Langsung ke konten utama

Jawaban Latihan Pemahaman PPG Daljab 2024 Piloting 3 Modul 1 Topik 4

1. Pembelajaran dengan pendekatan CRT dirancang dengan mengacu pada.... 

A. latar belakang pendidikan peserta didik 
B. latar belakang keluarga peserta didik 
C. latar belakang pertemanan belajar peserta didik 
D. latar belakang budaya peserta didik 
E. latar belakang sekolah peserta didik 
Jawaban: latar belakang budaya peserta didik 


2. Pembelajaran dengan pendekatan CRT mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih baik, kecuali.... 

A. kebiasaan 
B. karakter 
C. pengalaman 
D. perspektif 
E. prestasi 
Jawaban: prestasi


3. Komponen pembelajaran yang dapat melewatkan pertimbangan latar belakang budaya peserta didik adalah... 

A. tujuan pembelajaran 
B. materi ajar 
C. kegiatan pembelajaran 
D. sumber pembelajaran 
E. media pembelajaran 
Jawaban: tujuan pembelajaran 


4. Guru perlu memiliki kesadaran multikultural yang kritis untuk.... 

A. menguji nilai budaya secara objektif 
B. menguji kepercayaan secara objektif 
C. memberikan kepekaan yang lebih besar terhadap sejarah 
D. mengembangkan keterampilan interpersonal yang baik 
E. semua benar 
Jawaban: semua benar 


5. Manfaat dari pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah, kecuali.... 

A. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik 
B. Meningkatkan keterlibatan peserta didik 
C. Meningkatkan keterampilan sosial dan emosional peserta didik 
D. Meningkatkan kepuasan peserta didik dan guru 
E. Meningkatkan kehadiran peserta didik di sekolah 
Jawaban: Meningkatkan kehadiran peserta didik di sekolah 


6. Salah satu tahapan pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah identitas pendidik. Pada tahapan ini diharapkan.... 

A. peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan mengambil maknanya 
B. peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan mengaitkannya dengan budayanya sendiri 
C. peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan merefleksikan hal tersebut dengan karakter dirinya 
D. peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan 
E. peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan budaya negaranya 
Jawaban: peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan 


7. Pada suatu pertemuan, peserta didik Pak Widi sangat antusias ketika membandingkan hasil diskusi terkait budaya dengan topik yang sedang mereka pelajari. Namun, Pak Widi pun menyadari bahwa beliau perlu mengambil peranan dalam diskusi tersebut agar pembelajaran tetap pada jalurnya. Dalam hal ini Pak Widi dapat berperan sebagai.... 

A. motivator 
B. fasilitator 
C. pendamping 
D. instruktur 
E. pengambil kesimpulan 
Jawaban: fasilitator 


8. Pak Rafi sedang melakukan pembelajaran dengan pendekatan CRT di kelasnya. Peserta didiknya kebingungan mencari benang merah antara materi yang sedang dipelajarinya dengan budayanya. Hal yang dapat dilakukan Pak Rafi adalah.... 

A. Meminta para peserta didik untuk saling berkolaborasi dan mencari informasi dari berbagai sumber 
B. Meminta para peserta didik untuk berusaha memecahkan permasalahan tersebut sebisanya 
C. Meminta para peserta didik untuk mencari jawaban pada buku teks 
D. Meminta para peserta didik untuk mencari jawaban pada warga sekolah melalui wawancara 
E. Meminta para peserta didik untuk berdiskusi dan bila masalah belum terpecahkan langsung diberikan solusinya 
Jawaban: Meminta para peserta didik untuk saling berkolaborasi dan mencari informasi dari berbagai sumber 


9. Daffa adalah seorang peserta didik asal Kalimantan. Dia mengikuti orang tuanya pindah rumah ke Bandung. Teman-teman di sekolahnya mayoritas bersuku Sunda. Daffa merasakan kesulitan untuk beradaptasi karena perbedaan budaya. Berikut ini hal yang dapat diprioritaskan guru untuk membantu Daffa, kecuali....

A. menciptakan hubungan yang saling menghargai antara sesama peserta didik apapun kondisi latar belakang mereka 
B. memberikan sikap yang ramah untuk membuat ia merasa nyaman 
C. memberikan sambutan yang baik dari sesama peserta didik maupun guru 
D. memberikan motivasi agar ia tidak merasa rendah diri dihadapan teman-temannya 
E. memberikan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia dapat meningkatkan kemampuan akademiknya 
Jawaban: memberikan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia dapat meningkatkan kemampuan akademiknya 


10. Ibu Asri adalah guru Bahasa Inggris. Hari ini Ibu Asri ingin peserta didiknya bercerita tentang makanan tradisional dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan yang dapat dilakukan Oleh Bu Asri, kecuali.... 

A. Menghadirkan penjual makanan tradisional setempat sebagai salah satu inspirasi peserta didik dalam membuat cerita 
B. Menghadirkan berbagai macam makanan tradisional kemudian meminta peserta didik memilih salah satunya untuk dijadikan sebagai bahan cerita 
C. Mengajak peseta didik membuat makanan tradisional sebagai bahan untuk membuat cerita 
D. Meminta peserta didik mencari informasi tentang makanan tradisional dari berbagai sumber dalam membuat cerita 
E. Menayangkan video yang menceritakan jenis-jenis makanan tradisional sebagai referensi peserta didik dalam membuat cerita 
Jawaban: Mengajak peseta didik membuat makanan tradisional sebagai bahan untuk membuat cerita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

SOAL PAT SEJARAH INDONESIA KELAS X K 13

  1.     Kronologis sejarah merupakan urutan peristiwa sejarah yang telah terjadi. Kronologi dalam penulisan sejarah berguna untuk... A.    Menghindari subjektivitas dalam penulisan sejarah B.    Merekonstruksi peristiwa berdasarkan urutan waktu C.    Menyusun fakta-fakta menjadi sebuah kisah sejarah D.    Mempermudah sejarawan memaparkan interpretasi E.    Mengacak peristiwa berdasarkan tokoh 2.     Konsep diakronik dalam sejarah merupakan model yang dinamis karena... A.    Bertujuan mengkaji peristiwa dalam satu waktu B.    Menggunakan fakta-fakta dari berbagai sumber C.    Mengutamakan penggunaan sumber-sumber lisan D.    Memandang peristiwa dalam gerak sepanjang waktu E.    Melawan arus perkembangan dan perubahan zaman 3.     Konsep sinkronik lebih sering digunakan dalam ilmu-ilmu sosial karena... A.    Tidak mengutamakan dimensi waktu B.    Tidak digunakan untuk analisis sejarah C.    Berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial D.    Mengkaji pola dan struktu