Skip to main content

Soal Sejarah Wajib Kelas X Semester Ganjil K13 ( Bagian II )






41. Factor alam yang menyebabkan kebudayaan Zaman Batu Madya berkembang lebih cepat dibandingkan Zaman Batu Tua adalah ….
A. Sudah punahnya binatang-binatang buas seperti dinosaurus
B. Menurunnya suhu di permukaan bumi
C. Terhentinya banjir besar yang melanda permukaan bumi
D. Berada pada kala holosen sehingga tidak ada lagi zaman glasial dan interglasial
E. Keadaan alam lebih labil dibandingkan Zaman Batu Tua 

42. Pada masa mezolithikum manusia sudah mampu membuat wadah dari tanah liat yang dibakar yang disebut …
A. Alat serpih
B. Candrasa
C. Moko
D. Nekara
E. Gerabah

43. Manusia mulai mengenal kehidupan menetap pada ….
A. Paleolithikum
B. Mesolithikum
C. Neolithikum
D. Zaman Perunggu
E. Zaman Besi

44. Berikut adalah peningalan-peningalan pada zaman Mesolithikum, kecuali ….
A. Kebudayaan tulang sampung
B. Kjokkenmodinger
C. Kebudayaan toala
D. Gambar pada diding gua di Sulawesi selatan
E. Kebudayaan kapak persegi

45. Manusia pendukung kebudayaan mesolithikum yang juga merupakan nenek moyang suku bangsa papua adalah ….
A. Australoid
B. Weddoid
C. Papua melanessoid
D. Aborigin
E. Proto-melayu

46. Kebudayaan mesolithikum di ndonesia juga mendapat pengaruh dari kebudayaan Bacson-Hoabinh ( kebudayaan Mesolithikum Asia Tenggara Daratan) hal ini terbukti dengan adanya penemuan
A. Kapak pesegi
B. Pebble
C. Kapak bahu
D. Kapak lonjong
E. Batu-batu pengiling

47. Penduduk asli Lumancong, Sulawesi selatan yang termasuk dalam ras weddoid dan dianggap keturunan langsung penduduk mesolithikum adalah ….
A. Kubu
B. Sakai
C. Semang
D. Toala
E. Enggano

48. Dibandingkan zaman sebelumnya zaman neolithikum mengalami perkembangan yang sangat pesat hal ini disebabkan ….
A. Keaadan alam sudah stabil karena sudah masuk Zaman Holosen
B. Adanya pengaruh dari kebudayaan Bacson-Hoabinh dari Tonkin, Indo-Cina
C. Manusia sudah mampu menciptakan bangunan besar yang terbuat dari batu besar
D. Adanya migrasi penduduk Proto melayu dari Asia Daratan dengan kebudayaan kapak persegi
E. Adanya migrasi penduduk Deutron Melayu dari dongsong, Indocina dengan membawa perunggu

49. Revolusi neolitik adalah perubahan dari ….
A. Food gathering menjadi food producing
B. Nomaden menjadi semisedenter
C. Food gathering menjadi hunting
D. Food gathering menjadi meramu
E. Food gathering menjadi menetap

50. Alat bantu yang menjadi alat pandu dari Zaman neolithikum adalah ….
A. Kapak pendek dan kapak sumatera
B. Kapak corong dan candrasa
C. Kapak persegi dan kapak lonjong
D. Kapak bahu dan kapak persegi
E. Kapak genggam dan kapak perimbas

51. Kapak batu yang banyak ditemukan di Indonesia bagian timur yang berasal dari zaman Neolithikum adalah ….
A. Kapak persegi
B. Kapak lonjong
C. Kapak pendek
D. Kapak genggam
E. Kapak corong

52. Pada zaman logam manusia sudah mampu mengola dan melebur logam kepandaian ini diperoleh setelah adanya pendatang baru, yaitu ….
A. Kaukasoide
B. Papua- melenesia
C. Weddoid
D. Proto-melayu
E. Deutro-melayu

53. Artefak terbuat dari perunggu yang dipergunakan untuk upacara meminta hujan adalah ….
A. Menhir
B. Dolmen
C. Sarkofagus
D. Nekara
E. Moko

54. Nekar terbesar terdapat di ….
A. Bondowoso, Jawa Timur
B. Kuningan, Jakarta
C. Melolo, Sumba
D. Langsa, Aceh
E. Pura penataran sasih, pejeng, Bali

55. Bangunan yang terbuat dari batu besar pada kebudayaan megalithikum adalah ….
A. Menhir
B. Sarkofagus
C. Punden berundak
D. Kubur peti batu
E. Waruga

56. Istilah “sejarah” berasal dari bahasa arab, yaitu …. Istilah tersebut mengandung pengertian sebuah pohon yang terus berkembang dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih maju. Istilah yang dimaksud adalah ….
A. Geschicte
B. Historia
C. Syajaratun
D. Geschiedenis
E. History

57. Secara umum definisi sejarah adalah ….
A. Ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup yang sudah punah
B. Ilmu yang mempelajari asal-usul terjadinya dan perkembangan hidup manusia pada masa lampau
C. Ilmu pengetahuan yang mempelajari peradaban manusia dari bentuk yang paling sederhana sampai dengan yang paling maju
D. Ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau pada kehidupan manusia
E. Ilmu pengetahuan yang mempelajari keadaan dan sifat-sifat makhluk hidup

58. Pengertian sejarah merupakan suatu peristiwa yang unik mengandung arti bahwa peristiwa sejarah ….
A. Bersifat abadi dan tidak berubah
B. Hanya terjadi satu kali dan tidak bisa terulang sama untuk kedua kalinya
C. Menyangkut kehidupan manusia yang selalu berubah
D. Mempunyai arti dalam kehidupan manusia sebagai pelakunya
E. Bisa terjadi beberapa kali dalam kehidupan manusia sebaga pelakunya

59. Pernyataan berikut merupakan pengertian sejarah sebgai peristiwa, yaitu ….
A. Peristiwa sejarah yang disajikan dengan kemampuan imajinatif untuk merekontruksikan kejadian masa lalu
B. Cerita berupa narasi yang telah disusun dari ingatan, kesan, tafsiran sejarawan terhadap kejadian atau peristiwa yang terjadi atau berlangsung pada masa lalu
C. peristiwa sejarah yang telah terjadi atau berlangsung pada masa lalu
D. Peristiwa sejarah yang merujuk pada aspek metodologi yang digunakan oleh penelitian sejarah
E. Peristiwa sejarah yang disajikan secara naratif dengan menonjolkan unsur cerita, kisah atau lakon

60. Seorang yang sedang menjelaskan peristiwa Perang Paderi di kelas bisa digolongkan dalam contoh proses sejarah sebagai ….
A. Ilmu
B. Peristiwa
C. Seni
D. Kisah
E. Cermin

61. Sejarah merupakan kisah perkembangan yang terus menerus mengenai Negara atau penguasa Negara. Pemikiran tersebut merupakan pendekatan yang dilakukan oleh sejarawan dalam menulis sebuah karya sejarah secara ….
A. Liberal
B. Konflik
C. Kronologis
D. Konstruktivitas
E. Dekonstruktivistik

62. Bagian dari tradisi lisan yang berisi cerita, kisah, adat istiadat keagamaan, upacara ritual, dan pengetahuan pada masyarakat di daerah tertentu disebut ….
A. Legenda
B. Mitos
C. Tambo
D. Folklore
E. Hikayat


63. Ratna adalah seorang siswa SMU kelas 1 yang memiliki kebiasaan membuat catatan harian tentang kejadian-kejadian penting yang dialaminya sehari-hari. Catatn harian yang dibuat Ratna tersebut dapat digolongkan sebagai sumber sejarah yang disebut
A. Diary
B. Kronik
C. Dokumen
D. Arsip
E. Fakta

64.- bersifat inklusif dengan memasukan kelompok masyarakat bawah dan masyarakat yang tidak memiliki peran dalam sejarah konvensional
   - Sejarah sosial, sejarah petani, dan sejarah buruh
   - Melihat bahwa masyarakat telah terstruktur dan terbagi dalam kelas yang saling berhadapan
Pernyataan-pernyataan diatas merupakan ciri dari pendekatan ….
A. Liberal
B. Progresif
C. Dekonstruktivistik
D. Sosial
E. Konflik

65. Konsep kronologis sangat diperlukan dalam mempelajari ilmu sejarah. Konsep ini bertujuan untuk ….
A. Menyeleksi berbagai peristiwa
B. Menglasifikasikan berbagai peristiwa
C. Membuat urutan peristiwa berdasarkan tahun
D. Mengungkapakan berbagai peristiwa
E. Membuat pedoman peristiwa penting

66. Sejarah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia karena ….
A. Sejarah merupakan alat untuk mengenang kehidupan manusia
B. Sejarah berkembang dan terjadi di sekitar kehidupan manusia
C. Sejarah mempelajari peristiwa masa lalu manusia
D. Sejarah tidak akan pernah berhenti dari kehidupan manusia
E. Pelaku dan objek penelitian sejarah adalah manusia

67. Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 merupakan suatu cerita yang unik karena ….
A. Terjadi dalam kehidupan manusia
B. Menentukan kehidupan orang banyak
C. Tidak berubah dan tetap dikenang sepanjang masa
D. Menjadi penghubung dengan peristiwa lain
E. Terjadi hanta satu kali

68. Berikut merupakan pernyataan yang termasuk kegunaan sejarah sebagai pelajaran, yaitu ….
A. Roni membangun gedung sekolah di desanya setelah dia membaca riwayat perjuangan tokoh pendidikan nasional, yaitu Ki Hajar Dewantara
B. Parlin masuk menjadi anggota TNI karena idolanya ialah Jendral Soedirman
C. Siswa SMU Perjuangan pada sabtu berkunjung ke museum
D. Pada ulang tahun pertama, andi mendapat nilai 6 karena tidak belajar. Pada ulangan kedua andi mendapat nilai 8 karena ia belajar secara sunguh-sunguh
E. Ratna gemar membaca novel sejarah

69. Sejarah dapat memberikan ilham dan motivasi kepada manusia yang mempelajarinya. Pernyataan tersebut merupakan kegunaan sejarah sebagai ….
A. Pelajaran
B. Inspiratif
C. Rekreatif
D. Seni
E. Deduktif

70. Berikut bukan termasuk sumber primer dalam peristiwa proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, yaitu ….
A. Teks otentik proklamasi
B. Keterangan tertulis dari Laksamana Maeda
C. Keterangan dari Ahmad Soebardjo
D. Keterangan dari Moh. Hatta
E. Buku sekitar proklamasi yang dibuat oleh sejarawan Taufik Abdulah

71. Arini berkunjung keperpustakaan daerah. Ia sedang mengumpulkan sumber-sumber sejarah tentang peristiwa reformasi Mei 1998. Kegiatan arini tersebut termasuk pada salah satu tahap penellitian sejarah yang disebut ….
A. Penentuan topic
B. Heuristic
C. Verifikasi
D. Interprestasi
E. Historiografi

72. Pada tahap akhir penelitian sejarah, seorang peneliti sejarah harus menuangkan daya piker kritis dan analisinya kedalam suatu penulisan utuh yang disebut ….
A. Skripsi
B. Heuristic
C. Verifikasi
D. Interprestasi
E. Historiografi
73. 1. Interfensi

2. Heuristik
3. Historigrafi
4. Menentukan topic penelitian
5. Verifikasi
Urutan penelitian sejarah yang benar adalah ….
A. 1,2,4,5,3
B. 2,4,5,1,3
C. 4,2,5,1,3
D. 3,5,4,2,1
E. 2,3,5,1,4

74. Jenis sejarah yang mengkaji gagasan atau alam piker manusia pada masa lalu adalah ….
A. Sejarah sosial
B. Sejarah intelektual
C. Sejarah petani
D. Sejarah kebudayaan
E. Sejarah ekonomi

75. Rahma sedang mebaca sebuah buku sejarah di perpustakaan yang isinya mengkaji struktur kekuasaan, kepemimpian, dan jaringan politik buku yang dibaca rahma tersebut ialah buku sejarah yang termasuk jenis sejarah ….
A. Sosial
B. Intelektual
C. Politik
D. Kebudayaan
E. Ekonomi

76. Bagaimana cara masyarakat yang belum mengenal tulisan merekam dan mewariskan masa lalunya?
A. Membuat  prasasti
B. Membangun tempat-tempat pemujaan
C. Melalui ingatan kolektif dalam bentuk cerita, kisah, dongeng, dan berita dari mulut ke mulut
D. Membuat lukisan di dinding gua
E. Membuat menhir

77. Berikut bukan termasuk contoh praktik pewarisan masyarakat yang belum mengenal tulisan yang masih berlangsung pada masa sekarang ….
A. Tradisi cocok tanam di sawah
B. Tradisi membuat sesajian
C. Tradisi bercocok tanam di ladang
D. Tradisi music lebaran
E. Tradisi berlayar

78. Dalam mewariskan pengalaman masa lalu peranan seorah tokoh yang dituakan (tetua) dalam suatu kelompok masyarakat menjadi sangat penting. Ia adalah pemimpin kelompok yang dianggap memiliki kemampuan lebih dalam menaklukan alam gaib. Karena dipercayai oleh anggota kelompoknya ia juga diberi kepercayaan untuk menjadi tradisi yang telah diwariskan leluhurnya. Istilah yang tepat untuk penyebutan tokoh tersebut adalah ….
A. Imperator
B. Tribunica potestas
C. Homo homoni lupus
D. Primus interpares
E. Prinsips civitas

79. Bangunan yang terbuat dari batu besar tempat pemujaan terhadap arwah nenek moyang yang membuktikan adanya proses pewarisan tradisi sejarah dari masyarakat yang belum mengenal tulisan adalah ….
A. Sarkofagus
B. Dolmen
C. Menhir
D. Waruga
E. Kubur batu

80. Kendati folklore dapat dijadikan sebagai salah satu sumber sejarah, namun isinya harus dikritisi oleh peneliti sejarah karena ….
A. Bersifat subjektif
B. Berkembangnya hanya di komunitas tertentu
C. Tidak terbukti secara tertulis
D. Bersifat turun-temurun
E. Berisikan gabungan antara pengalaman nyata dan khayalan

Comments

Popular posts from this blog

7 kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah

  1. . Aset Sumber Daya Manusia Aset Sumber Daya Manusia adalah sesuatu yang dimiliki dari manusia, misalnya daya pikir, ide, pendapat, dan tenaga yang bisa melakukan berbagai usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya dalam bentuk apapun. Didalam ruang lingkup sekolah SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten dan integritas yang tinggi dalam bidangnya. Seperti halnya yang ada disekolah kami, bagaimana seorang Guru Sejarah bisa merangkap menjadi Konten Creator, ataupun guru TIK bisa menjadi seorang ahli musik. Hal-hal yang demikian tentunya bisa membuat sekolah itu sendiri mendapatkan SDM yang luar biasa dan merupakan aset berharga  yang dimiliki sekolah tersebut 2. Aset Sumber Daya Alam Aset Sumber Daya Alam adalah  segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menjadi aset sekolah ketika aset yang dimiliki tersebut dapat dikelola

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPG DalJab Tahun 2022)

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah: (1) Eksplorasi alternatif solusi (2) Penentuan solusi (3) Pembuatan rencana aksi (4) Pembuatan rencana evaluasi. Kegiatan eksplorasi alternatif solusi dilakukan dengan cara mengeksplorasi sejumlah alternatif solusi untuk penyebab masalah yang sudah ditentukan, melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan, dan melakukan analisis pros dan cons (kekuatan dan kelemahan) masing-masing alternatif solusi.Kegiatan penentuan solusi dilakukan dengan cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi. Pada analisis penentuan solusi tersebut mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan a