Langsung ke konten utama

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPG DalJab Tahun 2022)

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah:

(1) Eksplorasi alternatif solusi
(2) Penentuan solusi
(3) Pembuatan rencana aksi
(4) Pembuatan rencana evaluasi.

Kegiatan eksplorasi alternatif solusi dilakukan dengan cara mengeksplorasi sejumlah alternatif solusi untuk penyebab masalah yang sudah ditentukan, melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan, dan melakukan analisis pros dan cons (kekuatan dan kelemahan) masing-masing alternatif solusi.Kegiatan penentuan solusi dilakukan dengan cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi. Pada analisis penentuan solusi tersebut mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan analisisnya terhadap solusi yang dipilihnya disertai dengan penjelasan mengapa ia menentukan solusi tersebut.Kegiatan pembuatan rencana aksi dilakukan dengan membuat strategi implementasi berdasarkan pada pilihan solusi yang sudah diambil. Strategi implementasi ini dapat meliputi pembuatan perangkat ajar, atau hal-hal lainnya yang relevan terhadap pemecahan masalah yang telah diidentifikasi, serta relevan terhadap pilihan solusi. Dalam membuat strategi implementasi ini, mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Mahasiswa juga dapat menyusun strategi implementasi ini dengan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan.Kegiatan pembuatan rencana evaluasi dilakukan dengan cara membuat rencana evaluasi sebagai dukungan pelaksanaan rencana aksi dan membuat strategi evaluasi secara rinci berdasarkan strategi implementasi yang sudah dibuat. Strategi evaluasi ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, dan dapat meliputi jurnal refleksi, video, lembar observasi, wawancara, survei kepada murid/guru/kepala sekolah/pengawas sekolah /orang tua, artifak hasil belajar murid, dan sebagainya. Dalam membuat strategi evaluasi ini, mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Mahasiswa juga dapat menyusun strategi evaluasi ini dengan melakukan kajian literatur, wawancara gurukepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan  lainnya yang relevan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut d...

E-Modul Sejarah Indonesia Kelas XII (Disintegrasi Bangsa)

Download disini

Soal dan Jawaban Sejarah Tingkat Lanjut Kelas XI (Peradaban Awal Dunia dan Revolusi Dunia)

 SOAL SEJARAH TINGKAT LANJUT KELAS XI SEMESTER 1 Alasan utama yang membuat banyak bangsa tertarik memasuki wilayah Mesopotamia adalah .... A. wilayahnya subur dengan bentang alam bersifat terbuka B. Sungai Efrat dan Tigris merupakan jalur pelayaran perdagangan terkemuka C. Sungai Efrat dan Tigris kaya akan sumber makanan berupa ikan D. wilayahnya bergunung-gunung menjadi benteng pertahanan yang ideal E. orang tertarik mempelajari tulisan serta ilmu pengetahuan di Mesopotamia Jawaban : A Perhatikan data berikut! 1. Ur 2. Eridu 3. Assuria 4. Uruk 5. Ugarit Berdasarkan data di atas, yang termasuk kota-kota besar dalam peradaban Mesopotamia adalah ..., A. 1, 2, 3 B. 1, 2, 4 C. 1, 3, 4 D. 2, 3, 5 E. 3, 4, 5 Jawaban : B Piramida adalah peninggalan kebudayaan Mesir Kuno : Bangunan peninggalan kebudayaan Mesir Kuno memiliki fungsi masing-masing, yaitu .... A. Bangunan 1 berfungsi sebagai penghalau roh jahat dan lambang kekuasaan,...