1. Pembelajaran dengan pendekatan CRT dirancang dengan mengacu pada....
B. latar belakang keluarga peserta didik
C. latar belakang pertemanan belajar peserta didik
D. latar belakang budaya peserta didik
E. latar belakang sekolah peserta didik
Jawaban: latar belakang budaya peserta didik
2. Pembelajaran dengan pendekatan CRT mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih baik, kecuali....
B. karakter
C. pengalaman
D. perspektif
E. prestasi
Jawaban: prestasi
3. Komponen pembelajaran yang dapat melewatkan pertimbangan latar belakang budaya peserta didik adalah...
B. materi ajar
C. kegiatan pembelajaran
D. sumber pembelajaran
E. media pembelajaran
Jawaban: tujuan pembelajaran
4. Guru perlu memiliki kesadaran multikultural yang kritis untuk....
B. menguji kepercayaan secara objektif
C. memberikan kepekaan yang lebih besar terhadap sejarah
D. mengembangkan keterampilan interpersonal yang baik
E. semua benar
Jawaban: semua benar
5. Manfaat dari pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah, kecuali....
B. Meningkatkan keterlibatan peserta didik
C. Meningkatkan keterampilan sosial dan emosional peserta didik
D. Meningkatkan kepuasan peserta didik dan guru
E. Meningkatkan kehadiran peserta didik di sekolah
Jawaban: Meningkatkan kehadiran peserta didik di sekolah
6. Salah satu tahapan pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah identitas pendidik. Pada tahapan ini diharapkan....
B. peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan mengaitkannya dengan budayanya sendiri
C. peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan merefleksikan hal tersebut dengan karakter dirinya
D. peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
E. peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan budaya negaranya
Jawaban: peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
7. Pada suatu pertemuan, peserta didik Pak Widi sangat antusias ketika membandingkan hasil diskusi terkait budaya dengan topik yang sedang mereka pelajari. Namun, Pak Widi pun menyadari bahwa beliau perlu mengambil peranan dalam diskusi tersebut agar pembelajaran tetap pada jalurnya. Dalam hal ini Pak Widi dapat berperan sebagai....
B. fasilitator
C. pendamping
D. instruktur
E. pengambil kesimpulan
Jawaban: fasilitator
8. Pak Rafi sedang melakukan pembelajaran dengan pendekatan CRT di kelasnya. Peserta didiknya kebingungan mencari benang merah antara materi yang sedang dipelajarinya dengan budayanya. Hal yang dapat dilakukan Pak Rafi adalah....
B. Meminta para peserta didik untuk berusaha memecahkan permasalahan tersebut sebisanya
C. Meminta para peserta didik untuk mencari jawaban pada buku teks
D. Meminta para peserta didik untuk mencari jawaban pada warga sekolah melalui wawancara
E. Meminta para peserta didik untuk berdiskusi dan bila masalah belum terpecahkan langsung diberikan solusinya
Jawaban: Meminta para peserta didik untuk saling berkolaborasi dan mencari informasi dari berbagai sumber
9. Daffa adalah seorang peserta didik asal Kalimantan. Dia mengikuti orang tuanya pindah rumah ke Bandung. Teman-teman di sekolahnya mayoritas bersuku Sunda. Daffa merasakan kesulitan untuk beradaptasi karena perbedaan budaya. Berikut ini hal yang dapat diprioritaskan guru untuk membantu Daffa, kecuali....
B. memberikan sikap yang ramah untuk membuat ia merasa nyaman
C. memberikan sambutan yang baik dari sesama peserta didik maupun guru
D. memberikan motivasi agar ia tidak merasa rendah diri dihadapan teman-temannya
E. memberikan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia dapat meningkatkan kemampuan akademiknya
Jawaban: memberikan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia dapat meningkatkan kemampuan akademiknya
10. Ibu Asri adalah guru Bahasa Inggris. Hari ini Ibu Asri ingin peserta didiknya bercerita tentang makanan tradisional dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan yang dapat dilakukan Oleh Bu Asri, kecuali....
B. Menghadirkan berbagai macam makanan tradisional kemudian meminta peserta didik memilih salah satunya untuk dijadikan sebagai bahan cerita
C. Mengajak peseta didik membuat makanan tradisional sebagai bahan untuk membuat cerita
D. Meminta peserta didik mencari informasi tentang makanan tradisional dari berbagai sumber dalam membuat cerita
E. Menayangkan video yang menceritakan jenis-jenis makanan tradisional sebagai referensi peserta didik dalam membuat cerita
Jawaban: Mengajak peseta didik membuat makanan tradisional sebagai bahan untuk membuat cerita
Komentar
Posting Komentar