Skip to main content

SOAL HOTS PTS SEJARAH INDONESIA KELAS XII (SEMESTER 1)

1. Pemberontakan PKI di Madiun 1948 berkaitan erat dengan kebijakan Rekonstruksi dan Rasionalisasi Angkatan Perang (RERA). Indikator yang mendukung pernyataan tersebut adalah…

A. TNI tidak berhasil menyatukan unsur KNIL Ke dalam tubuh APRIS sebagai unsur keamanan RIS.

B. Kabinet Hatta melakukan pengurangan terhadap TNI yang dianggap menjadi beban anggran negara.

C. Amir Syarifudin menghimpun anggota tentara yang tersingkir untuk melakukan pemberontakan.

D. Rera akan bermetamorfosis menjadi FDR yang kelak akan melakukan di pemberontakan di Madiun.

E. Rera dipimpin oleh Muso dan Alimin.

2. Gerakan yang terjadi tanggal 30 September 1965 menimbulkan perubahan yang besar pada keberlangsungan Negara Indonesia. Salah satu dampak yang timbul dari gerakan tersebut adalah…

A. Pergantian sistem demokrasi terpimpin menjadi demokrasi parlementer.

B. Dijalankannya program reorganisasi dan rasionalisasi.

C. Munculnya Supersemar.

D. Munculnya Trikora dari masyarakat.

E. Pembubaran negara federal RIS.

3. Pada saat bangsa Indonesia harus berjuang mempertahankan kemerdekaan, di Jawa Barat muncul gerakan separatis DI/TII yang dipimpin oleh SM Kartosoewirjo. Gerakan ini, selain disebabkan banyak pasukan SM Kartosoewirjo yang teranulir kebijakan Rera, juga kecewa terhadap pemerintah RI karena….

A. tunduk terhadap perundingan Renville

B. pasukannya tidak diakui pemerintah

C. tidak mengakomidir pasukannya

D. bersekutu dengan kekuatan Belanda

E. menguntungkan perjuangan rakyat RI

4. Pemberontakan DI/TII di Sulawesi Selatan di bawah pimpinan Letnan Kolonel Kahar Muzakkar merupakan akibat perbedaan cara pandang antara pemerintah dengan Kahar Muzakar berkaitan dengan ....

A. rencana pembentukan negara Islam

B. poses penyelesaian masalah KGSS

C. KGSS menolak dilebur ke dalam TNI

D. dukungan KGSS terhadap kebijakan rera

E. pemerintah menolak membubarkan KGSS

5. Dilihat dari proses penyelesaian peristiwa DI/TII di Aceh sangat berbeda dengan penyelesaian DI/TII di berbagai daerah seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan. Keistimewaan penyelesaian DI/TII di Aceh tersebut yaitu ....

A. bekerja sama dengan GAM

B. menerapkan darurat militer

C. penyelesaian secara damai

D. menggunakan mediator asing

E. Pelaksanaan Daerah Operasi Militer (DOM)

6. Tentara Hisbullah termasuk kelompok yang memiliki andil besar dalam beberapa pemberontakan yang terjadi di Indonesia. Pemberontakan tersebut terjadi pada waktu yang bersamaan dengan upaya mendapatkan pengakuan sebagai negara yang merdeka, dengan melibatkan bebrapa Tokoh sebagai dalangnya, antara lain ....

A. Kartosuwiryo, Amir Fatah, Kyai Sumolangu

B. Kahar Muzakar, Amir Fatah, Andi Aziz

C. Semaun, Kartosuwiryo, Andi Aziz

D. Kahar Muzakar, Kartosuwiryo, Amir fatah

E. Soumokil, Amir Fatah, Kahar Muzakar

7. Beberapa hari menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-74, Sardjono Kartosoewirjo - salah seorang anak dari Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo yang pernah memimpin gerakan DI/TII di Jawa Barat—beserta sejumlah keturunan tokoh DI/TII yang lain, pada Selasa (13/8/2019) melakukan ikrar setia kepada NKRI di depan Menko Polhukam. Peristiwa ini mengundang keheranan sejumlah pihak karena tragedi pemberontakan DI/TII yang banyak memakan korban. Kesimpulan yang bisa dituliskan dari informasi tersebut diatas adalah....

A. Semua gerakan sparatisme harus di tumpas dari bumi Indonesia

B. DI/TII adalah gerakan Sparatis yang mmepunyai tujuan mendirikan negara Islam Indonesia

C. Keinginan pemerintah untuk menyatukan rakyat Indonesia dalam NKRI tanpa kecuali

D. Gerakan sparatisme adalah gerakan yang melanggar hukum dan harus ditumpas

E. Usaha pemerintah untuk membina hubungan baik dalam bingkai NKRI

8. Pada masa revolusi kemerdekaan partai komunis Indonesia menjadi salah satu kekuatan politik yang berpengaruh dalam pemerintahan RI. Fakta yang mendukung pernyataan tersebut adalah….

A. Amir Syarifudin menjabat sebagai perdana menteri

B. ajaran Nasakom menajdi landasan politik luar negeri Indonesia

C. Partai Komunis Indonesia bergabung dengan front Demokrasi rakyat

D. Moh. Hatta mengurangi pengaruh kelompok kiri dalam pemerintahan

E. pemrintah Indonesia menetapkan kebijakn ReRa

9. Pada tanggal 17 Agustus 1948 pemerintah Indonesdia dan Belanda sepakat untuk mendatangani perjanjian Renville. Perjanjian tersebut justru menimbulkan pertentangan dari berbagai pihak. Alasan tertentangan yang etrjadai adalah sebagai berikut:

A. Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia

B. Pasukan Belanda harus meninggalkan jakarta

C. Pasukan militer Indonesia harus menyerahkan senjatanya kepada Belanda

D. Pemerintah Belanda memperoleh kekuasaan penuh di wilayah tengah

E. Pemerintah Indonesia harus menarik pasukan devisi siliwangi dari jawa barat

10. Untuk menumpas gerakan DI/TII jawa barat . A H nasution menerapkan operasi pagar betis, strategi ini dilaksanakan dengan langkah….

A. membangun benteng-beneng di wilayah konflik 

B. menghimpun kekuatan dari rakyat yang pro pemerintah

C. melakukan perundingan dengan para petinggi DI/TII

D. menghimpun keterangan dari Para anggota DI/TII yang tertangkap

E. menempatkan pasukan khusu dalam garda terdepan pasukan pemerintah

11. Langkah awal PKI yang dilakukan untuk menyebarkan pengaruhnya di Indonesia dengan cara-cara berikut ini:

A. Mengambil alih tempat-tempatstrategis di berbagai wilayah Indonesia

B. Membujukpresiden Soekarno untuk bersedia bergabung dengan PKI

C. Melakukan pelatihan-pelatihan militer dengan Angkatan Darat yang pro PKI

D. Menyerobot tanah milik elite tradisional untuk dibagi-bagi kepada rakyat miskin

E. Mempropagandakan ajaran nasionalisme, sosialis, dan komunis, yang dijarkan presiden Soekarno

12. Pada April 1950 bekas pasukan KNIL mendengar berita bahwa 900 APRIS yang berasal dari TNI yang akan datang ke Makasar untuk mejaga keamanan. Respons bekas pasukan KNIL di Makasar terhadap isu tersebut dinyatakan dalam pernyataan di bawah ini ...

A. Melucuti pessenjtaan pasukan TNI

B. Memutuskan mundur dari wilayah Makasar

C. Menolak kedatangan TNI di Makasar

D. Memprsiapkan markas yang dibutuhkan TNI ketika tiba di makasar

E. Menggabungkan psukannya dnegan TNI ke dalam APRIS

13. Untuk melancarkan aksinya dalam menghimpun kekuatan , RMS berusaha mendapatkan dukungan dari dunia internasional, Adapun langkah RMS untuk mewujudkan cita-cita tersebut adalah….

A. mengirimkan perwakilan ke negeri Belanda

B. melakukan perundingan dengan Leimena

C. membawa permsalahan RMS adalam sidang PBB

D. menunjuk Dr. J.P Nikijuluw sebagai wakil presiden RMS

E. menjalin kerja sama dengan negara-negara berhaluan sosialis


14. Pemberontakan yang dilakukanoleh RMS mendapat dukungan dari Bepanda. Fakta yang mendukung pernyataan diatas adalah….

A. Ratu Belanda siangkats ebagi enasehat RMS

B. Belanda mempersenjatai seluruh pasukan RMS

C. RMS mempunyai kantoryang berkdudukan di Den Hag

D. RMS dibentuk langsung oleh ratu Belanda agar tetap mempertahankan wilayah Indonesia Timur

E. Somoukil ditunjuk secara langsung sebagai pengganti Manuhutu sebagai presiden RIS

15. Pada Tanggal 15 Februari Ahmad Husai mendeklarasikan pembentkan Pemerintah Reolusioner Republik Indonesia di Padang, Sumbar. Adapun faktor yang melatarbelakangi adalah sebagai berikut ....

A. Keinginan Ahmad Huseai untuk mendirikan negara boneka di wilayah Sumbar

B. Keberhsilan APRA dalam melakukan pemberontakan terhadappemrintahan Indonesia

C. Kecemburuan pemerintah daerah terhadap pemerinaha pusat dalam alokasi dana pembangunan di pusat

D. Pertisipasi pemrintah pusat dalam menumpas pemberontakan di wilayah sumber tidak memuaskan masyarakat

E. Perhatian pemerintah pusat terhadap kesejahteraan angggota APRIS di wilayah sumbar sangat minimalis

16. Berbagai konflik dan ancaman disintegrasi yang terjadi di Indonsia antara tahun 1945-1965 tidak akan terjadi apabila ....

A. Belanda bersedia mengakui kedaulatan republik Indonesia

B. Setiap komponen dalam masyarakat menjaga nilai-nilai persatuan

C. Bangsa Indonesia tidak terdiri dari barbagai suku, bangsa dan bahasa

D. Masyarakat Indonesia bersedia menyesuaikan diri dengan perubahan di wilayahnya

E. Pemerintah indonesia tdak menjalin kerja saama dengan negara-negara barat


17. Ahmad yani merupakan tokoh yang ditunjuk untuk menumpas pemberontakn DI/TII di Jawa Barat dengan strategi-tratei perlawanan seperti dibawah ini ....

A. Menerjunkan pasukan devisi Siliwangi ke aerah konflik

B. Membentuk pasukan khusus yang disebut Benteng Raiders

C. Menerapkan strategi perang untuk melawan pemberontak

D. Menggalang kekuatan rakyat agar membantu melawan pasukan DI/TII

E. Mengirim perwakilan untuk melakukan perundingan dengan wakil DI/TII



18. Tujuan Dr. Somoukil seorang dokter dan mantan jaksa melakukan gerakan sparatis pada tahun 1950 adalah sebagai berikut:

A. Mempertahankan hubungan yang erat antara RIS dengan kerajaan belanda

B. Mempertahankan berdirinya negara federal dan RIS

C. Menoak Soekarno sebagai presiden Republik Indonesia

D. Mengubah ideologi pancasila menjadi ideologi komunis

E. Menjadikan negara Indonesia sebagai negara terjajah selamanya


19. Pada tanggal 5 April 1950 pasukan Andi Aziz menangkap dan menahan sejumlah anggota PARIS di Makasar. Faktor yang mendorong pasukan Andi Aziz melakukan hal tersebut:

A. Rencana kedatangan TNI ke Makasar

B. Keikutsertaan TNI dalam keanggotaan APRIS

C. Penolakan pembentukan pasukan Andi Aziz oleh APRIS

D. Keinginan pasukan Andi Aziz untuk membubarkan TNI

E. Keputusan perwira tinggi APRIS yang membubarlan pasukan KNIL

20. Alasan utama target pembunuhan APRA adalah Sultan Hamengkubuono ke IX adalah sebagai berikut:

A. Tidak puasnya sultan hamid atas penunjukan dirinya sebagai mentri non portofolio 

B. Sultan Hamengkubuono akan membahayakan gerakan APRA selanjutnya 

C. Sultan Hamengkubuono adalah mentri Pertahanan dan keamanan 

D. Sultan hamengkubuono tidak menyetujui pembentukan negara RIS 

E. Sultan Hamengkubuono ingin menangkap westerling dalam keadaan hidup atau mati

21. Banyak anggapan bahwa untuk mempertahankan negara pasundan Belanda sangat memanfaatkan keyakinan bangsa Indonesia yang sulit untuk digoyahkan. Alasan yang memicu munculnya pernyataan diatas adalah….

A. Belanda memberikan jabatan dan kedudukan bagi warga pribumi yang mau membantu Belanda dalam melanggengkan berdirinya RIS di Indonesia

B. Belanda menggunakan mitos yang sangat dipercaya oleh masyarakat Indonesia tentang ratu adil

C. Kepercayaan rakyat Indonesia dengan akan datangnya Ratu Adil seperti yang tertulis dalam ramalan Joyo Boyo

D. Bangsa Belanda menghasut rakyat agar tidak mempercayai pemerintahan Soekano hatta

E. banyak warga Pribumi yang dimasukan dalam anggota KNIL oleh belanda

22. Pada April 1950 bekas pasukan KNIL mendengar berita bahwa 900 APRIS yang berasal dari TNI yang akan datang ke Makasar untuk mejaga keamanan. Respons bekas pasukan KNIL di Makasar terhdap isu tesebut dinyatakan dalam pernyataan di bawah ini

A. Melucuti pessenjtaan pasukan TNI

B. Memutuskan mundur dari wilayah Makasar

C. Menolak kedatangan TNI di Makasar

D. Memprsiapkan markas yang dibutuhkan TNI ketika tiba di makasar

E. Menggabungkan psukannya dnegan TNI ke dalam APRIS

23. Untuk melancarkan aksinya dlam menghimpun kekuatan , RMS berusaha mendapatkan dukungan dari dunia internasional, Adapun langkah RMS untuk mewujudkan cita-cita tersebut adalah….

A. mengirimkan perwakilan ke negeri Belanda

B. melakukan perundingan dengan Leimena

C. membawa permsalahan RMS adalam sidang PBB

D. menunjuk Dr. J.P Nikijuluw sebagai wakil presiden RMS

E. menjalin kerja sama dengan negara-negara berhaluan sosialis

24. Pemberontakan yang dilakukanoleh RMS mendapat dukungan dari Belanda. Fakta yang mendukung pernyataan diatas adalah….

A. Ratu Belanda siangkats ebagi enasehat RMS

B. Belanda mempersenjatai seluruh pasukan RMS

C. RMS mempunyai kantoryang berkdudukan di Den Hag

D. RMS dibentuk langsung oleh ratu Belanda agar tetap mempertahankan wilayah Indonesia Timur

E. Somoukil ditunjuk secara langsung sebagai pengganti Manuhutu sebagai presiden RIS

25. Pada Tanggal 15 Februari Ahmad Husai mendeklarasikan pembentkan Pemerintah Reolusioner Republik Indonesia di Padang, Sumbar. Adapun faktor yang melatarbelakangi adalah sebagai berikut

A. Keinginan Ahmad Huseai untuk mendirikan negara boneka di wilayah Sumbar

B. Keberhsilan APRA dalam melakukan pemberontakan terhadappemrintahan Indonesia

C. Kecemburuan pemerintah daerah terhadap pemerinaha pusat dalam alokasi dana pembangunan di pusat

D. Pertisipasi pemrintah pusat dalam menumpas pemberontakan di wilayah sumber tidak memuaskan masyarakat

E. Perhatian pemerintah pusat terhadap kesejahteraan angggota APRIS di wilayah sumbar sangat minimalis

26. Berbagai konflik dan ancaman disintegrasi yang terjadi di Indonsia antara tahun 1945-1965 tidak akan terajdi apabila

A. Belanda bersedia mengakui kedaulatan republik Indonesia

B. Setiap komponen dalam masyarakat menjaga nilai-nilai persatuan

C. Bangsa Indonesia tidak terdiri dari barbagai suku, bangsa dan bahasa

D. Masyarakat Indonesia bersedia menyesuaikan diri dengan perubahan di wilayahnya

E. Pemerintah indonesia tdak menjalin kerja saama dengan negara-negara barat

27. Ahmad yani merupakan tokoh yang ditunjuk untuk menumpas pemberontaakn DI/TII di Jawa Barat dengan strategi-tratei perlawanan seperti dibawah ini

A. Menerjunkan pasukan devisi Siliwangi ke aerah konflik

B. Membentuk pasukan khusus yang disebut Benteng Raiders

C. Menerapkan strategi perang untuk melawan pemberontak

D. Menggalang kekuatan rakyat agar membantu melawan pasukan DI/TII

E. Mengirim perwakilan untuk melakukan perundingan dengan wakil DI/TII

28. Tokoh ini dikenal perannya melalui lagu lagu ciptaannya yang sarat dengan nilai- nilai perjuangan yang menggugah rasa kecintaan terhadap tanah air dan bangsa, antara lain Halo-Halo Bandung (1946) yang diciptakan ketika terjadi peristiwa Bandung Lautan Api, Selendang Sutera (1946) yang diciptakan pada saat revolusi kemerdekaan untuk membangkitkan semangat juang pada waktu itu dan Sepasang Mata Bola (1946) yang menggambarkan harapan rakyat untuk merdeka. Tokoh yang dimaksud adalah …

A. WR. Soepratman

B. H. Mutahar

C. Ismail Marzuki

D. Ibu Soed

E. Koesbini

29. Menyebut Hari Pahlawan, memori bangsa teringat dengan aksi heroik Sutomo atau lebih dikenal dengan Bung Tomo dalam pertempuran di Surabaya melawan pasukan Inggris dan NICA-Belanda. Peran Bung Tomo dalam mempertahankan kemerdekaan pada peristiwa di Surabaya adalah ….

A. berjuang melalui diplomasi dengan melakukan perundingan dengan Belanda di Surabaya pada peristiwa 10 November

B. memimpin perlawanan rakyat Surabaya dan melakukan pemberontakan menolak kedatangan sekutu dan Belanda

C. menurunkan bendera Belanda yang di pasang di Hotel Yamato dengan membakar semangat rakyat Surabaya melalui orasinya

D. membakar gudang amunisi persenjataan sekutu dan Belanda yang datang dan ingin menjajah kembali Indonesia

E. tampil sebagai orator ulung di depan corong radio. Suara dan pekikan takbirnya membakar semangat rakyat untuk berjuang melawan para penjajah.

30. Tokoh ini menjadi tokoh sentral dalam Puputan Margarana di Kabupaten Tabanan, Bali dan berperang habis-habisan hingga tetes darah terakhir melawan pasukan pemerintah sipil Belanda. Namanya juga dijadikan sebagai nama jalan di berbagai wilayah di Indonesia dan bandara di Bali.Tokoh yang dimaksud adalah …,

A. Djuanda

B. I Gusti Ngurah Rai

C. Hasanuddin

D. Pattimura

E. Djalaludin

31. Untuk mengenang jasanya tokoh daerah ini kemudian namanya diabadikan sebagai nama Bandar Udara di Biak . Selain itu namanya juga di abadikan di salah satu KRI dan Pada tanggal 19 Desember 2016, ia diabadikan dalam uang kertas Rupiah baru pada pecahan Rp. 10.000. Tokoh yang dimaksud adalah ….

A. Frans Kaisiepo,

B. Silas Papare

C. Marthen Indey

D. Fretelin

E. Pattimura

32. Berbagai upaya dilakukan oleh Papua agar bisa menjadikan Papua sebagai bagian dari negara Republik Indonesia. Dari Papua dikenal beberapa tokoh yang memiliki peran besar dalam upaya integrasi tersebut, seperti Frans Kaisiepo, Silas Papare dan Marthen Indey. Salah satu peran Silas Papare adalah ….

A. Ia juga turut berperan dalam pendirian Partai Indonesia Merdeka (PIM) pada tanggal 10 Mei 1946.

B. Ia lalu memimpin sebuah aksi protes yang didukung delegasi 12 Kepala Suku terhadap keinginan Belanda yang ingin memisahkan Papua dari Indonesia.

C. mendirikan Partai Kemerdekaaan Irian.

D. menghimbau anggota militer yang bukan orang Belanda agar melancarkan perlawanan terhadap Belanda.

E. Mempopulerkan lagu Indonesia Raya di Papua.

33. Opu Daeng Risadju adalah pejuang wanita asal Sulawesi Selatan yang menjadi Pahlawan Nasional Indonesia. Perannya dalam memperjuangkan keutuhan negara dan bangsa Indonesia adalah ….

A. Pelopor gerakan Partai Sarikat Islam yang menentang kolonialisme Belanda waktu itu

B. aktif di organisasi Partai Syarekat Islam Indonesia (PSII) yang memperjuangkan kemerdekaan

C. menghasut rakyat atau menyebarkan kebencian di kalangan rakyat untuk membangkang terhadap pemerintah

D. memimpin pemberontakan rakyat luwu menentang sekutu dan Belanda

E. melakukan mobilisasi terhadap pemuda dan memberikan doktrin perjuangan kepada pemuda sebagai sikap penolakan terhadap kedatangan NICA

34. Rasa cinta tanah air adalah faktor pendorong yang sangat kuat bagi para tokoh pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan. Nilai cinta tanah air yang ditunjukkan oleh para tokoh dapat menimbulkan semangat…

A. Kolonialisme

B. Liberalisme

C. Patriotisme

D. Imperialisme

E. Sosialisme

35. Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.Jenderal Soedirman walaupun dalam keadaan sakit tetap berjuang memimpin perang gerilya, dengan satu paru-paru yang berfungsi Sikap yang ditunjukkan oleh tokoh nasional Jenderal Soedirman lebih mencerminkan nilai …

A. Cinta tanah

B. Rela Berkorban

C. Persatuan dan Kesatuan

D. Saling harga menghargai

E. Tanggung Jawab

36. Sikap pengertian dan saling menghargai dapat memupuk rasa persatuan dan menghindarkan dari perpecahan. Sikap ini dapat kita lihat dalam upaya bangsa Indonesia perjuangan mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan ….

A. Bentuk perjuangan rakyat Indonesia melalui cara diplomasi dan perjuangan bersenjata

B. Perjuangan tokoh daerah Opu Daeng Risaju tokoh wanita pejuang dari Sulawesi Selatan,

C. Perjuangan tokoh daerah Frans Kaisiepo, Silas Papare Marthen Indey dari Papua

D. Perjuangan rakyat Indonesia dalam membebaskan Irian BaratOrasi

E. Bung Tomo dalam membakar semangat rakyat dalam pertempuran di Surabaya

37. Peran Soekarno yang lebih akrab di sapa dengan Bung Karno telah menjadi bagian penting dalam sejarah Bangsa Indonesia. Peran Bung Karno dalam kaitannya dengan perjuangan mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia adalah ….

A. Mempelopori pembentukan Gerakan Non-Blok

B. Membangun gerakan dan Solidaritas bangsa bangsa di Asia-Afrika.

C. Sebagai pencetus dasar negara Pancasila yang kita gunakan hingga saat ini.

D. Memberikan kritik terhadap pemerintah Belanda melalui pidatonya

            “Indonesia Menggugat”

E. mengeluarkan komando untuk membebaskan Papua dari tangan Belanda, yang terkenal dengan Tri Komando Rakyat, atau Trikora.

38. Jendral Soedirman tercatat sebagai Panglima tentara sekaligus Jendral Republik Indonesia pertama termuda yang ada dalam sejarah. Peran Soedirman dalam upaya memperjuangkan keutuhan negara dan bangsa Indonesia adalah …

A. Membentuk Badan Keamanan Rakyat

B. Memimpin penumpasan pemberontakan PKI di Madium

C. Melakukan pemberontakan terhadap Belanda yang ingin menjajah kembali Indonesia

D. Melakukan negosiasi dengan Belanda dalam mempertahankan kemerdekaan

E. Memimpin pasukan dengan bergerilya untuk mengusir Sekutu dari Ambarawa

39 Perhatikan Foto dan pernyataann dibawah ini :








Tokoh ini, menjadi pemimpin Delegasi Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag. Perjuangan Hatta dalam mempertahankan kemerdekaan melalui jalur diplomasi menyebabkan Belanda pada akhirnya mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1945. Tokoh yang dimaksud pada gambar dan pernyataan diatas adalah….

A. Mohamad Hatta

B. Mohamad Roem

C. Sudirman

D. Soekarno

E. Ismail Marzuki

40. Sebagai warga negara Indonesia kita kita harus dapat mengimplementasikan nilai nilai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia dengan berupaya mengisi kemerdekaan sesuai dengan beban tugas, potensi dan kemampuan yang kita miliki. Hal ini mencerminkan nilai ….

A. Cinta tanah

B. Rela Berkorban

C. Persatuan dan Kesatuan

D. Saling harga menghargai

E. Tanggung Jawab

 

Comments

Popular posts from this blog

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPG DalJab Tahun 2022)

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah: (1) Eksplorasi alternatif solusi (2) Penentuan solusi (3) Pembuatan rencana aksi (4) Pembuatan rencana evaluasi. Kegiatan eksplorasi alternatif solusi dilakukan dengan cara mengeksplorasi sejumlah alternatif solusi untuk penyebab masalah yang sudah ditentukan, melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan, dan melakukan analisis pros dan cons (kekuatan dan kelemahan) masing-masing alternatif solusi.Kegiatan penentuan solusi dilakukan dengan cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi. Pada analisis penentuan solusi tersebut mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan a