1. Berikut ini adalah kompetensi sosial emosional menurut CASEL, kecuali:
A. kesadaran diri
B. manajemen proses pembelajaran
C. manajemen diri
D. pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
E. kesadaran social
Jawaban: B
A. kesadaran diri
B. manajemen proses pembelajaran
C. manajemen diri
D. pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
E. kesadaran social
Jawaban: B
2. Apabila seorang guru telah mampu menjalin dan mempertahankan hubungan/relasi yang sehat dan efektif dengan individu dari latar belakang yang berbeda, seperti dengan peserta didik, orang tua, masyarakat, dan lainnya, artinya guru tersebut telah memiliki kompetensi sosial emosional, yaitu kompetensi...
A. Relationship Skills
B. Self-Management
C. Social Awareness
D. Responsible Decision Making
E. Self Awareness
Jawaban: A
3. Dalam konteks pembelajaran sosial emosional, mengapa penting untuk memahami perspektif perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu?
A. Agar peserta didik dapat lebih fokus pada keunggulan akademik.
B. Untuk mengevaluasi kinerja administratif sekolah.
C. Agar dapat merumuskan standar yang sesuai dengan usia dan tugas perkembangan peserta didik.
D. Untuk menunjukkan empati terhadap kondisi individu dengan latar belakang yang berbeda.
E. Agar peserta didik dapat membuat keputusan yang bertanggung jawab.
Jawaban: C
4. Ada beberapa teknik untuk melatih keterampilan sosial emosional (KSE), diantaranya teknik STOP. Teknik ini diterapkan untuk melatih keterampilan sosial emosional berikut ini...
A. kesadaran sosial
B. kesadaran diri
C. manajemen diri
D. keterampilan sosial
E. pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
Jawaban: C
5. Bagaimana penerapan teknik "Empati Walk" secara efektif dapat berkontribusi pada pengembangan kompetensi sosial emosional peserta didik dengan menggabungkan elemen kegiatan lapangan dan refleksi?
A. Memahami variasi budaya di lingkungan sekitar dan meresapi pengalaman tersebut
B. Menilai dampak positif pada kesejahteraan mental peserta didik
C. Mendorong peserta didik membuat keputusan yang bertanggung jawab
D. Agar peserta didik dapat lebih fokus pada keunggulan akademik
E. Menyortir pilihan-pilihan yang diberikan dan menggambarkan pengalaman pribadi.
Jawaban: A
6. Seorang guru berkomitmen untuk menciptakan atmosfer yang mendukung keberagaman dan melibatkan setiap peserta didik dalam pembelajaran. Dari pilihan di bawah ini, pilihlah pernyataan yang paling efektif.
A. Memberikan salam umum kepada seluruh kelas.
B. Mengidentifikasi keberagaman hanya dalam pengumuman kelas.
C. Memulai dengan cerita inspiratif yang terkait dengan keberagaman dan memberikan ruang untuk berbagi pengalaman peserta didik.
D. Menyebutkan sejumlah fakta keberagaman di dunia.
E. Menghindari topik keberagaman untuk menghindari ketidaknyamanan.
Jawaban: C
7.Suatu sekolah memutuskan untuk menerapkan strategi pengambilan keputusan yang dikenal dengan singkatan POOCH (Problem, Options, Outcomes, Choice, How). Strategi ini diintegrasikan dalam pembelajaran sosial emosional untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam membuat keputusan yang bertanggung jawab. Berikut adalah pernyataan yang benar terkait pengembangan kemampuan tersebut adalah... A. Penggunaan strategi POOCH tidak relevan dengan pembelajaran sosial emosional.
B. Pengambilan keputusan yang beralasan hanya melibatkan analisis fakta tanpa mempertimbangkan dampak sosial.
C. Keterampilan berpikir kritis tidak berkontribusi pada pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.
D. Penggunaan strategi POOCH membantu peserta didik membuat keputusan beralasan setelah menganalisis informasi.
E. Memahami konsekuensi tindakan tidak diperlukan dalam pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.
Jawaban: D
C. Keterampilan berpikir kritis tidak berkontribusi pada pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.
D. Penggunaan strategi POOCH membantu peserta didik membuat keputusan beralasan setelah menganalisis informasi.
E. Memahami konsekuensi tindakan tidak diperlukan dalam pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.
Jawaban: D
8. Di sekolah, Adam seringkali merasa stres karena tekanan tugas-tugas akademis yang menumpuk. Salah seorang guru memberikan saran kepada Adam untuk mencoba teknik "Menghitung sampai 10" ketika merasa tertekan. Adam mencoba teknik tersebut dan menyadari bahwa itu membantunya untuk lebih tenang dan fokus. Berdasarkan contoh ini, manajemen diri dan motivasi apa yang sedang Adam kembangkan?
A. merancang tujuan belajar secara konsisten
B. mempertimbangkan pandangan orang lain melalui Think-Pair-Share
C. melibatkan diri dalam permainan kelompok
D. mengidentifikasi kekuatan dan budaya diri melalui aktivitas refleksi
E. mengelola emosi diri melalui teknik menghitung sampai 10
Jawaban: E
9. Seorang guru harus mampu merancang pembelajaran dengan menggunakan kerangka 3 signature practices yaitu pembukaan yang hangat dan inklusif, kegiatan yang menantang serta melibatkan peserta didik, dan penutupan yang optimis, dengan alasan ....
A. pembukaan yang hangat perlu untuk membangun keterhubungan komunitas dan terkoneksi dengan pembelajaran yang akan dilakukan
B. pembukaan yang hangat perlu untuk membangun keterhubungan komunitas dan terkoneksi dengan pembelajaran yang telah dilakukan
C. kegiatan pembelajaran yang menantang dan melibatkan perlu untuk membangun keseimbangan antara pengalaman interaktif dan reflektif, untuk memenuhi kebutuhan guru
D. penutupan yang optimistik perlu untuk menyoroti pemahaman guru dan tentang pentingnya apa yang telah dipelajari, sehingga dapat memberikan rasa pencapaian dan mendukung pemikiran ke depan
E. a, b, dan c benar, karena kerangka 3 signature practices merupakan strategi yang perlu diterapkan untuk pembelajaran orang dewasa
Jawaban: A
10. Guru ingin mengakhiri sesi pembelajaran dengan Penutupan yang Optimis sesuai dengan kerangka 3 signature practices. Sebelum penutupan, guru merencanakan sebuah refleksi bersama tentang pembelajaran hari itu. Namun, beberapa peserta didik terlihat masih belum sepenuhnya memahami konsep yang diajarkan. Sebaliknya, beberapa peserta didik lainnya tampak antusias dan siap untuk belajar lebih lanjut. Bagaimana guru dapat mengelola situasi ini dengan menciptakan penutupan yang tetap optimis sambil memastikan bahwa setiap peserta didik merasa diakui dan didukung?
A. Memberikan apresiasi umum untuk partisipasi seluruh kelas dan mengabaikan perbedaan pemahaman individu.
B. Mengajukan pertanyaan terbuka kepada seluruh kelas untuk memotivasi peserta didik yang masih membutuhkan pemahaman tambahan.
C. Mengajak peserta didik yang telah memahami konsep untuk berbagi pemahaman mereka, sementara memberikan waktu tambahan untuk peserta didik yang masih kesulitan.
D. Mengalihkan perhatian dari pemahaman individu ke rencana pembelajaran mendatang agar suasana tetap positif.
E. Menyimpan refleksi bersama untuk sesi pembelajaran berikutnya ketika semua peserta didik diharapkan dapat memahami konsep secara menyeluruh.
Jawaban: B
Komentar
Posting Komentar