Skip to main content

SOAL PAT SEJARAH INDONESIA KELAS X K 13

 

1.    Kronologis sejarah merupakan urutan peristiwa sejarah yang telah terjadi. Kronologi dalam penulisan sejarah berguna untuk...

A.   Menghindari subjektivitas dalam penulisan sejarah

B.   Merekonstruksi peristiwa berdasarkan urutan waktu

C.   Menyusun fakta-fakta menjadi sebuah kisah sejarah

D.   Mempermudah sejarawan memaparkan interpretasi

E.   Mengacak peristiwa berdasarkan tokoh

2.    Konsep diakronik dalam sejarah merupakan model yang dinamis karena...

A.   Bertujuan mengkaji peristiwa dalam satu waktu

B.   Menggunakan fakta-fakta dari berbagai sumber

C.   Mengutamakan penggunaan sumber-sumber lisan

D.   Memandang peristiwa dalam gerak sepanjang waktu

E.   Melawan arus perkembangan dan perubahan zaman

3.    Konsep sinkronik lebih sering digunakan dalam ilmu-ilmu sosial karena...

A.   Tidak mengutamakan dimensi waktu

B.   Tidak digunakan untuk analisis sejarah

C.   Berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial

D.   Mengkaji pola dan struktur masyarakat

E.   Berhubungan dnegan kehidupan masa kini

4.    Perhatikan konsep berikut!

1)      Perubahan

2)      Ruang

3)      Waktu

4)      Periode

Konsep yang mendukung aktivitas manusia dan peristiwa sejarah ditunjukkan oleh nomor...

A.  1 dan 2

B.  1 dan 3

C.  2 dan 3

D.  3 dan 4

E.  4 dan 5

A

5.    Peristiwa sejarah dari masa ke masa selalu mengalami perubahan baik dari segi sistem maupun praktiknya. Hal ini menandakan bahwa perubahan terjadi dikarenakan...

A.     Manusia selalu ingin jaya

B.      Manusia memiliki kecenderungan mudah puas

C.      Manusia makhluk sosial

D.     Manusia pada dasarnya selalu ingin menjadi lebih baik

E.      Manusia selalu ingin menikmati eksistensinya di sunia

6.    Terdapat beberapa kebijakan pada lalu yang masih digunakan hingga saat ini. Hal ini menandakan bahwa peristiwa sejarah mempunyai makna...

A.     Perubahan

B.      Keberlanjutan

C.      Keserasian

D.     Perkembangan

E.      Pengulangan

7.    Berdasarkan temuan fosil tengkorak, volume otak Homo Sapiens lebih besar dari pada Meganthropus dan Pithecanthropus. Perbedaan volume otak ini memiliki arti...

A.   Homo Sapiens menderita penyakit hidrocephalus

B.   Meganthropus dan Pithecanthropus hidup primitif

C.   Homo Sapiens memiliki bentuk kepala besar

D.   Homo Sapiens memiliki kecerdasan tinggi

E.   Otak Homo Sapiens berkembang pesat

8.    Situs Trinil merupakan situs yang penting dalam penemuan fosil manusia purba. Salah satu temuan Eugene Dubois di situs ini adalah fosil...

A.   Homo Floresiensis

B.   Homo Wajakensis

C.   Homo Erectus

D.   Homo Soloensis

E.   Homo Sapiens

9.    Daerah sekitar sungai dipilih bangsa Proto dan Deutro Melayu sebagai tempat tinggal. Pemilihan daerah ini karena sungai mempunyai fungsi sebagai...

A.   Tempat interaksi antara dua bangsa yang berbeda kebudayaan

B.   Sumber makanan dan sumber air bagi lahan pertanian

C.   Tempat transaksi ekonomi antar kelompok

D.   Jalur migrasi menuju wilayah lain

E.   Jalur perdagangan antar pulau

10. Fungsi abris sous roche bagi manusia purba adalah...

A.   Alat berburu dan menangkap ikan

B.   Pelindung dari panas dan hujan

C.   Alat bercocok tanam

D.   Pelengkap upacara

E.   Alat pemotong kayu

11. Api merupakan teknologi yang penting dalam kehidupan manusia purba. Manusia pada masa praaksara membuat api dengan cara...

A.   Membenturkan batu dengan kayu

B.   Menggosokkan kayu dengan kayu

C.   Menggunakan batu api yang diperoleh dari alam

D.   Meminta bantuan kepada roh yang mendiami kayu

E.   Menaruh kayu bakar menghadap matahari

12. Kehidupan masyarakat pada masa praaksara mengandung nilai-nilai kehidupan yang dapat menjadi pelajaran manusia pada masa kini. Salah satu perwujudan kreativitas masyarakat pada masa praaksara adalah...

A.   Membaur dengan sesama dalam satu kelompok

B.   Menjalankan ritual kepercayaan disela-sela kehidupan mengumpulkan makanan

C.   Memiliki kesadaran menjalankan prosesi penguburan bagi anggota kelompok yang meninggal

D.   Menciptakan teknologi sederhana untuk membantu memenuhi kehidupan sehari-hari seperti berburu dan bercocok tanam

E.   Memiliki pemimpin dalam kelompok yang dipilih berdasarkan keturunan

13. Ada berbagai pendapat mengenai proses masuk agama Hindu dan Buddha di Indonesia. Salah satu pendapat yang mengatakan bahwa agama Hindu dan Buddha sampai ke Indonesia dibawa oleh seorang penguasa dari India yaitu teori...

A.   Brahmana

B.   Ksatria

C.   Waisya

D.   Sudra

E.   Arus Balik

14. Kekuatan teori Ksatria terletak pada fakta bahwa semangat petualang dimiliki oleh para Ksatri.  Namun teori ini juga memiliki kelemahan yaitu...

A.   Kaum Ksatria datang ke Indonesia untuk mencari kehidupan yang lebih baik

B.   Tidak adanya bukti bahwa Indonesia pernah menjadi daerah takhlukkan prajurit kerajaan India

C.   Golongan Ksatria ke Indonesia untuk berdagang

D.   Ksatria merupakan golongan terendah sehingga tidak menguasai bahasa sansekerta

E.   Ksatria mencari pasukan penyebar agama Hindu-Buddha sangat sulit

15. Penyebaran agama Buddha di Indonesia menggunakan misi khusus bernama...

A.   Sangga

B.   Upasika

C.   Biksu

D.   Biksuni

E.   Dharmaduta

16. Indonesia juga memiliki peran tersendiri dalam proses penyebaran agama Hindu-Buddha. Hal ini memunculkan adanya teori arus balik, tokoh pendukung teori ini adalah...

A.   Van Leur

B.   F.D.K Bosch

C.   Von Van Faber

D.   N.J.Krom

E.   J. L. Moens

17. Di bawah ini yang merupakan kekuatan dari teori Waisya adalah...

A.   Kaum Waisya pandai dalam mempelajari kitab Weda

B.   Kaum Waisya pandai berperang, sehingga mudah menaklukkan Indonesia

C.   Kaum Waisya melakukan interaksi yang lama dengan masyarakat Indonesia dalam berdagang

D.   Kaum Waisya mencari daerah pelarian di Indonesia

E.   Kaum Waisya sangat lihai dalam proses penyebaran agama Hindu-Buddha melalui pendidikan

18. Proses kedatangan Hindu-Buddha di Indonesia dijabarkan melalui berbagai teori. Perkembangan berbagai teori mengenai masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia terjadi karena ...

A.   Agama Hindu-Buddha masuk dan berkembang di Indonesia melalui jalur berbeda

B.   Penelitian mengenai proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia dilandasi tujuan tertentu

C.   Tidak ditemukan bukti tertulis mengenai masuknya pengaruh agama Hindu-Buddha di Indonesia

D.   Kedatangan agama Hindu-Buddha menandai berakhirnya masa praaksara di Indonesia

E.   Setiap ahli memiliki bukti-bukti akurat dalam melandasi teori yang dicetuskannya

19. Indonesia mengakhiri masa praaksara ditandai dengan ditemukannya...

A.   Arca batu

B.   Punden berundak

C.   Prasasti Yupa

D.   Sarkofagus

E.   Dolmen

20. Kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaannya ketika diperintah oleh Mulawarman. Keberhasilannya dalam memimpin dapat dilihat pada bidang peternakan yaitu...

A.   Mulawarman pernah mengadakan kurban 2000 ekor lembu untuk para Brahmana

B.   Mulawarman pernah mengadakan kurban 20.000 ekor lembu untuk para Brahmana

C.   Mulawarman pernah mengadakan kurban 200.00 ekor kerbau untuk para Brahmana

D.   Mulawarman pernah mengadakan kurban 2000 ekor kerbau untuk para Brahmana

E.   Mulawarman pernah mengadakan kurban 200 ekor kerbau untuk para Brahmana

21. Terdapat beberapa prasasti yang menjelaskan mengenai keadaan kerajaan Tarumanegara. Isi dari prasasti Tugu menjelaskan mengenai...

A.   Penggalian sungai Gomati dan sungai Chandrabaga untuk menghindari bencana alam dan untuk sarana irigasi

B.   Sepasang telapak kaki yang disamakan dengan telapak kaki gajah Airawata

C.   Raja Purnawarman adalah pemimpin yang jujur dan termasyhur pada zamannya

D.   Keperwiraan, keagungan, dan keberanian raja Purnawarman

E.   Dua buah kaki raja Purnawarman seperti kaki dewa Wisnu

22. Kerajaan Kalingga memiliki hubungan dengan kerajaan Mataram Kuno, yaitu dari keturunan cucu Ratu Sima yang bernama...

A.   Sanjaya

B.   Syailendra

C.   Sanaha

D.   Bratasenawa

E.   Isyana

23. Kerajaan Sriwijaya tergolong kerajaan besar bercorak maritim, hal ini didukung dengan keberadaan kerajaan Sriwijaya yang terletak ditepi...

A.   Sungai Mahakam atau sekitar Bukit Siguntang dan Kota Palembang, Sumatera Selatan

B.   Sungai Musi atau sekitar Bukit Siguntang dan Kota Palembang, Sumatera Selatan

C.   Sungai Musi  atau sekitar Bukit Siguntang dan Kota Padang, Sumatera Selatan

D.   Sungai Musi atau sekitar Bukit Siguntang dan Kota Padang, Sumatera Barat

E.   Sungai Mahakam atau sekitar Bukit Siguntang dan Kota Palembang, Sumatera Barat

24. Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan...

A.   Dapunta Hyang Sri Jayanasa

B.   Balaputradewa

C.   Dewapaladewa

D.   Dharmawangsa

E.   Rajendracoladewa

25. Secara politik kerajaan Mataram Kuno dipimpin oleh dua Dinasti yaitu Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra. Pendiri Dinasti Syailendra adalah...

A.   Rakai Panangkaran

B.   Rakai Pikatan

C.   Rakai Dyah Balitung

D.   Rakai Warak

E.   Rakai Kayuwangi

26. Puncak Kerajaan Kediri terjadi pada masa pemerintahan Jayabaya. Jayabaya berhasil mengalahkan kerajaan Jenggala yang sempat memberontak ingin memisahkan diri. Kemenangan Jayabaya diabadikan dalam kitab...

A.   Krisnayana

B.   Smaradahana

C.   Lubdaka

D.   Pararaton

E.   Bharatayuda

27. Kerajaan Singasari ketika dipimpin oleh raja Kertanegara berusaha memperluas wilayah hingga keluar Jawa dengan mengeluarkan gagasan ...

A.   Ekspedisi Pamalayu

B.   Ekspedisi Nusantara

C.   Cakrawala Nusantara

D.   Cakrawala Mandala

E.   Mandala Nusantara

28. Karya patung pada kerajaan Singasari salah satunya adalah patung Ken Dedes. Patung Ken Dedes merupakan perwujudan dari dewi Prajnaparamita yaitu lambang...

A.   Kesuburan

B.   Kecantikan

C.   Kemuliaan

D.   Kesempurnaan alam

E.   Kesempurnaan ilmu

29. Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaan ketika Patih Gajah Mada memerintah di Majapahit. Gajah Mada diangkat sebagai Mahapatih pada masa pemerintahan...

A.   Raden Wijaya

B.   Jayanegara

C.   Tribuana Tunggadewi

D.   Hayam Wuruk

E.   Laksamana Nala

30. Kerajaan Majapahit telah mengerti toleransi antar umat beragama. Hal ini terbukti dengan adanya pejabat hukum yang mengurusi keagamaan bernama...

A.   Rakryan Mahamantri Katrini

B.   Rakryan Mantri ri Pakira-Kiran

C.   Dharma-upapatti

D.   Dharmadyaksa

E.   Paduka Bhattara

31. Kerajaan Buleleng diperintah oleh Dinasti...

A.   Airlangga

B.   Marakatapangkaja

C.   Warmadewa

D.   Anak Wungsu

E.   Udayana

32. Pengaruh kebudayaan India di Indonesia bisa dilihat dari perwujudan akulturasi antara bangunan ... dan...

A.   Candi dan relief

B.   Candi dan waruga

C.   Candi dan stupa

D.   Candi dan punden berundak

E.   Candi dan arca

33. Istilah keraton berasal dari kata “keratuan” yang memiliki arti...

A.   Tempat kediaman ratu atau raja

B.   Tempat persemayaman ratu atau raja

C.   Tempat peristirahatan ratu atau raja

D.   Tempat bertapa ratu atau raja

E.   Tempat pertemuan ratu atau raja

34. Masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia menyebabkan masyarakat mulai mengenal perhitungan waktu menurut penanggalan kalender...

A.   Masehi

B.   Hijriah

C.   Jawa

D.   Saka

E.   Cina

35. Teori gujarat menyatakan bahwa menyatakan bahwa Islamisasi di Indonesia dilakukan oleh orang-orang Gujarat yang menjalin hubungan dagang dengan masyarakat Indonesia. Bukti yang mendukung teori Gujarat adalah...

A.   Keberadaan tradisi Tabot di Bengkulu dan Tabuik di Pariaman

B.   Ajaran sufi Wihdatul Wujud yang dikembangkan Syekh Siti Jenar

C.   Corak batu nisan makam Sultan Malik as-Saleh

D.   Corak batu nisan makam Fatimun binti Maimun di Leran Gresik

E.   Gelar Al-Malik yang digunakan oleh raja-raja kerajaan Samudera Pasai

36. A.H. Johns menjelaskan Islamisasi di Indonesia dilakukan oleh para musafir Arab. Argumentasi yang dikemukakan A.H. Johns didasarkan pada fakta...

A.   Penggunaan mazhab Hanafi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia

B.   Penggunaan mazhab Syafi’i oleh sebagian besar masyarakat Indonesia

C.   Kesamaan seni kaligrafi yang dipahat pada nisan makam-makam raja

D.   Keberadaan komunitas muslim di pesisir pantai barat Pulau Sumatera

E.   Penggunaan huruf Arab Pegon di Pulau Jawa

37. Kerajaan Samudera Pasai secara ekonomi berkembang di bidang perdagangan maritim. Untuk memperlancar aktivitas perdagangannya Kerajaan Samudera Pasai membuat alat pembayaran bernama uang...

A.   Gobog

B.   Koin

C.   Kartal

D.   Giral

E.   Dirham

38. Kerajaan Aceh Darussalam mengalami puncak kejayaan ketika dipimpin oleh...

A.   Sultan Ali Mughayat Syah

B.   Sultan Pariaman

C.   Sultan Alauddin Riayat Syah Al Kahar

D.   Sultan Iskandar Muda

E.   Sultan Iskandar Thani

39. Kerajaan Demak mengalami kemunduran karena dilanda perang saudara antara...

A.   Pangeran Prawoto dan Sultan Trenggono

B.   Pangeran Prawoto dan Arya Penangsang

C.   Pangeran Prawoto dan Hadiwijaya

D.   Pangeran Prawoto dan Sekar Sedo Lepen

E.   Pangeran Prawoto dan Joko Tingkir

 

40. Kerajaan Mataram Kuno mengalami puncak kejayaan ketika dipimpin oleh Sultan Agung. Faktor penyebab kegagalan Sultan Agung dalam melawan VOC di Batavia adalah..

A.   VOC berhasil menghancurkan gudang beras dan kapal-kapal Pasukan Mataram

B.   VOC berhasil menghasut Sultan Agung untuk mau bekerja sama

C.   VOC melakukan penyerangan secara diam-diam

D.   VOC menghancurkan benteng pertahanan Kerajaan Mataram

E.   VOC menghancurkan istana Kerajaan Mataram untuk mempermudah penyerangan

Comments

Popular posts from this blog

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPG DalJab Tahun 2022)

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah: (1) Eksplorasi alternatif solusi (2) Penentuan solusi (3) Pembuatan rencana aksi (4) Pembuatan rencana evaluasi. Kegiatan eksplorasi alternatif solusi dilakukan dengan cara mengeksplorasi sejumlah alternatif solusi untuk penyebab masalah yang sudah ditentukan, melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan, dan melakukan analisis pros dan cons (kekuatan dan kelemahan) masing-masing alternatif solusi.Kegiatan penentuan solusi dilakukan dengan cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi. Pada analisis penentuan solusi tersebut mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan a