. Membiasakan petani untuk menanam tanaman ekspor
C. Menyelamatkan negara Belanda dari kebangkrutan ekonomi
D. Belum adanya kepastian hokum atas tanah
E. Membiayai perang melawan Perancis

38. Praktik eksploitasi dalam penerapan kebijakan pintu terbuka membuat kaum humanis yang dulu menentang sistem tanam paksa bersuara lebih lantang. Hal tersebut yang menyebabkan munculnya politik etis. Di bawah ini pernyataan yang tidak terkait dengan politik etis adalah…
A. Pelaksanaannya mencerminkan tujuan awalnya 
B. Pelaksanaannya tidak diawasi oleh pemerintah Belanda 
C. Dipelopori oleh kaum humanis Belanda 
D. Bertujuan menyejahterakan rakyat di tanah jajahan 
E. Dalam prakteknya menjadi sarana eksploitasi baru oleh Belanda 

39. Paham liberalisme yang diperkenalkan di Indonesia sejak masa penjajahan Belanda banyak                     memberi dampak. Salah satu dampak positif paham liberalisme adalah…
A. Penguasaan semua aset vital oleh pihak swasta
B. Persaingan yang menguntungkan semua orang
C. Intervensi negara yang minim
D. Kebebasan dan kesetaraan 
E. Perdagangan bebas

40. Perhatikan informasi berikut..
1) Golongan bangsawan berkewajiban membayar pajak.
2) Golongan rakyat biasa diberikan kewajiban untuk berdagang.
3) Golongan Eropa mendapatkan tempat Istimewa di masyarakat.
4) Golongan Timur Asing menguasai perdagangan eceran.
Kondisi yang memperlihatkan praktik deskriminasi ras yang diterapkan kolonial Belanda ditunjukkan nomor..
A. 1)  dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)
E. 3) dan 4)


x

Comments

Popular posts from this blog

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPG DalJab Tahun 2022)

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah: (1) Eksplorasi alternatif solusi (2) Penentuan solusi (3) Pembuatan rencana aksi (4) Pembuatan rencana evaluasi. Kegiatan eksplorasi alternatif solusi dilakukan dengan cara mengeksplorasi sejumlah alternatif solusi untuk penyebab masalah yang sudah ditentukan, melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan, dan melakukan analisis pros dan cons (kekuatan dan kelemahan) masing-masing alternatif solusi.Kegiatan penentuan solusi dilakukan dengan cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi. Pada analisis penentuan solusi tersebut mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan a