Skip to main content

Sejarah Singkat Candi Prambanan

 

Lara Jonggrang adalah  seorang   putri  semata   wayang  Raja Boko, Penguasa  Kerajaan Medang  Kamulan. Karena kecantikannya, seorang  pangeran bernama Bandung Bondowoso  berniat menyuntingnya sebagai  istri. Raja Boko mengabulkan permintaan Bandung  Bondowoso, bila pangeran itu  dapat  mengalahkannya. Bandung   Bondowoso   ternyata   dapat   mengalahkan  Raja  Boko. Namun  Lara Jonggrang tidak  mau  dipersunting   oleh  pembunuh ayahnya,  ia pun  tidak berani  untuk  menolak.  Lara Jonggrang pun memberikan   syarat  pada  Bandung  untuk  membuat seribu  candi lengkap dengan arcanya dalam waktu semalam. Bandung    Bandowoso    dengan   dibantu     sepasukan   jin, hampir dapat  meyelesaikan  permintaan Lara Jonggarang. Saat mendengar suara kokok ayam bersautan dan melihat  langit di ufuk timur  memerah, para  jin itu melarikan  diri sebelum  pekerjaannya selesai.  Melihat  tipu  daya  Lara Jonggrong, Bandung  Bondowoso mengutuknya  menjadi arca batu  yang ke seribu untuk melengkapi jumlah keseluruhan arca.

Tentu kamu pernah mendengar cerita rakyat yang menceritakan tentang asal  mula  Candi  Prambanan itu.  Cerita  itu  hingga  kini masih berkembang di daerah  sekitar Prambanan.  Lara Jonggrang seringkali  diwujudkan   sebagai  arca  Durga  Mahisasuramawardini yang berada di bilik utara Candi Siwa. Lara Jonggrang secara harfiah diartikan  sebagai  seorang  gadis  cantik semampai. Pada kompleks percandian,sosok  Lara  Jonggrang  diwujudkan   pada   bangunan paling  tinggi  dari keseluruhan Candi  Prambanan. Dari kondisi itu kita  dapat   menafsirkan,  bahwa   legenda   Bandung   Bondowo  itu muncul  sebagai   cerita  rakyat  penduduk  Prambanan saat  Candi Siwa  masih   berdiri  kokoh.   Jadi  Candi   Prambanan  merupakan sebuah   karya  monumen  kejayaan  Mataram   Kuno  yang  berdiri tinggi  tegak  di dataran  Prambanan yang  subur.  Kawasan  Candi Prambanan sejak tahun 1991 ditetapkan sebagai situs cagar budaya dunia oleh UNESCO. Bagi bangsa  Indonesia pengakuan itu sangat membanggakan.

Candi  Prambanan dibangun  pada  abad  ke-9  Masehi  atas perintah  raja,  pada  masa  puncak  kejayaan  Dinasti Sanjaya.  Pada masa itulah ia mendirikan  candi Prambanan menurut model candi- candi  Syailendra.  Candi  Prambanan terletak  di Desa Prambanan. Candi  itu  pertama ditemukan oleh  Calons  pada  tahun  1733  M. Bangunan  candi  itu dibangun untuk  sebuah  dharma  bagi  agama Hindu. Candi Prambanan merupakan bangunan suci agama  Hindu yang ditujukan untuk memperkuat keberadaan agama itu di wilayah selatan  Jawa. Candi itu dibangun atas perintah  Raja Rakai Pikatan. Kompleks Prambanan terdiri  atas Candi Siwa, Candi Hamsa, Candi Wisnu, Candi Nandi, Candi Garuda  dan dua buah  Candi Apit yang semuanya  berada  di halaman  pertama. Delapan candi penjaga  arah mata  angin dan kurang  lebih 200 candi perwara  yang mengelilingi inti pusat.

Candi  utama   adalah  Candi  Siwa  dengan empat   ruangan. Ruang  utama  berisi patung Siwa sebagai  mahadewa. Di sebelah utara  terdapat Lara Jonggrang atau  Siwa sebagai  Durga Mahesasuramardin.  Bagian  timur  terdapat patung Ganesa.  Pada dinding Candi Siwa itu terdapat relief Ramayana, yang berisi tentang titisan Wisnu hingga Rama menyeberang ke lautan.  Cara membaca relief pada candi itu searah dengan jarum jam. Candi itu digunakan hanya sebagai tempat pemujaan.

Candi  kedua   yang  terbesar   adalah  Candi  Brahma.  Dalam candi ini terdapat patung Brahma. Juga terdapat relief yang menggambarkan epik  Ramayana.  Pada  bagian  ini menceritakan tentang Rama menyerang Alengka dan  Sinta membakar diri, atau dikenal  dengan cerita  “pati  obong”. Candi  ketiga  adalah  Candi Wisnu  yang  terdapat  arca  Wisnu  di  dalamnya.   Dalam  dinding candi  ini terdapat relief  yang  menceritakan tentang  Kernayana. Candi Prambanan merupakan candi termegah pada saat itu, kemegahannya tersohor  hingga sampai ke Asia Tenggara.

Candi Sewu yang berada  di sekeliling Candi Prambanan mempunyai   latar  belakang   agama   Buddha.  Hal  itu  dilihat  dari arsitektur  bentuk  candi yang bentuk  seperti  stupa  daripada  Candi Prambanan. Di samping  bentuknya juga dicirikan dengan puncak candi  yang  berbentuk stupa.   Puncak  candi  itu  merupakan satu diantara  lambang  dari agama  Buddha. Candi itu kurang  lebih terdiri dari 240 bangunan.  Bangunan candi  sendiri  dibangun dalam  areal  seluas  kurang  lebih  49.284 m.  Candi  itu diresmikan  oleh  Rakai Kayuwangi,  pada  tahun  778 Saka (856  Masehi). Dalam Prasasti Siwagraha  tertuliskan  tentang pembuatan Candi  Prambanan. Candi  dan  gapuranya  dikerjakan oleh beratus-ratus pekerja.

            Dari   segi   arsitektur    bangunan,   Candi   Prambanan  dan Candi   Sewu   masih   menampakkan  ciri-ciri  arsitektur   Buddhis. Teknik   pembangunan  candi   itu   dengan  menggunakan  ikatan pada   setiap  bata-batanya.  Keistimewaan   bangunan  itu  terletak pada   bentuk   candi   yang   menjulang   tinggi  pada   tanah   datar. Candi   Prambanan  merupakan  candi   tertinggi   dengan  bentuk menara.  Candi    Prambanan berada  dalam kawasan  yang memiliki kepadatan bangunan candi yang beragam. Khususnya pada bagian sisi timur Kali Opak, terdapat Candi Bubrah, Lumbung, dan Sewu. Keempat candi besar yang berderat itu memiliki kesatuan mandala. Kedekatan   letak  Candi  Prambanan dengan  candi-candi   agama Buddha menunjukkan adanya toleransi antara  penduduk yang beragama Hindu dengan penduduk yang beragama Buddha  pada masa Mataram  Kuno itu.

Sumber:  Inajati Adrisijanti dan  Andi Putranto  (ed). 2009.  Membangun  Kembali Prambanan. Yogyakarta: Balai Pelestarian Peninggalan  Purbakala


Comments

Popular posts from this blog

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPG DalJab Tahun 2022)

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah: (1) Eksplorasi alternatif solusi (2) Penentuan solusi (3) Pembuatan rencana aksi (4) Pembuatan rencana evaluasi. Kegiatan eksplorasi alternatif solusi dilakukan dengan cara mengeksplorasi sejumlah alternatif solusi untuk penyebab masalah yang sudah ditentukan, melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan, dan melakukan analisis pros dan cons (kekuatan dan kelemahan) masing-masing alternatif solusi.Kegiatan penentuan solusi dilakukan dengan cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi. Pada analisis penentuan solusi tersebut mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan a