Skip to main content

Posts

LK 2.2 Penentuan Solusi (PPG DALJAB 2022)

Pada kegiatan ini, Kita akan memperoleh  bimbingan, penguatan, dan pemantauan terhadap alternatif solusi yang telah diekplorasi. Mulai dari m engidentifikasi berbagai jenis solusi yang memungkinkan untuk alternatif solusi, sampai  menentukan solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi. Dibawah ini adalah contoh tentang LK 2.2 Penentuan Solusi 

Refleksi Pembelajaran - Eksplorasi Alternatif Solusi

Pada fase ini kita diajak untuk meninjau ulang keseluruhan proses pembelajaran dan melakukan refleksi pembelajaran yang memuat komponen terkait, Kegiatan apa yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?Kegiatan apa yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?Upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini? Upaya apa yang akan dilakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini? 1. Kegiatan apa yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini? Kegiatan yang belum saya laksanakan dalam pembelajaran ini yaitu Saya masih kurang aktif dalam memberikan komentar terkait presentasi yang sudah dilakukan rekan-rekan ppg serta masih ada beberapa tugas yang pengerjaannya atau diupload mendekati deadline. 2. Kegiatan apa yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini? Kegiatan yang sudah saya laksanakan yaitu mulai zoom meeting bersama dosen pembimbing dan guru pamong tentang Pengantar Eksplorasi Alternatif

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi (PPG Daljab 2022)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh bimbingan/arahan dari dosen/guru pamong terkait pelaksanaan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi yang nanti akan dituangkan dalam   LK  Hasil Riset Sederhana .   Serangkaian kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang akan Saudara lakukan meliputi: Mengelompokkan eksplorasi alternatif solusi sebagai bahan untuk  m enyusun  dan mempersiapkan bahan presentasi  Melakukan kajian literatur untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. Melakukan wawancara terkait alternatif solusi dengan  guru/k epala  s ekolah / pengawas sekolah /rekan sejawat di sekolah , pakar yang ditentukan secara mandiri  untuk mengeksplor alternatif solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi LK alternatif solusi. dibawah ini adalah contoh LK 2.1 E ksplorasi Alternatif Solusi  

Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa

  A. Berbagai Pergolakan di Dalam Negeri (1948-1965) 1. Peristiwa konflik dan pergolakan tentang Ideologi. Termasuk dalam kategori ini adalah pemberontakan PKI Madiun, pemberontakan DI/TII dan peristiwa G30S/PKI. Ideologi yang diusung oleh PKI tentu saja komunisme, sedangkan pemberontakan DI/TII berlangsung dengan membawa ideologi agama.Perlu kalian ketahui bahwa menurut Herbert Feith, seorang akademisi Australia, aliran politik besar yang terdapat di Indonesia pada masa setelah kemerdekaan (terutama dapat dilihat sejak Pemilu 1955) terbagi dalam lima kelompok : nasionalisme radikal (diwakili antara lain oleh PNI), Islam (NU dan Masyumi), komunis (PKI), sosialisme demokrat (Partai Sosialis Indonesia). Pada masa itu kelompok- kelompok tersebut nyatanya memang saling bersaing dengan mengusung ideologi masing-masing. 2. Peristiwa konflik dan pergolakan tentang Kepentingan (Vested Interest). Termasuk dalam kategori ini adalah pemberontakan APRA, RMS dan Andi Aziz.Vested Interest merupakan

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPG DalJab Tahun 2022)

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah: (1) Eksplorasi alternatif solusi (2) Penentuan solusi (3) Pembuatan rencana aksi (4) Pembuatan rencana evaluasi. Kegiatan eksplorasi alternatif solusi dilakukan dengan cara mengeksplorasi sejumlah alternatif solusi untuk penyebab masalah yang sudah ditentukan, melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan, dan melakukan analisis pros dan cons (kekuatan dan kelemahan) masing-masing alternatif solusi.Kegiatan penentuan solusi dilakukan dengan cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi. Pada analisis penentuan solusi tersebut mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan a

Contoh LK 1.4 PPG Daljab 2022

Setelah kita mengerjakan serangkaian Lembar Kerja pada 1.3, Selanjutnya yang harus dikerjakan bagi Mahasiswa Program Pendidikan Guru Dalam Jabatan yakni mengerjakan LK 1.4, pada lembar kerja kali ini kita Menuntukan Masalah Terpilih yang sesuai dengan tugas keseharian Guru dan akar penyebab masalah dari LK 1.2 dan 1.3 yang sudah kita kerjakan sebelumnya. Dibawah ini adalah contoh pada LK 1.4 PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 yang bisa menjadi referensi Bapak/Ibu semua sebagai bahan mengerjakan tugas tersebut.  https://www.youtube.com/watch?v=Pj3bxBdm7Gw&t=114s

1.3 Penentuan Penyebab Masalah (PPG Daljab tahun 2022)

Setelah pembelajaran sebelumnya kita sudah membahas tentang Identifikasi Masalah dan Eksplorasi Penyebab Masalah Pada kegiatan ini, kita diminta untuk melakukan diskusi mengenai bagaimana  m engklasifikasi/ mengelompokkan/ mengkonsultasikan penyebab masalah  yang telah diidentifikasi .  Dibawah ini sudah ada Contoh LK 1.3 Tentang Penentuan Penyebab Masalah

1.2 Eksplorasi Masalah (Kajian Literatur dan Hasil Wawancara) PPG DALJAB 2022

Pada kegiatan ini, yang pertama kita akan melakukan apersepsi terkait dengan kegiatan eksplorasi penyebab masalah. Selanjutnya, Saudara akan memperoleh penjelasan mengenai pengelompokkan masalah yang diidentifikasi pada langkah Identifikasi Masalah. Kemudian yang kedua, kita akan mempresentasikan hasil kajian literatur dalam mengeksplor penyebab masalah yang diidentifikasi. Jika Saudara tidak sedang presentasi, maka sampaikanlah masukan dan atau tanggapan kepada peserta yang melakukan presentasi untuk menyempurnakan hasil kajian literaturnya. Dan yang ketiga kita akan melakukan diskusi bersama mahasiswa lain dan dosen/guru pamong secara tatap maya mengenai proses dan hasil wawancara dengan guru/Kepala Sekolah/ Pengawas Sekolah/rekan sejawat di sekolah mengenai masalah yang telah diidentifikasi. Sampaikanlah masukan dan atau tanggapan kepada hasil wawancara peserta lain sebagai bahan untuk lebih menyempurnakan hasil pekerjaannya.

1.1 Identifikasi Masalah (PPG DALJAB)

Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh penjelasan mengenai  overview  kegiatan identifikasi masalah, kemudian  menyimak, mencermati, mencatat hal-hal penting pada orientasi dan apersepsi Mata Kuliah  Pendalaman Materi  ( Analisis materi pembelajaran berbasis masalah, literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi- High Order Thinking Skills ) .  CONTOH LK. 1.1. Identifikasi Masalah