Skip to main content

CONTOH SOAL PTS KELAS X SEJARAH INDONESIA

1.Kata sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu Syajaratun yang berarti....
B.   Pohon
C.   Buku
D.   Akar
E.   Riwayat
A.   Gelang

2.Sejarah bukan berkembang dan bergerak lurus ke depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak melingkar, yang tinggi dan rendahnya lingkaran disebabkan oleh keadaan manusia itu sendiri. Definisi sejarah ini dikemukakan oleh...
A.   Sartono Kartodirdjo
C.   R.G Collingwood
D.   Ibnu Khaldun
E.   Herodotus
B.   Leopold von Ranke

3.Kronologi berasal dari bahasa Yunani yaitu chronos yang berarti ....
A .   Ilmu
B.    Waktu
C.    Urutan
D.   Peristiwa
E.    Pengetahuan
 
4. Penyusunan peristiwa sejarah harus dilakukan secara kronologis, artinya ....
A. Peristiwa sejarah harus disusun berdasarkan urutan waktu dan kejadian
B. Kisah sejarah disusun dengan memberikan periodisasi tonggak-tonggak sejarah
C. Peristiwa sejarah harus disusun berdasarkan kepentingan penulisany
D. Pengungkapan peristiwa sejarah harus diseleksi sesuia dengan tingkat urgensiny
E. Pengungkapan peristiwa sejarah harus dilakukan secara mendetail

5.Sesuatu yang melintas, melalui atau melampaui batas waktu merupakan definisi dari ....
A.   Sinkronik
B.    Kausalitas
C.    Diakronik
D.    Anakronik
E.    Periodisasi

6.Pentingnya berfikir sinkronis dalam mengkaji sejarah yaitu…
A. Menghindaripenjelasan yang berputar-putar
B. Supayabahasannyaringkasdanpadat
C. Untukmenerangkansuatuperistiwasecaramendalam
D. Supayapenjelasansejarahtidakmenjemukkan
E. Untuk menekan subjektivitas seminim-minimnya

7. Dengan belajar sejarah, seseorang dapat berpikir secara runtut, teratur, dan berkesinambungan. Dengan demikian, sejarah mengajarkan cara berpikir ....
A. Sinkronik
B. Kausalitas
C. Diakronik
D. Anakronik
E. Periodisasi

8. Tujuan dari adanya konsep periodisasi dalam sejarah Indonesia adalah ....
A. menunjukkan bukti dari sejarah
B. Memahami perkembangan-perkembangan bagian sejarah
C. Mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah
D. Mengeveluasi sejarah yang ada
E. Mengelompokkan peristiwa-peristiwa sejarah

9. Di bawah ini yang teramasuk konsep dasar sejarah adalah....
A. Manusia sebagai pelaku
B. Ruang tempat peristiwa berlangsung
C. Kelangsungan kehidupan manusia dalam lintasan waktu
D. Manusia beraktivitas dalam ruang dan waktu
E. Waktu  ketika peristiwa terjadi dan tempat dimana peristiwa itu terjadi

10. Waktu dalam sejarah adalah penting. Waktu memiliki aspek kontinuitas sehingga ilmu sejarah mempelajari segala peristiwa yang terjadi pada masa....
A. Sejarah dan Prasejarah
B. Masa lalu dan masa kini
C. Masa lalu dan masa yang akan datang
D. Masa kini dan masa yang akan datang
E. Masa lalu, masa kini dan yang akan datang

11. Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia, karena....
A. Manusia mempengaruhi gerak sejarah
B. Sejarah merupakan kenangan masa lalu manusia
C. Sejarah menceritakan kisah hidup manusia
D. Manusia menciptakan sejarah
E. Kehidupan manusia dibentuk oleh sejarah

12. Berikut ini unsur-unsur sejarah yang paling cepat mengalami perubahan merupakan unsur...
A. Waktu
B. Ruang
C. Konduite manusia
D. Lingkungan sosial
E. Lingkungan budaya

13. Sejarah akan dapat dipahami oleh generasi penerus dari masyarakat yang terdahulu sebagai suatu cermin untuk menunju kemajuan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Hal ini termasuk cara memahami sejarah melihat konteks….
A. Masa transisi 
B. Masa kini 
C. Masa yang akan datang
D. Masa lampau
E. Masa berlangsungnya kehidupan manusia

14. Pembagian saat dalam sejarah merupakan krusial dalam kontinuitas dimensi ketika yang lalu, sekarang, serta masa yg akan tiba. Dengan demikian, ilmu sejarah menyelidiki segala peristiwa yg terjadi pada waktu....
A. Sepanjang ketika yg bersifat kontinu
B. Waktu yang telah lalu hingga sekarang
C. Saat kemudian, sekarang, serta waktu yang akan datan
D. Ketika yg lalu
E. Waktu yg akan datang

15. Salah contoh perubahan yang membawa efek sangat besar dalam masyrakat adalah...
A. Perubahan mode sandang dan kesenian
B. Perubahan sistem perdagangan dan hubungan internasional
C. Perubahan kebiasaan masyarakat serta sistem mata pencaharian hidup
D. Ledakan penduduk dan proses industrialisasi
E. Perubahan ekonomi

16. Salah satu contoh konsep perubahan serta keberlanjutan dalam kehidupan bernegara ialah.....
a. Pembanguna
b. Reformasi
c. Revolusi
d. Rekonsiliasi
e. Pemberontakan

17. Sejarah berada dalam dinamika akibat sifat manusia yang dinamis. Kedinamisan manusia menimbulkan….
A. Perubahan
B. Kontinuitas 
C. Stagnasi
D. Pengulangan
E. Diskontinuitas

18. Berikut ini unsur-unsur sejarah yang paling cepat mengalami perubahan adalah unsur…. 
A. Waktu 
B. Ruang
C. Perilaku manusia 
D. Lingkungan sosial 
E. Lingkungan budaya

19. Unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografis adalah…
A. Waktu 
B. Ruang
C. Manusia
D. Tempat
E. Wilayah

20. Konsep waktu dalam sejarah mencakup  4 hal, yaitu...
A. Perkembangan, Kesinambungan, Pengulangan, dan Perubahan
B. Lampau, Terbatas, Kisaran Tahun, dan Peradaban
C. Masa Lalu, Perkembangan, Masa Kini, dan Masa Depan
D. Primitif, Nomaden, Semi Nomaden, dan Tinggal Menetap
E. Damai, Perang, Bencana Alam, dan Kehancuran

21. Berdasarkan keadaaannya, perubahan dibagi menjadi 2 yaitu...
A. Perubahan yang disengaja dan Perubahan yang tidak disengaja
B. Perubahan Masa lalu dan Perubahan Masa Kini
C. Perubahan Peradaban dan Perubahan Masyarakat
D. Perubahan Geografis dan Perubahan Sosial
E. Perubahan Politik dan Perubahan Perang

22. Perkembangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah....
A. Mewujudkan ramalan masa depan
B. Menuju tingkatan lebih efesien
C. Membuat perubahan
D. Menuju ke sesuatu yang lebih baik
E. Suatu keadaan masyarakat dalam suatu periode tertentu dalam sejarah yang berkembang dari dan disebabkan oleh kondisi yang terjati sebelumnya, tidak muncul begitu saja atau berdiri sendiri

23. Kesinambungan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah....
A. Gejala yang timbul tidak sesuai harapan
B. Ketidakteraturan suatu tatanan sosial
C. Naik turunnya kondisi masyarakat
D. Naik turunnya kondisi politik
E. Suatu kondisi terkadang tidak melahirkan kondisi baru, tetapi tetap diwariskan atau diteruskan karena dianggap baik oleh suatu masyarakat

24. Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah...
A. Membuat ulang suatu peristiwa
B. Mencoba melakukan hal yang sama
C. Suatu kejadian yang dilakukan untuk membuat suatu peristiwa yang sama
D. Kejadian yang persis sama terjadi 2 kali di waktu berbeda
E. Fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Peristiwanya tidak berulang tetapi fenomenanya yang berulang

25. Perubahan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah...
A. Menuju kemajuan dan meninggalkan masa lalu
B. Menghilangkan suatu kebiasaan sifat yang lama
C. Menuju peradaban yang lebih maju
D. Reformasi
E. Ketika masyarakat membentuk praktik yang baru dan berbeda sama sekali dengan praktik sebelumnya

26. Salah satu  teori ilmiah yang menyatakan bahwa alam semesta mulanya berbentuk gumpalan gas yang kemudian meledak dengan dentuman yang sangat besar, yang dikenal dengan teori….
A. Big Bang
B. Ledakan Partikel
C. Kejutan Besar
D. Supernova
E. Guncangan Besar

27. Pada awal pembentukan bumi,ditandai dengan adanya makhluk hidup bersel satu atau mikroorganisme, yaitu muncul pada zaman...
A. Arkaekum
B. Paleozoiku
C. Mesozoiku
D. Neozoikum
E. Kuarter

28. Berdasarkan penelitian secara geologis bahwa di bumi ini mulai ada kehidupan pada zaman....
A. Arkaekum
B. Paleozoikum
C. Mesozoikum
D. Neozoikum
E. Neolitikum

29. Manusia mulai ada pada zaman....
A. Neolitikum
B. Arkaekum
C. Kambrium
D. Kuarter
E. Mesozoikum

30. Zaman es  atau zaman glacial terjadi antara 3 juta sampai 10 ribu tahun  yang lalu atau terjadi pada zaman /kala….
A. Plestosen
B. Tersier
C. Holosen
D. Kuarter
E. Aluvium

31. Paparan sahul ( sahul shelf) adalah istilah untuk menunjuk pada terhubungnya ….
A. Pulau Papua dengan Maluku
B. Indonesia dengan daratan Asia Tenggara
C. Indonesia dengan India
D. Papua dengan Australia
E. Kepulauan Indonesia dengan Ausrtralia

32. Secara geologis, wilayah Indonesia bagian barat pernah menjadi satu dengan Asia, yaitu terjadi pada zaman...
A. Glasial
B. Interglasial
C. Paleozoikum
D. Arkaekum
E. Kambrium

33. Munculnya manusia diperkirakan pada zaman….
A. Holosin
B. Mesozoikum
C. Plestosen
D. Arkaikum
E. Paleozoikum

34. Fosil tertua yang ditemukan di Indonesia adalah fosil..
A. Picthecanthropus erektus.
B. Homo Soloensis.
C. Homo Wajakensis.
D. Megantropus Paleojavanikus
E. Homo Mojokertensis
35. Ciri-ciri yang dimiliki oleh manusia praaksara Pithecanthropus adalah….
A. Tulang rahangnya kuat
B. Dapat berdiri seperti cara kera berdiri
C. Mampu menganggkat beban yang berat
D. Mirip manusia modern
E. Mampu berjalan tegak

36. Jenis Homo sapiens yang memiliki ciri-ciri seperti berbadan kerdil (hobbit), bermata pencaharian berburu, dan fosilnya banyak ditemukan di Gua Liang Bua, adalah Homo ….
A. Solensis
B. Heidelbergensis
C. Mojokertensis
D. Floresiensis
E. Wajakensis

37. Teori yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Indonesia sendiri dikemukakan oleh....
A. Mohammad Yamin
B. Mohammad Ali
C. Max Muller
D. von Heine Geldren
E. Kern

38. Suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa Proto Melayu adalah....
A. Dayak, Melayu, dan Batak
B. Dayak, Batak, dan Toraja
C. Melayu, Jawa, dan Minangkabau
D. Batak, Jawa, dan Toraja
E. Jawa, Toraja, dan Minangkabau

39. Kebudayaan yang dihasilkan oleh bangsa Proto Melayu adalah...
A. kapak corong dan flakes
B. kapak pendek dan kapak bahu
C. kapak perimbas dan kapak corong
D. kapak persegi dan kapak lonjong
E. pebble dan hache courte

40. Secara arkeologis, bangsa Deutero Melayu memasuki wilayah Indonesia sejak tahun...
A. 50 SM
B. 100 SM
C. 500 SM
D. 1000 SM
E. 1500 SM

Comments

Popular posts from this blog

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPG DalJab Tahun 2022)

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah: (1) Eksplorasi alternatif solusi (2) Penentuan solusi (3) Pembuatan rencana aksi (4) Pembuatan rencana evaluasi. Kegiatan eksplorasi alternatif solusi dilakukan dengan cara mengeksplorasi sejumlah alternatif solusi untuk penyebab masalah yang sudah ditentukan, melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan, dan melakukan analisis pros dan cons (kekuatan dan kelemahan) masing-masing alternatif solusi.Kegiatan penentuan solusi dilakukan dengan cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi. Pada analisis penentuan solusi tersebut mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan a