Skip to main content

Posts

CONTOH SOAL PTS GANJIL KELAS XI KURIKULUM 2013

 1. Sebelum adanya kolonialisme, aktivitas perdagangan antar bangsa sudah berjalan. Jalur yang                     terkenal yang menghubungkan berbagai bangsa adalah .. A. Jalur emas B. Jalur sutera C. Jalur rempah D. Jalur laut E. Jalur giok 2. Kota yang bertahan menjadi pusat perdagangan yang ramai sampai abad ke XV adalah.. A. Byzantium B. Konstantinopel C. Samarkand D. Alexandria E. Changan 3. Bangsa yang mempelopori perkembangan teknologi maritim sejak abad XV adalah... A. Portugis C. Inggris D. Belanda E. Arab B. Spanyol 4. Salah satu motivasi pelayaran bangsa Eropa adalah adanya semangat 3G. Di bawah ini yang bukan           termasuk semangat 3G adalah.. A. Gold B. Glory C. Gospel D. Glory E. Gotham 5. Pada mulanya tujuan awal kedatangan bangsa eropa bukanlah melakukan  penjajahan  melainkan .. A. Bertani B. Berkebun C. Berdagang D. Berkuasa E. Berlayar 6. Sebelum melakukan pelayaran bangsa Eropa berkuasa di wilayah K

CONTOH SOAL PTS KELAS X SEJARAH INDONESIA

1.Kata sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu Syajaratun yang berarti.... B.   Pohon C.   Buku D.   Akar E.   Riwayat A.   Gelang 2.Sejarah bukan berkembang dan bergerak lurus ke depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak melingkar, yang tinggi dan rendahnya lingkaran disebabkan oleh keadaan manusia itu sendiri. Definisi sejarah ini dikemukakan oleh... A.   Sartono Kartodirdjo C.   R.G Collingwood D.   Ibnu Khaldun E.   Herodotus B.   Leopold von Ranke 3.Kronologi berasal dari bahasa Yunani yaitu chronos yang berarti .... A .   Ilmu B.    Waktu C.    Urutan D.   Peristiwa E.    Pengetahuan   4. Penyusunan peristiwa sejarah harus dilakukan secara kronologis, artinya .... A. Peristiwa sejarah harus disusun berdasarkan urutan waktu dan kejadian B. Kisah sejarah disusun dengan memberikan periodisasi tonggak-tonggak sejarah C. Peristiwa sejarah harus disusun berdasarkan kepentingan penulisany D. Pengungkapan peristiwa sejarah harus diseleksi sesuia dengan tingkat urgensi

Teladan Para Tokoh Persatuan Indonesia

 Perjuangan dalam menjaga persatuan bangsa Indonesia tidaklah mudah, mengingat bangsa ini memiliki wilayah yang luas dan terdiri dari banyak suku, bahasa, dan budaya. Namun, perjuangan pergerakan yang dilakukan oleh banyak tokoh dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa telah membuat Indonesia terbebas dari penjajahan hingga kini. Kemerdekaan Indonesia tidak dapat dilepaskan dari perjuangan tokoh persatuan Indonesia atau biasa dikenal pahlawan kemerdekaan dalam mengusir penjajah dari nusantara. Ada beberapa tokoh persatuan Indonesia khususnya dari daerah yang dapat menjadi teladan terhadap perjuangan bangsa Indonesia, antara lain : Pahlawan Nasional dari Papua Papua adalah wilayah Indonesia yang bahkan setelah Indonesia merdeka masih dikuasai dan diklaim oleh Belanda. Hal ini sendiri berkaitan erat dengan hasil dari Konfrensi Meja Bundar (KMB) yang menyatakan bahwa untuk kasus Papua akan dibicarakan oleh RI dan Belanda satu tahun kemudian. Namun nyatanya hal itu tidak terjadi dan terpaks

Modul 1 Guru Penggerak

Modul 1  Paradigma dan Visi Guru Penggerak           Materi ini berisi tentang filosofi pendidikan nasional Ki Hadjar Dewantara, nilai-nilai dan peran guru penggerak, visi guru penggerak, dan membangun budaya positif yang perlu dibekalkan kepada CGP. Setelah mempelajari materi ini, CGP diharapkan mampu: (a) memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi-kritis atas korelasi nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional saat ini; menyadari proses penumbuhan nilai diri yang mendukung peran seorang guru penggerak; (b) mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan; dan (c) menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif. 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia - Ki Hajar Dewantara 1.2 Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak 1.3 Visi Guru Penggerak 1.4 Budaya positif di sekolah Mo

SOAL HOTS PTS SEJARAH INDONESIA KELAS XII (SEMESTER 1)

1. Pemberontakan PKI di Madiun 1948 berkaitan erat dengan kebijakan Rekonstruksi dan Rasionalisasi Angkatan Perang (RERA). Indikator yang mendukung pernyataan tersebut adalah… A. TNI tidak berhasil menyatukan unsur KNIL Ke dalam tubuh APRIS sebagai unsur keamanan RIS. B. Kabinet Hatta melakukan pengurangan terhadap TNI yang dianggap menjadi beban anggran negara. C. Amir Syarifudin menghimpun anggota tentara yang tersingkir untuk melakukan pemberontakan. D. Rera akan bermetamorfosis menjadi FDR yang kelak akan melakukan di pemberontakan di Madiun. E. Rera dipimpin oleh Muso dan Alimin. 2. Gerakan yang terjadi tanggal 30 September 1965 menimbulkan perubahan yang besar pada keberlangsungan Negara Indonesia. Salah satu dampak yang timbul dari gerakan tersebut adalah… A. Pergantian sistem demokrasi terpimpin menjadi demokrasi parlementer. B. Dijalankannya program reorganisasi dan rasionalisasi. C. Munculnya Supersemar. D. Munculnya Trikora dari masyarakat. E. Pembuba