Langsung ke konten utama

Refleksi Pembelajaran - Eksplorasi Alternatif Solusi

Pada fase ini kita diajak untuk meninjau ulang keseluruhan proses pembelajaran dan melakukan refleksi pembelajaran yang memuat komponen terkait, Kegiatan apa yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?Kegiatan apa yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?Upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Upaya apa yang akan dilakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

1. Kegiatan apa yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?
Kegiatan yang belum saya laksanakan dalam pembelajaran ini yaitu Saya masih kurang aktif dalam memberikan komentar terkait presentasi yang sudah dilakukan rekan-rekan ppg serta masih ada beberapa tugas yang pengerjaannya atau diupload mendekati deadline.

2. Kegiatan apa yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?
Kegiatan yang sudah saya laksanakan yaitu mulai zoom meeting bersama dosen pembimbing dan guru pamong tentang Pengantar Eksplorasi Alternatif  , kemudian mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi, melakukan kajian literatur, dan melakukan wawancara terkait alternatif solusi bersama rekan perserta ppg yang lain. Selanjutnya mempresentasikan LK Hasil Riset Sederhana, berupa alternatif solusi dengan indikator alternatif solusi berdasarkan hasil eksplorasi aktivitas pengalaman belajar meliputi kajian literatur, wawancara, FGD (guru, KS, PS) internal dan eksternal sekolah, pakar), untuk memperoleh review dari dosen/guru pamong dan atau peserta yang lain,serta mengerjakan refleksi pembelajaran tentang Pengantar Eksplorasi Alternatif

3. Upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?
Upaya yang akan saya lakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini adalah Selalu berkomunikasi, berkordinasi dan berinteraksi dengan dosen, guru pamong serta admin dalam melakukan penyelesaian tugas-tugas yang akan dikerjakan.

4. Upaya apa yang akan dilakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?
Upaya apa yang akan saya lakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini Kedepan yaitu saya akan terus berupaya untuk konsisten berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada semua peserta ppg kategori 1 sehingga kegiatan PPG mendapatkan banyak manfaat baik untuk saya sendiri  mulai dengan aktif dalam vicon (zoom) memberikan pertanyaan atau pun tanggapan dan saling memotivasi sesama peserta. Dan tentunya akan semakin memperkuat pengetahuan saya sebagai calon guru profesional untuk diimplementasikan nanti di sekolah tempat saya bertugas


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Aset – aset dalam sebuah komunitas

  Dalam mengatasi tantangan pada pendekatan tradisional yang digunakan untuk mengatasi permasalahan perkotaan, di mana penyedia jasa dan lembaga donor lebih menekankan pada kebutuhan dan kekurangan yang terdapat pada komunitas, Kretzmann dan McKnight menunjukkan bahwa aset yang dimiliki oleh komunitas adalah kunci dari usaha perbaikan kehidupan pada komunitas perkotaan dan pedesaan . Menurut Green dan Haines (2002) dalam  Asset building and community development,  ada 7 aset utama atau di dalam buku ini disebut sebagai modal utama, yaitu : 1.    Modal Manusia Sumber daya manusia yang berkualitas, investasi pada sumber daya manusia menjadi sangat penting yang berhubungan dengan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, dan harga diri seseorang. Pemetaan modal atau aset individu merupakan kegiatan menginventaris pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan yang dimiliki setiap warganya dalam sebuah komunitas, atau dengan kata lain, inventarisasi perorangan dapat dikelompokkan berdasarkan sesuat