Langsung ke konten utama

Jawaban Latihan Pemahaman PPG Daljab 2024 Piloting 3 Modul 1 Topik 3

 1. Makna yang paling menggambarkan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah....
A.Pembelajaran sesuai dengan tingkatan kelas peserta didik 
B. Pembelajaran sesuai dengan usia peserta didik 
C. Pembelajaran sesuai dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam 
D. Pembelajaran sesuai dengan latar belakang budaya peserta didik 
E. Pembelajaran sesuai dengan kepribadian peserta didik 
Jawaban: Pembelajaran sesuai dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam 
2. Tujuan dilakukannya asesmen awal pada pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah.... 
A. Mendapatkan data kepribadian peserta didik 
B. Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik 
C. Mendapatkan data keluarga peserta didik
D. Mendapatkan data minat dan bakat peserta didik 
E. Mendapatkan data prestasi peserta didik 
Jawaban: Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik 
3. Hal yang perlu dipertimbangkan oleh guru ketika merancang aktivitas pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah.... 
A. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan kurang 
B. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan sedang 
C. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan cepat 
D. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan peserta didik yang beragam 
E. Aktivitas dapat dirancang tanpa mempertimbangkan kemampuan peserta didik 
Jawaban: Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan peserta didik yang beragam 
4. Berikut ini merupakan hal yang perlu dilakukan guru pada persiapan rencana asesmen awal, kecuali.... 
A. Melakukan identifikasi karakteristik peserta didik 
B. Melakukan identifikasi latar belakang keluarga peserta didik 
C. Merencanakan bentuk asesmen yang diberikan 
D. Merencanakan jadwal, lokasi, dan waktu asesmen 
E. Merancang instrumen asesmen penilaian sesuai capaian pembelajaran 
Jawaban: Melakukan identifikasi latar belakang keluarga peserta didik 
5. Ketika merancang pembelajaran, guru dapat melakukan diferensiasi pada proses, konten, dan produk. Diferensiasi yang dipilih pada penerapan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah.... 
A. Diferensiasi proses saja, diferensiasi konten dan diferensiasi produk tidak mungkin digunakan
B. Diferensiasi konten saja, diferensiasi proses dan diferensiasi produk tidak mungkin digunakan 
C. Diferensiasi produk saja, diferensiasi proses dan diferensiasi konten tidak mungkin digunakan 
D. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan tapi tidak dapat digunakan semua dalam satu pembelajaran 
E. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan, akan tetapi pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan 
Jawaban: Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan, akan tetapi pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan 
6. Hasil asesmen kognitif awal dapat digunakan guru untuk hal-hal berikut ini, kecuali.... 
A. Menentukan tujuan pembelajaran 
B. Menentukan pengelompokkan peserta didik 
C. Menentukan aktivitas pembelajaran 
D. Menentukan media pembelajaran 
E. Menentukan sumber belajar 
Jawaban: Menentukan tujuan pembelajaran 
7. Pak Panji akan mengajarkan sebuah topik baru kepada peserta didiknya, namun ia belum mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai materi prasyaratnya. Hal yang perlu dilakukan oleh Pak Panji adalah.... 
A. Melakukan wawancara pada beberapa peserta didik terkait pengalaman belajar terkait topik prasyarat ini 
B. Merencanakan pelaksanaan asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik 
C. Meminta data pada pihak sekolah terkait minat dan bakat peserta didik 
D. Mempersiapkan kegiatan pembelajaran sambil mengira-ngira kebutuhan peserta didik 
E. Langsung mengajar dan melakukan improvisasi di tempat ketika menemukan adanya perbedaan kemampuan peserta didik 
Jawaban: Merencanakan pelaksanaan asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik 
8. Sebagai seorang guru, Ibu Dewi menyadari bahwa peserta didiknya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ia mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kemampuannya. Namun pada pelaksanaannya, ia mengalami kesulitan karena begitu banyak pertanyaan yang muncul dari setiap kelompok. Hal yang perlu dilakukan Ibu Dewi adalah... 
A. Memberikan bantuan pada setiap peserta didik secara bergiliran dan meminta peserta didik untuk saling menunggu giliran 
B. Memfasilitasi peserta didik untuk dapat saling berkolaborasi dan bertukar pengetahuan sehingga mereka dapat membantu satu sama lain dan mengkonfirmasi pemahamannya pada guru 
C. Meminta peserta didik untuk bekerja sebisanya terlebih dahulu baru nanti dijelaskan secara umum 
D. Semua benar 
E. Semua salah
Jawaban: Memfasilitasi peserta didik untuk dapat saling berkolaborasi dan bertukar pengetahuan sehingga mereka dapat membantu satu sama lain dan mengkonfirmasi pemahamannya pada guru 
9. Diberikan langkah-langkah berikut ini: 
1. Menentukan tujuan pembelajaran 
2. Melakukan asesmen awal kemampuan awal 
3. Melakukan asesmen sumatif 
4. Merancang kegiatan pembelajaran 
5. Mempersiapkan sistem pendukung pembelajaran Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru untuk merencanakan pembelajaran berbasis TaRL adalah... 
A. 1-2-4 
B. 1-3-5 
C. 4-3-2 
D. 1-2-3 
E. 3-4-5 
Jawaban: 1-2-4 
10. Ibu Diaz melaksanakan pembelajaran pada topik perkalian. Ia mendapati bahwa sebagian peserta didik kesulitan mengikut pembelajaran karena kurang menguasai materi prasyaratnya. Sebaliknya, sebagian peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan mudah. Berikut ini langkah yang perlu dilakukan Ibu Diaz pada pembelajaran berikutnya untuk mengatasi masalah tersebut; kecuali.... 
A. Mengembangkan diferensiasi konten 
B. Mendesain diferensiasi kegiatan pembelajaran 
C. Menerapkan asesmen awal kognitif 
D. Merumuskan diferensiasi asesmen formatif 
E. Merumuskan diferensiasi produk/proyek 
Jawaban: Menerapkan asesmen awal kognitif


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Aset – aset dalam sebuah komunitas

  Dalam mengatasi tantangan pada pendekatan tradisional yang digunakan untuk mengatasi permasalahan perkotaan, di mana penyedia jasa dan lembaga donor lebih menekankan pada kebutuhan dan kekurangan yang terdapat pada komunitas, Kretzmann dan McKnight menunjukkan bahwa aset yang dimiliki oleh komunitas adalah kunci dari usaha perbaikan kehidupan pada komunitas perkotaan dan pedesaan . Menurut Green dan Haines (2002) dalam  Asset building and community development,  ada 7 aset utama atau di dalam buku ini disebut sebagai modal utama, yaitu : 1.    Modal Manusia Sumber daya manusia yang berkualitas, investasi pada sumber daya manusia menjadi sangat penting yang berhubungan dengan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, dan harga diri seseorang. Pemetaan modal atau aset individu merupakan kegiatan menginventaris pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan yang dimiliki setiap warganya dalam sebuah komunitas, atau dengan kata lain, inventarisasi perorangan dapat dikelompokkan berdasarkan sesuat