Langsung ke konten utama

Soal Sejarah Wajib Semester Genap Kelas XI K13 ( Bagian I )



1. Indonesia merupakan wilayah yang telah lama diincar oleh Jepang untuk dijadikan sasarannya.Tujuan utama pendudukan Jepang di Indonesia adalah…..
A. Membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda
B. Sebagai batu loncatan untuk menguasai Malaysia
C. Membantu mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
D. Membuktikan bahwa Jepang adalah Negara terkuat di Asia
E. Mencari dukungan untuk memenangkan perang melawan Sekutu

2. Latar belakang Jepang menyerang pangkalan Angkatan Laut amerika Serikat yang berada di Pearl Harbour(Pulau Hawaii) adalah…..
A. Ingin menguji kekuatan tentara Jepang
B. Ingin menguasai Negara-negara jajahan  Amerika Serikat
C. Khawatir terhadap kemungkinan Amerika Serikat menyerang Jepang
D. Ingin menguasai Pulau Hawaii
E. Ingin segera memenangkan Perang Dunia II

3. Bentuk embargo yang sangat mengancam perekonomian dan industry Jepang dan karena itu memaksanya menduduki  Asia Tenggra dan Asia Selatan adalah embargo…..
A. Baja
B. Besi Tua
C. Minyak bumi
D. Rempah-rempah
E. Persenjataan

4. Perang yang dilancarkan Jepang oleh Jepang di Asia Tenggara dan Lautan Pasifik dikenal dengan nama Perang…..
A. Pasifik
B. Asia timur
C. Kamikaze
D. Nippon
E. Harakiri

5. Jepang mendarat pertama kali di Indonesia pada tanggal 11 januari 1942,tepatnya di Pulau …..
A. Sumatra
B. Jawa
C. Sulawesi
D. Maluku
E. Kalimantan

6. Serbuan kilat Jepang membuat Belanda menyerah tanpa syarat ,penyerahan Belanda itu ditandai dengan adanya perjanjian…..
A. Linggarjati
B. Renville
C. Kalijati
D. Roem Royen
E. KMB

7. Awalnya rakyat Indonesia dan para tokoh nasional kita menyambut baik kehadiran jepang di Indonesia.Berikut yang tidak termasuk alasan para tokoh bangsa Indonesia menyambut baik kedatangan jepang adalah…..
A. Ada harapan bahwa penjajahan Belanda di Indonesia segera berakhir
B. Jepang membebaskan pemimpin  nasional yang ditahan dan dibuang Belanda
C. Jepang melatih generasi  muda  bangsa Indonesia untuk melawan sekutu
D. Jepang memperkenalkan diri sebagai saudara bangsa Asia
E. Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada indonesia

8. Pada masa penjajahan Jepang di Indonesia kekuasaan pemerintahan dijalankan oleh kelompok…
A. Militer
B. Pengusaha swasta
C. .Bangsawan
D. Teknokrat
E. Sipil

9. Cara yang dilakukan Jepang untuk memeras kekayaan rakyat Indonesia…..
A. Rakyat diwajibkan membayar pajak yang tinggi untuk kepentingan Jepang
B. Memperluas daerah perkebunan baru untuk ditanami tembakau,the dan kopi
C. Hasil pertanian harus diserahkan kepada jepang untuk kepentingan perang
D. Masyarakat wajib menanam pohon jarak untuk keperluan militer Jepang
E. Masyarakat wajib menyewa tanah kepada Jepang

10. Salah satu kebijakan Jepang di Indonesia dalam bidang ekonomi  adalah romusha.Romusha adalah sebutan untuk…..
A. Orang  yang diperkerjakan secara paksa selama masa pendudukan  Jepang
B. System kerja paksa yang ditrapkan Jepang selama pendudukan nya di Indonesia
C. Fenomena kerja paksa selama pendudukan Jepang di Indonesia
D. Penderitaan orang Indonesia yang dikerjapaksakan selama pendudukan Jepang
E. Kebijakan kerja wajib bagi orang-orang Indonesia selama masa pendudukan Jepang

11. Tindakan Jepang membentuk organisasi-organisasi bersama kaum nasionalis  Indonesia dimaksudkan untuk…..
A. Mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
B. Mendidik bangsa Indonesia  untuk berorganisasi
C. Mencari simpati dari bangsa Indonesia agar tetap setia pada jepang
D. Melaksanakan politik balas budi
E. Menyaingi organisasi  pergerakan nasional yang terbentuk pada masa kolonial

12. Organisasi militer yang dibentuk pada masa pendudukan Jepang adalah…..
A. Keibodan
B. PETA
C. Suisyintai
D. .Fujinkai
E. .Putera

13. Fujinkai adalah organisasi yang dibentuk Jepang pada bualn Agustus  1943 beranggotakan …..
A. Pelajar
B. Petani
C. Perkumpulan wanita
D. Buruh
E. Pedagang

14. Pembentukan Putera menjadi bumerang bagi pemerintah Jepang,karena…..
A. Putera digunakan sebagai sarana membina nasionalisme bangsa Indonesia
B. Putera melakukan pemberontakan terhadap Jepang
C. Pemimpin Putera berada dibawahlangsung Komanda Panglima Militer Jepang
D. Anggota Putera terdiri atas berbagai lapisan masyarakat
E. Pembentukan Putera menghabiskan biaya yang sangat besar

15. Jepang membentuk Gerakan Tiga A dengan maksud….
A. Mengakui keberadaan orang Indonesia
B. Mendidik berorganisasi  bangsa Indonesia
C. Memajukan wawasan bangsa Indonesia
D. Mendapatkan kepercayaan dari bangsa Indonesia
E. Meningkatkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia

16. Satu-satunya organisasi massa yang boleh berdiri pada zaman pendudukan  Jepang adalah…
A. PNI
B. NU
C. GAPI
D. MIAI
E. PKI

17. Seikerei merupakan salah satu penyebab timbulnya perlawanan  terhadap jepang  yaitu…..
A. Rakyat Indonesia harus menyerahkan sebagian hasil panennya kepada Jepang
B. Wanita-wanita Indonesia dijadikan budak nafsu Jepang
C. Rakyat Indonesia harus menjadi tenaga bagi Jepang
D. Rakyat Indonesia harus menghormat pada kaisar jepang
E. Rakyat Indonesia harus menghormat bendera Hinomaru

18. Realisasi Janji  Perdana Menteri Koiso terjadi pada tanggal 1 Maret 1945.Yaitu dengan dibentuknya…..
A. BPUPKI
B. PETA
C. Putera
D. PPKI
E. PNI

19. Rumusan teks pancasila yang dikenal sekarang lebih banyak kesamaannya yang tercantum didalam …
A. Dekrit presiden
B. Teks proklamasi
C. Sumpah pemuda
D. Piagam Jakarta
E. .Supersemar

20. Pada zaman Jepang  hasil pertanian sangat menurun.Hal  itu disebabkan …..
A. Tidak ada tenaga penyuluh pertanian
B. Para petani tidak mau mengerjakan tanahnya
C. Banyak tenaga kerja petani yang menjadi romusha
D. Ada bencana alam
E. Teknologi pertanian sangat rendah

21. Tujuan Jepang membentuk Jawa Hokokai adalah…..
A. Agar rakyat Jawa bersatu mengusir  Belanda
B. Agar rakyat Jawa mendarmabaktikan dirinya kepada jepang
C. Untuk mendapatkan prajurit pembantu Jepang
D. Supaya ada rakyat Jawa yang menjadi pemimpin
E. Sebagai niat baik Jepang terhadap rakyat Indonesia

22. Pendudukan Jepang memicu berbagai perlawanan dari rakyat Indonesia .Perlawanan terbesar terhadap pendudukan Jepang dilakukan oleh…..
A. Rakyat indramayu
B. K.H.zainal Mustofa
C. PETA
D. Teuku Hamid
E. Kaum Romusha

23. Kiai Zainal Mustafa memimpin perlawanan rakyat terhadap Jepang di daerah…..
A. Aceh
B. Indramayu
C. Cirebon
D. .Kalimanta
E. Singaparna

24. BPUPKI  dibentuk pada tanggal 29 April  1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Tujuan utama pembentukan  lembaga ini adalah…..
A. Menyelidiki berbagai hal yang diperlukan bagi pembentukan sebuah Negara merdeka
B. Merumuskan kewajiban-kewajiban Indonesia agar diberi kemerdekaan oleh Jepang
C. Menetapkan waktu yang tepat bagi pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia
D. Menyelidii kekayaan sosio religius sebagai dasar Indonesia  Merdeka
E. Mengusahakan kesatuan rakyat Indonesia dalam rangka mengisi kemerdekaan

25. Jepang berjanji memberikankemerdekaan kepada Indonesia  pada tanggal 24 agustus 1945.Namun ,bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945.Hal ini memperlihatkan bahwa…..
A. kemerdekaan bangsa Indonesia bukan pemberian Jepang
B. Indonesia cepat memanfaatkan momentum menyerahnya  Jepang kepada jepang
C. Semangat kemerdekaan  begitu kuat dalam diri bangasa Indonesia
D. Bangsa Indonesia bisa melawan kedigdayaan bangsa Jepang
E. Jepang ternyata bukan “Saudara Tua”bangsa Indonesia

26. Kabar menyerahnya  jepang disatu sisi menggembirakan ,namun disisi lain menjadi sumber ketegangan baru ditengah-tengan kaum aktivis  dan tokoh pergerakan nasional.Pokok ketegangan itu menyangkut…..
A. Kapan kemerdekaan itu diproklamasikan
B. Bagaimana proklamasi itu dilakukan
C. Alasan dilakukannya proklamasi kemerdekaan
D. Tempat kemerdekaan itu diproklamasikan
E. Siapa yang memproklamasikan kemerdekaan

27. Alsan mendasar golongan muda menghendaki proklamasi kemerdekaan dilakukan tanpa melibatkan PPKI adalah
A. Adanyan kekhawatiran sekutu akan mengambil alih kekuasaan di Indonesia
B. Adanya keyakinan bahwa Jepang tidak akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia
C. Kemerdekaan itu hasil perjuangan  dan pengorbanan  rakyat Indonesia sendiri
D. Adanya keyakinan bahwa rakyat Indonesia siap melawan Jepang
E. Tidak adanya jaminan sidang PPKI akan mempercepat pelaksanaan proklamasi

28. Sekembalinya  dari Rengasdengklok ,Suekarno dan Hatta langsung menuju ke rumah Laksamana Maeda dalam rangka…..
A. Beristirahat
B. Menyusun strategi perlawanan
C. Menyusun naskah proklamasi
D. Bertemu golongan muda
E. Berlindung kepada Jepang

29. Proklamasi kemerdekaan akhirnya dikumandangkan tanggal 17 agustus 1945 .Semula  Lapangan Ikada dipilih sebagai tempat pelaksanaan proklamasi ,tetapi  kemudian dipindahkan ke Jalan pegangsaan Timur No.56 ,Jakarta karena pertimbangan…..
A. Lapangan Ikada adalah pusat latihan militer Jepang
B. Jalan Pegangsaan Timur merupakan markas tokoh pergerakan
C. Pelaksanaan dilapangan Ikada akan memicu pemberontakan dengan Jepang
D. Lapangan ikada jauh letaknya
E. Menghindari provokasi tentara Sekutu dan pihak asing lain

30. Proklamasi kemerdekaan dilaksanakan dengan sederhana tetapi sangat hikmat.Hal ini karena proklamasi  kemerdekaan memilikin arti yang sangat penting bagi perjalanan sejarah bangsa.Salah satu makna dari peristiwa ini adalah….
A. Bangsa Indonesia merdeka karena pengorbanan para pahlawan
B. Bangsa Indonesia mampu melawan  penjajah sekuat apa pun
C. Bangsa Indonesia adalah bangsa adalah bangsa yang pantang menyerah
D. Proklamasi kemerdekaan menandai berdirinya Negara Republik Indonesia
E. Setelah proklamasi banyak tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia

31. Salah satu dari hasil sidang PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 adalah…..
A. Pengesahan  Undang-Undang Dasar
B. Pemilihan presiden dan wakil presiden
C. Pembagian wilayah Republik Indonesia
D. Pembentukan DPR dan MPR
E. Pembentukan Komite Nasional Indonesia

32. Tugas pokok  dari Komite Nasional yang dibentuk pada tanggal 22 Agustus 1945 adalah…..
A. Menjadi penasihat Presiden
B. Membantu kerja presiden
C. Mengawasi kerja prsiden
D. Lembaga ad hoc penyusun Undang-Undang
E. Menyerap aspirasi  masyarakat

33. Peristiwa yang mendorong meletusnya pertempuran lima hari di semarang …
A. Tawanan yang menolak menyerahkan senjatanya kepada pemuda
B. Penyerangan batalion Kodo Butai ke pos-pos pemuda
C. Peracunan cadangan air di candi
D. Kematian Dr. Karyadi yang sedang meneliti persediaan air minum
E. Penyerbuan gedung gubernur untuk menahan beberapa tokoh Indonesia

34. Pemimpin pertempuran Surabaya  dari bangsa Indonesia adalah
A. Sutan Syahrir
B. Supriyadi
C. .Bung Tomo
D. Jenderal Sudirman
E. R.P.Suruso

35. Lagu halo-halo Bandung di ilhami oleh peristiwa Bandung Lautan Api yakni …
A. Kebakaran kota Bandung akibat kontak senjata dengan tentara Sekutu
B. Pemboman kota Bandung oleh belanda
C. Pembakaran kota Bandung oleh rakyat sendiri
D. Pembakaran kota Bandung oleh Sekutu
E. Pembumihangusan seluruh Bandung oleh sekutu dan Belanda

36. Maklumat Pemerintah  No.X tanggal 3 November 1945 berisi tentang pembentukan
A. Komite nasional Indonesia
B. Partai Nasional Indonesia
C. Partai-partai PolitiK
D. Undang-Undang Kepartaian
E. Lembaga DPr

37. Alasan pembentukan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Sumatra adalah
A. Ibukuta RI di Yogyakarta dikuasai oleh Belanda
B. Untuk menghindari hancurnya RI
C. Para pemimpin bansa Indonesia ditangkap oleh Belanda
D. Untuk memperoleh bantuan luar negeri
E. Mempermudah pengawasan terhadap pemerintah RI

38. Belanda mengakui de fakto RI atas wilayah Jawa, Madura dan Sumatera merupakan salah satu persetujuan …
A. Roem Royen
B. Linggar Jati
C. Renville
D. Malino
E. Gianti

39. RIS dibubarkan tanggal 17 Agustus 1950 kemudian menjadi NKRI hal ini terjadi karena …
A. Pro dan kontra tentang bentuk Negara
B. Perasaan tidak puas dengan hasil KMB
C. Keinginan untuk mengusir Belanda
D. Tidak setuju dengan dasar Negara RI
E. RIS merupakan negara bentukan Belanda

40. Masalah yang belum terselesaikan saat pelaksanaan KMB adalah …
A. Status hubungan pemerintah Indonesia – Belanda
B. Kompensasi kerugian perang yang ditanggung pemerintah Indonesia
C. Status Irian Barat
D. Nasib perusahaan Belanda di Indonesia
E. Kesepakatan kedaulatan untuk Indonesia


SOAL ESSAY
1. Mengapa kedatangan Jepang diterima baik oleh rakyat Indonesia.
2. Apakah sebabnya proklamasi kemerdekaan Indonesia tidak dilakukan di Lapangan Ikada?
3. Tuliskan hasil keputusan sidang PPKI tanggal  18 Agustus 1945.
4. Apakah alasan Belanda melanggar Perjanjia Linggar jati
5. Bagaimana kondisi Ekonomi bangsa Indonesia pada awal kemerdekaan.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Aset – aset dalam sebuah komunitas

  Dalam mengatasi tantangan pada pendekatan tradisional yang digunakan untuk mengatasi permasalahan perkotaan, di mana penyedia jasa dan lembaga donor lebih menekankan pada kebutuhan dan kekurangan yang terdapat pada komunitas, Kretzmann dan McKnight menunjukkan bahwa aset yang dimiliki oleh komunitas adalah kunci dari usaha perbaikan kehidupan pada komunitas perkotaan dan pedesaan . Menurut Green dan Haines (2002) dalam  Asset building and community development,  ada 7 aset utama atau di dalam buku ini disebut sebagai modal utama, yaitu : 1.    Modal Manusia Sumber daya manusia yang berkualitas, investasi pada sumber daya manusia menjadi sangat penting yang berhubungan dengan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, dan harga diri seseorang. Pemetaan modal atau aset individu merupakan kegiatan menginventaris pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan yang dimiliki setiap warganya dalam sebuah komunitas, atau dengan kata lain, inventarisasi perorangan dapat dikelompokkan berdasarkan sesuat