Skip to main content

SOAL MASUKNYA AGAMA HINDU BUDHA KE IDONESIA

 

1.   Teori yang menempatkan bangsa India sebagai pemegang peranan aktif dalam proses masuknya pengaruh agama Hindu-Budha di Indonesia, yaitu teori….

A.    Brahmana

B.     Kolonisasi

C.     Waisya

D.    Arus balik

E.     Ksatria

 

2.      Dalam penyebaran agama Budha yang ada di Indonesia di lakukan oleh....

A.    Dharmaduta  

B.     Brahmana

C.     Pendeta

D.    Rahib

E.     Pedanda

 

3.      Menurut N.J Krom, agama Hindu-Budha masuk ke Indonesia melalui kaum pedagang India yang berinteraksi dengan penduduk lokal. Salah satu bukti yang memperkuat teori tersebut adalah...

a.       Keberadaan tempat belajar agama Hindu yang disebut sangga

b.       Kemampuan kaum pedagang India dalam menerjemahkan isi kitab Weda

c.       Kemampuan masyarakat Indonesia mengadopsi teknologi bangunan candi

d.       Keberadaan kerajaan Hindu-Budha di berbagai daerah pesisir kepulauan Indonesia

e.       Keberadaan kampung Keling di beberapa daerah di Indonesia

 

4.      Prasasti Tanjore menceritakan penaklukan kerajaan Sriwijaya oleh kerajaan Cola. Keberadaan prasasti tersebut menjadi salah satu kelemahan teori Kesatria karena....

a.       Kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Cola bekerjasama menyebarkan ajaran agama Budha

b.       Prasasti Tanjore menceritakan penaklukan tersebut terjadi pada abad XI Masehi

c.       Kerajaan Sriwijaya memiliki kekuatan maritim terbesar di wilayah Asia Tenggara

d.       Prasasti Tanjore ditemukan di wilayah bekas kerajaan Sriwijaya

e.       Prasasti Tanjore ditulis oleh pujangga kerajaan Sriwijaya

 

5.       Proses kedatangan Hindu-Budha di Indonesia dijabarkan melalui berbagai teori. Perkembangan berbagai teori mengenai masuknya pengaruh Hindu-Budha di Indonesia terjadi karena....

a.       Agama Hindu-Budha masuk dan berkembang di Indonesia melalui jalur berbeda

b.       Penelitian mengenai proses masuknya pengaruh Hindu-Budha di Indonesia dilandasi tujuan tertentu

c.       Tidak ditemukan bukti tertulis mengenai masuknya pengaruh agama Hindu-Budha di Indonesia

d.       Kedatangan agama Hindu-Budha menandai berakhirnya masa praaksara di Indonesia

e.       Setiap ahli memiliki bukti-bukti akurat dalam melandasi teori yang dicetuskannya

 

6.      Peneliti mengungkapkan teori yang berbeda-beda tentang kedatangan agama dan kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia. Teori tersebut di antaranya yaitu teori Waisya, teori Ksatria, teori Brahmana, dan teori gabungan atau Arus Balik.

Berdasarkan pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa….

  1. Peneliti tidak mampu mencari jawaban yang benar tentang kedatangan agama Hindu dan Budha ke Indonesia
  2. Teori yang dikemukakan hanya berdasarkan kepentingan.
  3. Bukti-bukti yang ada masih terbatas sehingga menyulitkan peneliti.
  4. Penelitian sampai sekarang masih terus dilakukan.
  5. Masuknya pengaruh Hindu-Budha dapat ditelusuri dari berbagai kemungkinan.

 

7.    Masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia menurut teori Waisya dibawa oleh pedagang. Teori tersebut dikemukakan oleh ….

A.   N.J.Krom

B.   F.D.K Bosch

C.   J.C van Leur

D.   G. Coedes

E.   W.F Suttherheim

 

8.   Berkembangnya pengaruh dan kebudayaan Hindu-Budha di Indoonesia dilakukan oleh bangsa Indonesia sendiri. Pendapat ini dikemukakan oleh teori ….

A.    Ksatria 

B.     Waisya  

C.     Arus  balik

D.    Brahmana 

E.     Sudra

 

9.      Budha sebenarnya merupakan sebutan bagi seorang yang telah memperoleh pencerahan. Hal itu sesuai dengan asal kata Budha itu sendiri : dari bahasa India berarti yang mencapai pencerahan sejati. Awalnya agama Budha bukanlah agama, melainkan ajaran dari seorang yang telah memperoleh pencerahan bernama …

A.    Suddhodana

B.     Maha Maya Dewi

C.     Chakrawartin

D.    Maharaja

E.     Siddartha Gautama


7.   Hipotesis Ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat Indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah-daerah Indonesia oleh para Ksatria India. Pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh…

A.    C.C Berg

B.     N.J Korm

C.     J.L Moens

D.    Van Leur

E.     Majundar

8.    Hipotesis Ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat Indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah-daerah Indonesia oleh para Ksatria India. Pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh…

a.    C.C Berg

b.    N.J Korm

c.     J.L Moens

d.    Van Leur

e.    Majunda

 

9.       Perekonomian pada masa kerajaan Hindu-Budha didominasi oleh kegiatan perdagangan yang terdiri atas perdagangan maritim dan agraris. Kerajaan dalam kegiatan perdagangan maritim memiliki ciri antara lain....

a.    Wilayah kerajaan yang berada di daerah pesisir

b.    Wilayah kerajaan berada di daerah pedalaman

c.     Komoditas perdagangan unggulan berupa logam mulia

d.    Komoditas perdagangan keunggulan berupa rempah-rempah

e.    Kegiatan perdagangan bergantung pada keberadaan sungai besar

 

10.  Kekuatan hipotesis Brahmana dalam proses masuknya agama Hindu Budha ke Indonesia terlihat dari....

A.      Banyaknya prasasti yang menggunakan huruf Pallawa

B.      Berkembangnya sistem kerajaan di Indonesia

C.      Banyaknya bangunan candi yang memiliki seni arsitektur tinggi

D.      Berkembangnya bahasa Sanskerta

E.       Berkembangnya upacara-upacara keagamaan

 

11.  Teori arus balik yang dikemukakan oleh F.D.K Bosch mengemukakan bahwa proses masuknya pengaruh budaya India ke Indonesia terjadi karena peran aktif yang dilakukan oleh….

A.    Golongan Ksatria

B.     Golongan Brahmana

C.     Golongan Waisya

D.    Golongan Sudra

E.     Bangsa Indonesia

 

12.  Dalam agama dan kebudayaan Hindu mengenal adanya pembagian masyarakatnya atau yang dikenal dengan sebutan kasta. Kasta dalam masyarakat Hindu ada empat. Orang-orang yang dianggap berada di luar kasta dalam agama dan kebudayaan Hindu disebut dengan golongan …

A.    Brahmana 

B.     Ksatria 

C.     Paria  

D.    Waisya 

E.     Sudra

 

13.  Salah satu bentuk akulturasi antara budaya Indonesia dengan budaya India pada bentuk bangunan candi terlihat dari….

A.    Relief  yang dilukiskan pada candi

B.     Arca  atau patung yang terdapat di candi

C.     Bentuk  stupa

D.    Bentuk  candi yang berupa punden berundak

E.     Hiasan  yang terdapat pada candi

 

14.  Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini.

(1) Letak Indonesia strategis, yaitu berada di jalur pelayaran yang menghubungkan negara-negara Barat dan Timur

(2) Pola dari angin musim yang berubah setiap enam bulan sekali, yang memudahkan kapal-kapal dagang asing singgah di Indonesia dalam aktu yang cukup lama.

(3) Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia mendukung penyebaran HinduBudha

(4) Agama dan kepercayaan Hindu-Budha tidak mengenal kasta.

(5) Kaum Brahmana aktif menyebarkan ajarannya ke seluruh dunia.

Dari lima pernyataan di atas, ada dua faktor geografis yang memudahkan masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia adalah ....

A.    (1) dan (2)

B.     (2) dan (3)

C.     (4) dan (5)

D.    (3) dan (4)

E.     (1) dan (3)

 

15. Masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Budha ke Nusantara membawa pengaruh terhadap kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang. Pengaruh Hindu-Budha dalam bidang aksara adalah pengenalan ....

A.    Budaya tulis

B.     Bahasa Jawa Kuno

C.     Bangunan candi

D.    Arsitektur India

E.     Tugu peringatan dalam bentuk prasasti

 

16. Kedatangan agama dan kebudayaan Hindu-Budha juga berpengaruh terhadap kehidupan di Nusantara secara politik, termasuk dalam hal sistem pemerintahan. Salah satu pengaruhnya dalam hal sistem pemerintahan adalah ….

  1. Diperkenalkannya sistem kerajaan
  2. Adanya keyakinan bahwa raja adalah dewa yang hidup di muka bumi
  3. Adanya keyakinan bahwa raja adalah titisan dewa
  4. Adanya pen-dharma-an terhadap raja yang tellah meninggal
  5. Didirikannya candi-candi untuk memuliakan raja

 

17. Datangnya India ke Indonesia berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia, kecuali..

A.    Menganut agama Hindu Budha

B.     Adanya kerajaan

C.     Pemerintahan demokrasi

D.    Stratifikasi sosial

E.     Sistem kasta

 

18.   Pada saat Dharmawangsa mengadakan resepsi pernikahan anaknya dengan Airlangga putra raja Bali, tiba-tiba diserang oleh kerajaan bawahan, Wurawari yang bekerja sama dengan Sriwijaya. Pertiwa berdarah tersebut dikenal dengan peristiwa....

A.     Paregreg

B.      Bubat

C.      Ganter

D.     Pralaya

E.      Pamalayu


19.   Mpu Bharada membagi Kerajaan Medang Kamulan menjadi dua yaitu Kediri dan Jenggala atas perintah Raja Airlangga. Alasan pembagian kerajaan ini adalah ….

A.     Memisahkan antara pemeluk agama Hindu dengan Budha agar tidak saling berseteru

B.      Menghindari terjadinya perang saudara diantara sesama putera putera Airlangga

C.      Penolakan puteri mahkota Sri Sanggramawijaya atas tahta kerajaan Kediri

D.     Meningkatkan kemakmuran dan perdagangan rakyat di dua kerajaan

E.      Meningkatkan pertahanan militer Kediri untuk menghadapi serangan balik dari Sriwijaya

 

20.  Terbentuknya jaringan perdagangan nusantara karena pengaruh hubungan perdagangan antara ..

  1. Eropha dengan Asia
  2. China denga India
  3. Indonesia denga China
  4. Indonesia dengan India
  5. Asia barat dengan Asia timur

21.  Daerah yang sangat penting sebagai pintu gerbang yang  menghubungkan antara pedagang dari India dan Cina adalah ..

A.    Selat Sunda

B.     Laut Jawa

C.     Selat Malaka

D.    Selat Karimata

E.     Laut selatan Sumatra

 

22.  Candi Borobudur merupakan akulturasi budaya Indonesia dengan Hindu Budha, unsur budaya Indonesia adalah….

A.    Menhir

B.     Sarkopagus

C.     Dolmen

D.    Yoni

E.     Punden berundak

 

23.  Peradaban Hindu dengan mudah diterima oleh masyarakat Indonesia, karena....

A.  Adanya hubungan ras antara Indonesia denga India

B.  Adanya usaha-usaha bangsa Indonesia untuk mengembangkan tingkat peradabannya

C.  Adanya persamaan antara peradaban Hindu dengan peradaban asli Indonesia

D.  Dasar-dasar peradaban Hindu sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia

E.   Adanya jalinan perdagangan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya

 

24.   Faktor berikut ini yang bukan penyebab kemunduran kerajaan Majapahit adalah ….

A.    Tidak ada tokoh yang cakap memerintah sepeninggal Hayam Wuruk dan Gajah Mada

B.    Terjadi perang saudara antara Bhre Wirabumi dengan Kusumawardani ( Perang Paregreg )

C.   Mahapatih Gajah Mada gagal mewujudkan Sumpah Palapa

D.   Banyak daerah jajahan yang melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit

E.    perkembangan kerajaan perdagangan baru yaitu Kerajaan Islam Malaka


25.   Kerajaan Singasari memiliki pelabuhan di Pasuruan. Fungsi ekonomis pelabuhan tersebut bagi kerajaan Singasari antara lain menjadi....

A.    Lokasi pertemuan raja-raja dan para bangsawan

B.    Benteng pertahanan dari serangan kerajaan lain

C.   Tempat penyimpanan komoditi ekspor

D.   Tempat penyerahan upeti rakyat kepada kerajaan

E.    Sarana interaksi dengan pedagang-pedagang asing

 

26.   Salah satu mata pencaharian masyarakat Kutai adalah beternak. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan....

A.  Penemuan arca lembu di sekitar lokasi penemuan prasasti yupa

B.  Penggunaan sapi dan kerbau sebagai alat transportasi raja Mulawarman

C.  Pemberian hadiah 20.000 ekor lembu dari para brahmana untuk rakyat Kutai

D.  Persembahan 20.000 ekor lembu dari raja Mulawarman untuk para Brahmana

E.  Penemuan fosil-fosil embuh yang diperkirakan hidup pada masa kerajaan Kutai

 

27.   Salah satu mata pencaharian masyarakat Kutai adalah beternak. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan....

A.    Penemuan arca lembu di sekitar lokasi penemuan prasasti yupa

B.    Penggunaan sapi dan kerbau sebagai alat transportasi raja Mulawarman

C.   Pemberian hadiah 20.000 ekor lembu dari para brahmana untuk rakyat Kutai

D.   Persembahan 20.000 ekor lembu dari raja Mulawarman untuk para Brahmana

E.    Penemuan fosil-fosil embuh yang diperkirakan hidup pada masa kerajaan Kutai

 

28.  Masuknya kebudayaan India menjadikan bangsa Indonesia mulai mengenal tulisan dengan huruf....

A. Jawa
B. Pallawa
C. Arab
D. Sanskerta
E.  Piktograf

 

29.  Sejak permulaan abad 1 M , telah terjalin hubungan antara Indonesia dengan India, hal itu disebabkan ....

A.    Terjadinya perubahan jalur lalu lintas perdagangan antara India dengan Cina dari semula menggunakan jalur Darat menjadi menggunakan jalur laut

B.     Letak Indonesia di tengah jalur lalu lintas perdagangan India dengan Cina

C.     Kerajaan kerajaan besar India memperuas wilayah kekuasaannya sampai ke Indonesia

D.    Indonesia adalah wilayah tujuan dagang pedagang pedagan India

E.     Adanya kesamaan minat di bidang perdagangan

 

30. Sumber sejarah yang dapat memberi petunjuk bahwa kebudayaan Hindu – Budha besar kemungkinan telah masuk ke Indonesia sekitar abad ke 1 – 2 Masehi adalah....

A.    Arca Budha di Sempaga dan Bukit Siguntang

B.     Perkembangan kerajaan Samudera Pasai

C.     Perkembangan kerajaan Kutai

D.    Catatan Marcopolo

E.     Prasasti kutai

 

31.  Bukti sejarah bahwa Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-13 Masehi adalah...

A.     Batu nisan Sultan Malikul al-Saleh Dari Samudra Pasai

B.      Catatan Hsin-tangshu dari Dinasti Tang di Cina

C.      Tradisi Tabot di Pariaman Sumatera Barat d

D.     Masjid Menara Kudus di Jawa Tengah

E.      Adanya perkampungan Leren/Leran di Gresik


32.   Teori Mekah menyatakan bahwa agama Islam dibawa langsung oleh pedagang Arab yang didukung oleh Buya Hamka dan J.C Van Leur. Berikut merupakan bukti yang mendukung teori Mekah dan Mesir, kecuali...

A.     Upacara tabot di Bengkulu atau Tabuik di Pariaman hubungannya dengan proses masuknya Islam ke Indonesia

B.      Bukti arkeologis di Barus, sebuah makam kuno di kompleks pemakaman Mahligai, Barus. Pada salah satu batu nisannya tertulis nama Syekh Rukunuddin yang wafat pada tahun 672 M

C.      Adanya penggunaan gelar Al Malik pada raja-raja Samudera Pasai yang hanya lazim ditemui pada budaya Islam di Mesir.

D.     Adanya perkampungan Islam di Pantai Barus, Sumatra Barat

E.      Munculnya kerajaan Islam pertama, yaitu Kerajaan Samudra Pasai


33.   Seorang pedagang Venesia yang pemah singgah di Perlak, Aceh tahun 1292, menceritakan bahwa dia bertemu dengan orang-orang yang telah menganut agama Islam di wilayah tersebut. ceritanya tersebut mendukung teori Gujarat. siapakah pedagang tersebut ….

A.    Galileo

B.    Marcopolo

C.   Snouck Hurgronje

D.   Fatimi

E.    Krom


34.   Dalam bidang pemerintah ciri-ciri kerajaan yang bukan bercorak Islam antara lain, …

A.    Raja bergelar sunan atau sultan yang berperan sebagai kepala pemerintah dan pemimpin agama

B.    Memilih pemimpin berdasarkan kekuatan

C.    Menggunakan system dinasti yaitu secara turun temurun

D.    Kerajaan berfungsi sebagai pusat perhatian,ekonomi dan pengembangan agama

E.    Menggunakan ajaran islam berupa al-quran dan hadist sebagai dasar pemerintah

 

35.   Berikut ini merupakan factor bukan penyebab Islam cepat berkembang di Indonesia , .…

A.    Ajarannya sederhana, mudah di mengerti dan diterima

B.    Syarat untuk masuk islam sangat mudah, yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat

C.    Agama islam tidak mengenal kasta, sehingga semua orang boleh masuk islam

D.    Upacara-upacara keagamaan bersifat sederhana

E.    Dengan meminum air putih yang telah di doakan

 

36.  Bangsa Indonesia tidak menerima begitu saja pengaruh budaya India. Hal itu tampak dari bukti bukti berikut ini,  ….

A.    Tergambarnya suasana alam Indonesia dalam relief candi Borobudur

B.     Masuknya cerita local dalam lakon pewayangan

C.     Adanya stupa sebagai ciri candi Budha

D.    Sistem aturan kasta tidak berkembang dalam kehidupan masyarakat Hindu Indonesia

E.     Digunakannya pola punden berundak undak dalam bangunan candi

 

37.  Salah satu factor yang menyebabkan kebudayaan Hindu-Budha yang masuk ke Indonesia tidak diterima begitu saja oleh masyarakat Indonesia adalah adanya Local Genius, yaitu Kecakapan suatu bangsa untuk….

A.    Mengambil alih kebudayaan asing sehingga menjadi bagian dari kebudayaan sendiri.

B.     Memilih kebudayaan asing yang sesuai dengan kepribadian bangsa

C.     Mengembangkan kebudayaan asing sehingga menjadi berbeda bentuknya

D.    Menyerap pengaruh asing dan memanfaatkannya demi mencapai kemajuan

E.     Menerima unsur unsur budaya asing dan mengolahnya sesuai dengan kepribadian

 

38.  Terjadinya akulturasi antara kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan India adalah karena kebudayaan India yang masuk ke Indonesia tidak diterima begitu saja oleh bangsa Indonesia, hal ini disebabkan.....

A.    Masyarakat Indonesia telah memiliki dasar dasar kebudayaan yang cukup tinggi sebelum masuknya budaya India

B.     Masyarakat Indonesia memilki kepercayaan diri yang besar untuk tidak menerima begitu saja budaya India yang masuk

C.     Perkembangan budaya di Indonesia sudah lebih dulu dibanding perkembangan budaya di India

D.    Masyarakat Indonesia tidak berminat untuk meniru budaya dari India

E.     Budaya yang masuk dari India terlalu sulit untuk ditiru oleh bangsa Indonesia.

 

39.  Perhatikan nama-nama kerajaan di bawah ini!

(1)   Kutai

(2)   Pajajaran (Sunda)

(3)   Melayu

(4)   Mataram Kuno

(5)   Kalingga

(6)   Sriwijaya(7)   Majapahit

Dari daftar kerajaan di atas, yang termasuk dalam kategori kerajaan bercorak Budha ditunjukkan  nomor  ….

  1. (1), (2), dan (3)
  2. (1), (2), dan (4)
  3. (2), (3), dan (4)
  4. (3), (5), dan (6)
  5. (3), (5), dan (7)

40.  Dari soal nomor 8, daftar kerajaan yang bercorak Hindu ditunjukkan nomor ….

  1. (1), (3), dan (5)
  2. (1), (2), dan (4)
  3. (2), (3), dan (4)
  4. (3), (4), dan (5)
  5. (5), (6), dan (7)

Comments

Popular posts from this blog

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPG DalJab Tahun 2022)

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah: (1) Eksplorasi alternatif solusi (2) Penentuan solusi (3) Pembuatan rencana aksi (4) Pembuatan rencana evaluasi. Kegiatan eksplorasi alternatif solusi dilakukan dengan cara mengeksplorasi sejumlah alternatif solusi untuk penyebab masalah yang sudah ditentukan, melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan, dan melakukan analisis pros dan cons (kekuatan dan kelemahan) masing-masing alternatif solusi.Kegiatan penentuan solusi dilakukan dengan cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi. Pada analisis penentuan solusi tersebut mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan a