Skip to main content

Soal Sejarah Indonesia Semester Ganjil Kelas XI





1.Perhatikan data berikut !
   1) Kisah perjalanan Ferdinand Magellans
   2) Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani tahun 1453
   3) Adanya semangat penaklukan & pembalasan dendam (reqoncuesta)
      terhadap umat Islam akibat Perang Salib
   4) Berkembangnya teknik pelayaran & ditemukannya kompas
   5) Pembuktian teori Archimedes
  Faktor yang paling tepat dalam mendorong kedatangan bangsa Barat melakukan penjelajahan samudera ke Nusantara ialah …
  A.1, 2,dan 3 
  B.2, 4, dan 5
  C.1, 3, dan 5 
  D.3, 4, dan 5
  E.2, 3, dan 4

2.Pada tahun 1596, bangsa Belanda memulai pelayarannya dalam mencari dan menemukan sumber rempah-rempah di dunia timur, dibawah pimpinan…
  A.Alfonso d’Albuquerque
  B.Christopher Columbus
  C.Ferdinand Magelhaens
  D.Cornelis de Houtman
  E.Bartholomeus Diaz

3.Perhatikan nama-nama berikut !
   1)Christoper Colombus 
   2)Vasco da Gama
   3)Ferdinand Magellan 
   4)De Abreu
   5)Sebastian de Elcano
  Tokoh-tokoh yang menjadi penjelajah samudera dari bangsa Spanyol adalah …
  A.1, 2, dan 3 
  B.2, 4, dan 5
  C.1, 3, dan 5 
  D.3, 4, dan 5
  E.2, 3, dan 4

4.Rempah-rempah sangat dibutuhkan oleh bangsa Eropa, karena …
A. Sebagai obat, pengawet & bumbu makanan
B. Komoditas perdagangan yang mahal harganya
C. Simbol status seseorang
D. Langkah awal menguasai daerah lain
E. Pengeksploitasi kekayaan tanah jajahan

5. Salah satu faktor pendorong kedatangan bangsa Barat ke dunia Timur, khususnya Nusantara ialah semangat Reconquesta, yaitu
A. Semangat melakukan penaklukan atau balas dendam terhadap orang-orang yang
beragama Islam
B. Semangat melakukan pelayaran keliling dunia untuk membuktikan teori bahwa bumi itu bulat
C. Semangat mencari daerah penghasil rempah-rempah
D. Semangat menguasai perdagangan rempah-rempah
E. Semangat menyaingi para pedagang Asia

6. Bangsa Portugis berhasil menguasai Malaka pada tahun 1511 di bawah pimpinan …….
A. De Abreu
B. Ferdinand Magelhaens
C. Alfonso de Albuquerque
D. Yuan Sebastian delCano
E. Cornelis de Houtman

7. Persamaan Portugis dan Spanyol dalam hal ekspedisi mencari daerah produsen rempah-rempah adalah ……..
A. Keduanya merupakan persekutuan pedagang swasta
B. Setiap ekspedisi dipelopori oleh kerajaan
C. Sama-sama menentang hasil perjanjian Tordesilas
D. Bekerja sama menerapkan monopoli perdagangan rempah-rempah
E. Bekerja sama dengan rakyat pribumi untuk mendapatkan rempah-rempah

8.  Rombongan ekspedisi penjelajahan samudera bangsa Belanda yang mendarat pertama kali di   Banten pada tahun 1596 dipimpin oleh ……
A. Ferdinand de Magelhaends
B. juan Sebastian del Cano
C. Alfonso de Albuquerque
D. Cornells de Houtman
E. De Abreu

9. Faktor-faktor yang mendorong didirikannya VOC adalah ….
A. menghindari persaingan antarpedagang Belanda dan pedagang lain
B. menyeragamkan komoditi dagang di Hindia Timur
C. berusaha mengisi kekosongan kas Belanda
D. mempererat hubungan antarpedagang Belanda
E. membantu pemerintah Belanda dalam menjual hasil industrinya

10.Pemerintah Belanda mendirikan VOC dengan tujuan …
A. Menyaingi pedagang Inggris di India
B. Merebut perdagangan Portugis di Indonesia
C. Memperkuat posisi Belanda dalam persaingan dengan bangsa Eropa ataupun dengan bangsa asia lainya
D. Mencegah persaingan di antara pedagang Belanda
E. Mencegah persaingan antara pedagang Spanyol dan Portugis di Indonesia

11.Berikut ini merupakan hak-hak istimewa (octroii) yang dimiliki oleh VOC, kecuali …
A. Memiliki angkatan perang sendiri
B. Membatalkan perjanjian
C. Mencetak mata uang sendiri
D. Membuat perjanjian dan menyatakan perang
E. Memonopoli perdagangan rempah-rempah

12.VOC menerapkan politik adu domba antar kerajaan-kerajaan di Nusantara untuk mendapatkan kekuasaan dan keuntungan sebesar-besarnya. Politik tersebut dikenal dengan nama…..
A. A.Devide et impera 
B. B.Cultuur stelsel
C. C.Devide et rente 
D. D.Devide et vadem
E. E.Cultuur Procenten

13.Faktor utama yang menyebabkan VOC dibubarkan adalah …
A. Pejabatnya bekerja secara maksimal
B. Perang kemerdekaan Belgia
C. Kekosongan kas akibat perang Diponegoro
D. Pegawainya banyak yang korupsi
E. Daerah pasaran VOC direbut oleh EIC

14. Gubernur Jenderal VOC yang pertama adalah ….
A. Johan van Olderbarnevelt
B. JP. Coen
C. Pieter Both
D. Johannes Van den Bosch
E. John Fendall

15.Tugas utama Gubernur Jenderal Daendels di Indonesia yaitu ……
A. Mempertahankan Jawa dari serangan Inggris
B. Menegakkan monopoli perdagangan
C. Memperkuat pertahanan di Maluku
D. Mengatur pemerintah di Indonesia
E. Merebut daerah Maluku dari tangan Portugis

16.Pelaksanaan Sistem Tanam Paksa (Cultuur Stelsel) di Indonesia diterapkan pada masa pemerintahan …
A. J. P. Coen 
B. Van den Bosch
C. Van den Berg 
D. Van Deventer
E. Baron van Hoevel

17. Yang termasuk ke dalam komoditas tanaman ekspor yang wajib ditanam oleh pribumi saat pelaksanaan Tanam Paksa ialah …
A. Kopi, teh, cengkeh
B. Teh, tebu, gula
C. Kina, kopi, pala
D. Teh, tembakau, beras
E. Tembakau, kopi, tebu

18.Salah satu peninggalan masa pemerintahan Raffles yang terkenal adalah ……
A. Monopoli rempah-rempah
B. Membangun pangkalan angkatan laut di Merak dan Ujung Kulon
C. Buku History of Java
D. Meniadakan transaksi dengan mata uang
E. Menghapus sistem Landrent

19.Meningkatkan angka migrasi penduduk dari Jawa ke Sumatra Timur disebabkan oleh ……..
A. Pembukaan perkebunan secara besar-besaran
B. Besarnya tekanan pemerintah klonial di Jawa akibat sistem tanam paksa
C. Banyak aktivitas pergrakan nasional yang dibuang ke Sumatra Timur
D. Penyempitan areal pertanian karena pertambahan jumlah penduduk
E. Berkembangnya wabah penyakit menular di Jawa

20.Tujuan pemerintah kolonial Belanda melaksanakan sistem tanam paksa adalah ….
A. mengisi kekosongan kas negara Indonesia
B. meningkakan produksi barang ekspor
C. mengatasi kesulitan keuangan kerajaan Belanda
D. membiayai perang yang dilakukan oleh Belanda
E. mengenalkan tanaman ekspor di Indonesia

21.Munculnya Politik Etis dilatarbelakangi …
A. Kemakmuran Belanda hanya dinikmati oleh kalangan tertentu saja
B. Sekelompok rakyat jajahan mengalami penindasan
C. Tindakan sewenang-wenang pemerintah kolonial Belanda terhadap rakyat Jawa
D. Kemakmuran Belanda tidak diimbangi dengan kesejahteraan wilayah jajahan
E. Keuntungan perdagangan hanya dinikmati oleh kalangan pengusaha swasta

22.Salah satu kebijakan yang dikeluarkan VOC adalah kewajiban bagi rakyat untuk membayar pajak berupa hasil bumi yang disebut…
A. Ekstirpasi
B. Contingenten
C. Verplichte leverantie
D. Pelayaran hongi
E. Verplichte ekstripasi

23. Hak istimewa yang diberikan oleh Pemerintah Belanda kepada VOC disebut ....
A. Agrarische Wet
B. Landrent
C. Etische Politik
D. Ordonantie
E. Cultuur Stelsel

24. Perlawanan banten terhadap belanda semakin meningkat pada tahun 1851 , dibawah pimpinan…
A. sultan hasanudin
B. sultan agung
C. sultan iskandar muda
D. sultan hairun
E. sultan agung tirtayasa

25.Tokoh wanita dari Maluku yang memimpin perlawanan terhadap kesewenangan pemerintah Belanda adalah ……..
A. Christina Martha Tiahahu
B. Cut Meutia
C. Cut Nyak Dien
D. Dewi Sartika
E. R.A. Kartini

26.Untuk mengatasi perlawanan Pangeran Diponegoro, Gebjend Van der Capellen menugaskan Jenderal Marcus de Kock menjalankan strategi Benteng Stelsel. Tujuan strategi tersebut adalah …
A. A.Untuk mempercepat perundingan perdamaian
B. B.Untuk memisahkan Pangeran Diponegoro dengan pihak keraton
C. C.Untuk mengelabui rakyat agar mendukung Belanda
D. D.Untuk mempersempit ruang gerak pasukan Diponegoro
E. E.Melemahkan perekonomian rakyat

27. Kesewenang-wenangan memaksakan monopoli, mengakibatkan masyarakat menenetangambisi VOC di Goa (Makassar) sehingga meletus “Perang Goa” yang dipimpin oleh…
A. A.Imam Bonjol 
B. B.Sultan Agung
C. C.Pangeran Nuku   
D. D.Teuku Umar
E. E.Sultan Hasanuddin

28. Perang Paderi diawali dengan perpecahan di kalangan rakyat Indonesia sendiri, yaitu ……
A. .Munculnya gerakan Terorisme di Sumatra Barat
B. .Konflik antara Kaum Agama dan Kaum Adat
C. .Persaingan di antara pendukung gerakan Tuanku Imam Bonjol
D. .Dukungan pemerintah kolonial terhadap kaum adat
E. .Dukungan pemerintah kolonial terhadap golongan Putih

29.Sebab khusus terjadinya perlawanan Pangeran Diponegoro adalah …
A. Belanda memasang patok-patok pembuatan jalan yang melalui makam leluhur Diponegoro  secara sepihak
B. Hak-hak istimewa bangsawan kerajaan dibatasi
C. Belanda membawa pengaruh budaya asing yang negatif bagi kehidupan pribumi
D. Diberlakukannya hak tawan karang
E. Masuknya paham Wahabi yang ingin memurnikan ajaran Islam

30.Tokoh Belanda yang berhasil mempelajari adat dan kebiasaan umat Muslim di Aceh dalam misinya menumpas perlawanan sengit rakyat Aceh di awal abad ke-20 ialah …
A. Jenderal Van Swieten
B. Kapten Christoffle
C. Residen Liman Pietersen
D. Jenderal Van Heutz
E. Dr. Snouck Hurgronje

31.Peperangan yang terjadi antara rakyat Bali dan Belanda dipicu oleh masalah …
A. Hak tawan karang
B. Adat Sutte
C. Kewajiban membayar pajak bumi
D. Penyerahan hasil panen
E. Ekstirpasi

32.Munculnya sekolah-sekolah yang melahirkan kaum terpelajar di Hindia-Belanda merupakan dampak dari diberlakukannya kebijakan Politik Etis dalam bidang …
A. Irigasi 
B. Edukasi
C. Politik 
D. Budaya
E. Kependudukan

33. Pada tahun 1908, mulailah berdiri dan berkembang organisasi-organisasi yang modern di Indonesia, berikut ini yang menjadi organisasi yang pertama kali terbentuk yaitu…
A. Indische Partij
B. Partai Nasional Indonesia (PNI)
C. Budi Utomo
D. Sarekat Islam
E. Partai Indonesia Raya (Parindra)

34. H. Agus Salim, H.O.S. Cokroaminoto, Abdul Muis, dan Suryapranoto, ialah tokoh-tokoh dalam organisasi ....
A. Budi Utomo
B. Sarekat Islam
C. Partai Nasional Indonesia
D. Indische Partij
E. Indonesische Veerniging

35. Budi utomo merupakan organisasi pergerakan pertama di indonesia. Oleh karena itu, pada tanggal 20 mei 1908 di jadikan sebagai….
A. Hari kebangkitan nasional
B. Hari pendidikan nasional
C. Ujung tombak dari organisasi yang lainnya
D. Hari organisasi
E. Hari pergerakan

36.Perhatikan data berikut!
1) Didirikan di bandung pada tanggal 25 desember 1912
2) Dipimpin oleh tiga serangkai yaitu Dr. E.F.E. douwes dekker, Dr. Cipto mangunkusumo, dan suwardi suryaningrat
3) Merupakan organisasi pertama di indonesia yang secara terang-terangan menyatakan dirinya sebagai partai politik
4) Memiliki semboyan indie los van holland dan indie voor inders
Berdasarkan data diatas, organisasi pergerakan nasional yang di maksud adalah…
A. Perhimpunan indonesia
B. Partai nasional indonesia
C. Parindra
D. Indische partij
E. Sarekat islam

37. Sumbangan dan Perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam mencerdaskan bangsa ialah dengan mendirikan
A. Perguruan Cikini
B. Perguruan Muhammadiyah
C. Perguruan Taman Siswa
D. Perguruan Budi Siswa
E. Perguruan STOVIA

38. Sekolah STOVIA merupakan perwujudan dari trias politica di bidang ....
A. Irigasi                                 
B. emigrasi
C. Edukasi                           
D. remigrasi
E. rekreasi

39. Organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama (NU) didirikan di Surabaya oleh ....
A. KH. Ahmad Dahlan     
B. H. Agus Salim
C. KH. Hasyim Asy’ari       
D. H. Muhidin
E. Bung Tomo

40. PNI bertujuan untuk mencapai Indonesia merdeka atas usahanya sendiri dengan ideologinya yang disebut ....
A. Sosialisme                       
B. Nasionalisme
C. Kapitalisme                     
D. Marhaenisme
E. Kolonislisme





Comments

Popular posts from this blog

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPG DalJab Tahun 2022)

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah: (1) Eksplorasi alternatif solusi (2) Penentuan solusi (3) Pembuatan rencana aksi (4) Pembuatan rencana evaluasi. Kegiatan eksplorasi alternatif solusi dilakukan dengan cara mengeksplorasi sejumlah alternatif solusi untuk penyebab masalah yang sudah ditentukan, melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan, dan melakukan analisis pros dan cons (kekuatan dan kelemahan) masing-masing alternatif solusi.Kegiatan penentuan solusi dilakukan dengan cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi. Pada analisis penentuan solusi tersebut mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan a