Langsung ke konten utama

Dampak Pendudukan Jepang Bagi Indonesia


A.Bidang politik
Sejak masuknya kekuasaan Jepang di Indonesia, organisasi-organisasi politik tidak dapat berkembang lagi. Bahkan pemerintah pendudukan Jepang menghapuskan segala bentuk kegiatan organisasi-organisasi, kemudian diganti dengan organisasi buatan Jepang, sehingga kehidupan politik pada masa itu diatur oleh pemerintah Jepang.

B.Bidang ekonomi
                Kedatangan bengsa Jepang ke Indonesia berlatar belakang masalah ekonomi, yaitu mencari daerah-daerah sebagai penghasil bahan mentah dan mahan baku. Aktivitas perekonomian bangsa Indonesia pada zaman Jepang sepenuhnya dipegang oleh pemerintah Jepang.

C.Bidang pendidikan
        Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, kehidupan pendidikan berkembang pesat dibandingkan dengan pendudukan Hindia Belanda. Pemerintah pendudukan Jepang memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada sekolah-sekolah yang dibangun oleh pemerintah. Namun tujuan Jepang mengembangkan pendidikan yang luas pada bangsa Indonesia adalah untuk menarik simpati dan mendapatkan bantuan dari rakyat indonesia dalam menghadapi lawan-lawannya pada perang pasifik.


(Rapor pada masa Jepang,sumber:kompas.com)







D. Bidang kebudayaan
Dibidang kebudayaan pemerintah Jepang mendirikan sebuah pusat kebudayaan pada 1 april 1943. Pusat kebudayaan itu bernama keimin bunkei shidoso. Pusat kebudayaan itu dipakai sebagai sarana untuk menanamkan dan menyebarkan kesenian serta kebudayaan Jepang bagi bangsa Indonesia. Sekolah itu juga dipakai untuk mengarahkan agar karya-karya seniman seperti roamn, sajak, lagu, lukisan, sandiwara, dan film tidak menyimpang dari tujuan Jepang dan dijadikan alat propaganda pemerintah Jepang.

E. Bidang sosial
   Selama masa pendudukan Jepang kehidupan sosial masyarakat sangat memprihatinkan. Terlabih lagi rakyat dijadikan romusha (kerja paksa), sehingga banyak jatuh korban akibat kelaparan dan penyakit.

F. Bidang birokrasi
Kekuasaan Jepang atas wilayah Indonesia dipegang oleh kalangan militer, yaitu dari angkatan darat (rikugun) dan angkatan laut (kaigun). Dengan demikian sistem pemerintahan atas wilayah diatur berdasarkan aturan militer.

G. Bidang militer
Kekuasaan Jepang atas wilayah Indonesia memiliki arti penting, khususnya dalam bidang militer. Para pemuda bangsa Indonesia diberikan pendidikan militer melalui organisasi PETA. Pemuda-pemuda yang tergabung dalam PETA inilah yang nantinya menjadi inti kekuatan dan penggerak perjuangan rakyat Indonesia mencapai kemerdekaannya.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut d...

E-Modul Sejarah Indonesia Kelas XII (Disintegrasi Bangsa)

Download disini

Soal dan Jawaban Sejarah Tingkat Lanjut Kelas XI (Peradaban Awal Dunia dan Revolusi Dunia)

 SOAL SEJARAH TINGKAT LANJUT KELAS XI SEMESTER 1 Alasan utama yang membuat banyak bangsa tertarik memasuki wilayah Mesopotamia adalah .... A. wilayahnya subur dengan bentang alam bersifat terbuka B. Sungai Efrat dan Tigris merupakan jalur pelayaran perdagangan terkemuka C. Sungai Efrat dan Tigris kaya akan sumber makanan berupa ikan D. wilayahnya bergunung-gunung menjadi benteng pertahanan yang ideal E. orang tertarik mempelajari tulisan serta ilmu pengetahuan di Mesopotamia Jawaban : A Perhatikan data berikut! 1. Ur 2. Eridu 3. Assuria 4. Uruk 5. Ugarit Berdasarkan data di atas, yang termasuk kota-kota besar dalam peradaban Mesopotamia adalah ..., A. 1, 2, 3 B. 1, 2, 4 C. 1, 3, 4 D. 2, 3, 5 E. 3, 4, 5 Jawaban : B Piramida adalah peninggalan kebudayaan Mesir Kuno : Bangunan peninggalan kebudayaan Mesir Kuno memiliki fungsi masing-masing, yaitu .... A. Bangunan 1 berfungsi sebagai penghalau roh jahat dan lambang kekuasaan,...