Langsung ke konten utama

Soal Sejarah Wajib Semester Genap Kelas XI K13 (Bagian II)




1.Perhatikan pernyataan berikut!
1) Berpusatnya di Bukittinggi
2) Pemerintahan Militer Angkatan Darat dari Tentara ke-25
3) Dipimpin oleh Jenderal Hitoshi Immamura.
4) Pemerintahan Militer Angakatan Darat dari Tentara ke-16
5) Dikuasai Angkatan Laut dari Armada Selatan II

Dari pernyataan di atas yang merupakan penjelasan wilayah Jawa dan Madura pada masa Jepang adalah....
a. 1, 2, dan 3
b. 1 dan 3
c. 2, 4, dan 5
d. 3 dan 4
e. 1, 3, dan 5

2.Kedatangan Jepang ke Indonesia diterima oleh rakyat Indonesia karena...
a. Jepang dari kawasan Asia
b. Jepang menjanjikan kemerdekaan
c. Jepang bertujuan mengusir imperialisme Barat
d. Jepang mengaku sebagai saudara tua
e. Jepang masih satu rumpun dengan Indonesia


3.Langkah awal yang dilakukan oleh Jepang untuk menguasai Asia adalah...
a. menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour
b. merebut kekuasaan di Indonesia dari tangan Belanda
c. menyerang pusat militer di Amerika Serikat
d. merebut Cina dari tangan Inggris
e. menguasai wilayah Hongkong

4.Ajaran Jepang yang menjunjung tinggi kehormatan negara dan bangsa, taat dan patuh pada pimpinan, rela berkorban, berani, serta jujur disebut...
a.Shintoisme
b.Jibakutai
c.Bushido
d.Hinomaru
e.Harakiri

5.Pada masa pemerintahan militer Jepang, ada dua daerah yang masuk koci (daerah istimewa), yakni...
a.Aceh dan Yogyakarta
b.Aceh dan Jakarta
c.Surakarta dan Aceh
d.Yogyakarta dan Jakarta
e.Surakarta dan Yogyakarta

6.Taktik perjuangan yang dilaksanakan oleh para tokoh pergerakan nasional selama masa penduduka Jepang adalah....
a.kooperatif
b.nonkooperatif
c.moderat
d.radikal
e.sangat radikal

7.Pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) akan menjadi wahana lahirnya Indonesia merdeka di bawah ketua...
a. dr. Radjiman Wdeiodiningrat
b. Ir. Soekarno
c. R. Panji Suroso
d. P.M. Koiso
e. Muh. Yamin

8.Di bawah ini yang merupakan tugas dari BPUPKI adalah....
a. menyediakan segala sesuatu yang diperlukan untuk merdeka
b. menggerakkan orang Indonesia agar dapat bekerja
c. mewujudkan dasar Indonesian merdeka
d. melaksanakan kemerdekaan Indonesia
e. badan pembantu Presiden

9.Sesudah Jepang menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Belanda, wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga pemerintahan yang masing-masing pemerintahan dikepalai oleh....
a. Shogun
b. Gunseikan
c. Daidanco
d. Shondanco
e. Syukokan

10.Ketika menduduki Indonesia, Jepang menerapkan sistem autarki, maksudnya adalah....
a. sistem ekonomi sosialis
b. sistem ekonomi di mana setiap daerah mencukupi kebutuhan perang
c. sistem ekonomi otoriter
d. sistem ekonomi kerakyatan
e. sistem ekonomi kerja paksa

11.Upaya untuk mengerahkan tenaga kerja masyarakat dengan kerja paksa pada masa Jepang disebut....
a. autarki
b. tonarigumi
c. homaru
d. kinrohosyi
e. Romusha

12.Golongan muda memilih Rengasdengklok untuk mengamankan Soekarno dan Hatta atas dasar pertimbangan …
a. militer
b. ekonomi
c. strategis
d. politis
e. psikologis

13.Perang yang dilancarkan Jepang oleh Jepang di Asia Tenggara dan Lautan Pasifik dikenal dengan nama Perang…..
A.Pasifik
B.Asia timur
C.Kamikaze
D.Nippon
E.Harakiri

14.Sebab utama menyerahnya Jepang tanpa syarat pada sekutu pada 14 Agustus 1945 adalah …
a. dibomnya pulau Saipan oleh Sekutu
b. Indonesia berhasil mengalahkan sekutu di Laut Pasifik
c. Sekutu bekerja sama dengan Indonesia untuk mengalahkan Jepang
d. Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom atom oleh sekutu
e. Jepang tidak dapat memperalat Indonesia melawan Sekutu


15.Pembentukan Jawa Hokokai dimaksudkan untuk....
a. mempersatukan rakyat Jawa untuk mengusir penjajah Belanda
b. meminta kepada rakyat untuk mendarmabaktikan diri kepada pemerintah Jepang
c. menghimpun orang-orang Jawa untuk didik menjadi militer yang tangguh
d. mempersiapkan rakyat Jwa untuk merdeka
e. membuktikan niat baik Jepang terhadap bangasa Indonesia

16.Jepang membentuk gerakan 3A dengan maksud …
a. membangun jiwa nasionalisme dikalangan pemuda
b. memajukan wawasan bangsa Indonesia
c. mengakui keberadaan orang Indonesia
d. mendapatkan kepercayaan dari bangsa Indonesia
e. mendidik bangsa Indonesia dalam berorganisasi

17.Perlawanan Peta melawan Jepang di Blitar dipimpin oleh....
a. Urip Sumoharjo
b. Slamet Riyadi
c. Supriyadi
d. Sudirman
e. Ahmad Yani

18.Perlawanan rakyat Singaparna, Jawa Barat melawan Jepang dipimpin oleh....
a. K.H. Zaenal Mustafa
b. Abdul Jalil
c. Abdul Hamid
d. K.H. Madriyas
e. K.H. Zainal Abidin

19.Sidang pertama BPUPKI membahas tentang …
a. merancang UUD 1945
b. batang tubuh 1945
c. pembukaan UUD 1945
d. Proklamasi kemerdekaan Indonesia
e. dasar bagi negara Indonesia merdeka

20.Nama Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka dikemukakan dalam sidang BPUPKI oleh....
a. Mr. Muhammad Yamin
b. Mr. Soepomo
c. Ir. Soekarno
d. Mr. Ahmad Subarjo
e. Mr. Kasman Singodimedjo

21.Tokoh perumus teks Proklamasi  kemerdekaan Indonesia antara lain …
a.Ahmad Subarjo, Moh Hatta, dan Soekarno
b.Ahmad Subarjo, Hamengkubuwono IX, Soekarno
c.Moh Yamin, Moh Hata, Soekarno
d.Rajiman Wediodiningrat, Moh Hatta, Soekarno
e.Soepomo, Ahmad Subardjo, Moh Hatta

22.Tokoh pemuda yang pertama kali mengetahui adanya berita kekalahan Jepang
adalah …
a.Soetan Sjahrir
b.Wikana
c.Sukarni
d.Yusuf Kunto
e.Chaerul Saleh

23.Terciptanya teks proklamasi kemerdekaan RI merupakan bukti …
a.kesediaan berkorban dari golongan tua
b.adanya rasa persatuan dan rela berkorban antara golongan tua dan muda
c.adanta tekanan golongan muda atas golongan tua
d.kekhawatiran golongan muda atas sikap golongan tua yang terlalu berhati-hati
e.kemenangan golongan muda atas golongan tua

24.Langkah pertama Jepang sebagai pelaksanaan Janji Koiso tentang kemerdekaan Indonesia adalah dengan membentuk …
a.BPUPKI
b.panitia kecil
c.Chuo Sangi In
d.PPKI
e.panitia sembilan

25.Sebelum BPUPKI terbentuk, di Bandung pada tanggal 16 Mei 1945 diadakan kongres pemuda seluruh jawa yang diprakarsai oleh …
a.Angkatan Baru Indonesia
b.Gerakan Angkatan Baru Indonesia
c.Gerakan Pemuda Jawa
d.Gerakan Angkatan Muda
e.Angkatan Muda Indonesia

26.Berikut ini merupakan asas dasar negara kebangsaan Republik Indonesia yang diumumkan oleh Muh Yamin pada tanggal 1945, kecuali …
a.keseimbangan lahir batin
b.peri ketuhanan
c.peri kebangsaan
d.kesejahteraan rakyat
e.peri kemanusiaan

27.Peristiwa Rengasdengklok pada dasarnya dilatarbelakangi oleh …
a.adanya perbedaan pendapat antara Ahmad Soebarjo dengan Soekarno mengenai sikap golonga muda
b.perbedaan pendapat antara golongan tua dengan golongan muda mengenai pelaksanaan proklamasi
c.menyerahnya Jepang kepada sekutu
d.tindakan Jepang mengingkari janji kemerdekaan kepada Indonesia
e.perbedaan pendapat antara Kaisar Hirohito dengan Perdana Menteri Koiso mengenai masa depan Indonesia

28.Peristiwa Rengasdegklok yaitu berakhir pada saat …
a.Adanya jaminan dari Ahmad Subarjo bahwa Proklamasi akan dilaksanakan selambat-lambatnya tangal 17 Agustus 1945
b.adanya jaminan kemerdekaan dari Laksamana Maeda selaku petinggi militer Jepang di Indonesia
c.adanya janji kemerdekaan dari pemerintahan militer Jepang
d.Soekarno berhasil membuat rumusan teks proklamasi
e.adanya berita yang menyatakan bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu

29.Peran tokoh Sayuti Melik dalam peristiwa Proklamasi kemerdekaan adalah …
a.tokoh muda yang mendampingi Ahmad Soebarjo ke Rengasdengklok
b.perumus naskah Proklamasi
c.sebagai penghubung antara golongan tua dengan golongan muda
d.pengetik naskah proklamasi
e.sebagai pelaksana penculikan terhadap Soekerno dan Hatta

30.Penyampaian berita Proklamasi kemerdekaan Indonesia ke daerah secara resmi dilakukan dengan cara …
a.dibawa parautusan daerah
b.televisi
c.siaran radio
d.pers
e.selebaran-selebaran


31.Pemilihan rumah Maeda sebagai tempat penyusunan teks Proklamasi dengan pertimbangan …
a.Laksamana Maeda telah menjadi Warga Negara Indonesia
b.tidak adanya pemimpin negeri yang rumahnya siap untuk ditempati
c.rumah kaum pejuang senantiasa dipantau oleh Kempetai
d.adanya ancaman dari pihak Sekutu
e.rumah tersebut dianggap paling aman dari ancaman pemerintahan militer Jepang

32.Pemerintah kolonial Jepang melarang pembacaan teks proklamasi kemerdekaan sebab …
a.banyak pemberontakan terjadi di Indonesia
b.Jepang menganggap bahwa Indonesia belum siap untuk merdeka
c.Jepang ingin terus berkuasa di Indonesia
d.Jepang berkewajiban menjaga status Quo seperti yang disepakati dengan sekutu
e.Jepang ingin agar kemerdekaan Indonesia diperoleh dari negaranya


33.Setelah pembacaan teks Proklamasi kemerdekaan, acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh …
a.Suhud dan Latief Hendraningrat
b.Sudiro dan latief Hendraningrat
c.Latief Hendraningra dan BM Diah
d.Suhud dan Wikana
e.Chaerul Saleh dan Suhud

34.Dalam sidang PPKI pada tangal 18 Agustus 1945, Otto Iskandardinata mengusulkan …
a.pembubarkan PPKI karena bentukan Jepang
b.memilih Ir Soekarno dan Moh Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden
c.penandatanganan naskan proklamasi oleh Soekarno dan Moh Hatta
d.dibentuknya Komite Nasional sebagai pembantu Presiden
e.memberikan istilah UUD yang disahkan diberi nama UUD 1945

35.Tujuan PPKI mengadakan sidang pertama pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah …
a.memenuhi tuntutan golongan muda untuk segera rapat membentuk negara
b.realisasi hasil pertemuan di Dalat dengan Jenderal Terauchi
c.Membentuk RI sebagai negara yang merdeka dan berdaulat
d.membentuk organisasi pemerintahan dan memilih aparat-aparatnya
e.mendapatkan pengakuan dunia internasional tentang eksistensi RI

36.Yang mengusulkan agar pemilihan Presiden dan  Wakil Presiden dilakukan secara aklamasi pada sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah …
a.Wahid Hasyim
b.Sutarjo Kartohadikusumo
c.Otto Iskandardinata
d.Kasman Singodimejo
e.Ahmad Subarjo

37.Di bawah ini yang tidak termasuk kedelapan provinsi hasil sidang PPKI kedua adalah …
a.Sulawesi
b.Jawa Timur
c.Aceh
d.Kalimantan
e.Jawa Barat

38.Presiden Soekarno menugaskan panitia kecil untuk membahas susunan kementrian, ketua panitia kecil ini adalah …
a.Iwa Kusuma Sumantri
b.Kasman Singodimejo
c.Ahmad Subarjo
d.Otto Iskandardinata
e.Sutarjo kartohadikusumo


39.Tujuan awal pembentukan PNI adalah …
a.mewujudkan negara Republik Indonesia yang berdaulat adil dan makmur berdasarkan kedaulatan rakyat
b.menjadikannya sebagai partai tunggal Indonesia
c.menguasai seluruh rakyat Indonesia
d.menjadikan PNI sebagai panutan partai-partai lainnya
e.menjadikannya anggota PNI duduk dalam kementrian

40.Kantor berita yang menyebarluaskan berita proklamasi kemerdekaan adalah kantor berita . . . .
a.ABC
b.RRI
c.BBC
d.TVRI
e.Domei

SOAL ESSAY
1.Mengapa kedatangan Jepang diterima baik oleh rakyat Indonesia?
2.Apakah sebabnya proklamasi kemerdekaan Indonesia tidak dilakukan di Lapangan Ikada?
3.Tuliskan hasil keputusan sidang PPKI tanggal  18 Agustus 1945. ?
4.Jelaskan perbedaan pendapat Antara golongan muda dengan Golongan Tua !
5.Jelaskan perbedaan Penjajahan Belanda dengan Penjajahan Jepang di Indonesia !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Aset – aset dalam sebuah komunitas

  Dalam mengatasi tantangan pada pendekatan tradisional yang digunakan untuk mengatasi permasalahan perkotaan, di mana penyedia jasa dan lembaga donor lebih menekankan pada kebutuhan dan kekurangan yang terdapat pada komunitas, Kretzmann dan McKnight menunjukkan bahwa aset yang dimiliki oleh komunitas adalah kunci dari usaha perbaikan kehidupan pada komunitas perkotaan dan pedesaan . Menurut Green dan Haines (2002) dalam  Asset building and community development,  ada 7 aset utama atau di dalam buku ini disebut sebagai modal utama, yaitu : 1.    Modal Manusia Sumber daya manusia yang berkualitas, investasi pada sumber daya manusia menjadi sangat penting yang berhubungan dengan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, dan harga diri seseorang. Pemetaan modal atau aset individu merupakan kegiatan menginventaris pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan yang dimiliki setiap warganya dalam sebuah komunitas, atau dengan kata lain, inventarisasi perorangan dapat dikelompokkan berdasarkan sesuat